Apa Itu Meta UBE Mobile Legends? Penjelasan, Tips dan Cara Memainkannya!

Dapatkan update informasi terbaru seputar Mobile Legends dengan cara mengikuti channel Telegram @mlbb_arena.

Berita7 — Akhir-akhir ini dunia Mobile Legends sangat kompleks baik dari segi hero maupun meta yang digunakan. Beberapa tim E-Sports besar kini mulai saling menganalisa dan memakai berbagai meta yang ada. Berbicara mengenai meta dalam Mobile Legends, kini terdapat sebuah meta baru yang sangat efektif daripada meta-meta tahun lalu.

Ialah meta UBE, META UBE (Ultimate Bonding Experience) merupakan meta pertama yang diciptakan oleh sebuah tim E-Sports Filipina yakni Blacklist Internasional. Meta ini terbukti sukses mengantarkan tim tersebut menuju M4 World Championship kemarin. Lalu apa yang dimaksud meta UBE tersebut dan bagaimana cara memainkannya? Berikut pembahasan lengkapnya!

Meta UBE Blacklist Internasional

META merupakan sebutan bagi gameplay di Mobile Legends yang mana sangat kerap digunakan dan pasti dijamin menang apabila memainkannya dengan benar. Belakangan ini muncul berbagai meta yang baru seperti misalnya Meta Ciki dan meta UBE. Dari kedua meta baru tersebut hanya meta UBE yang cocok digunakan untuk menjamin kemenangan kamu. Lalu apakah meta UBE itu?

UBE merupakan singkatan dari Ultimate Bonding Experience, yakni sebuah gameplay di mana sebuah tim akan membentuk ikatan bersama yang kuat ketika war terjadi. Dengan kata lain meta UBE ini bisa dikatakan sekumpulan hero yang mendominasi lawan dengan tetap bertarung bersama-sama, dengan catatan saling paham posisi satu sama lain. Jadi tidak ada lagi kata terpick off sendirian maupun salah sasaran saat war karena semua tim maju bersama dan saling cover satu sama lain.

Tips Memainkan META UBE

Ketika kamu bermain rank bersama teman, tidak ada salahnya mencoba meta baru ini. Karena selain akan menumbuhkan Chemistry yang kuat, meta UBE akan memudahkanmu meraih Myhtic sekalipun. Lalu apa saja tips memainkan meta ini supaya berjalan dengan lancar? Berikut daftarnya!

1. Kuasai Fase Draft Pick dengan Jungler Tank

Yang pertama merupakan faktor internal supaya meta yang akan kamu gunakan berjalan dengan lancar. Pada fase draft pick, Meta UBE sangat bergantung kepada hero yang memiliki tingkat sustainable tinggi seperti Fredrinn, Barats, Akai dan Kaja. Keempat hero ini sangat membantu sekali apabila war besar terjadi, karena selain berperan sebagai hero depan mereka juga mampu memainkan peran jungler. Untuk itu, kamu harus memilih dari empat hero utama tersebut pada saat draft pick.

2. Pilih Exp Laner yang Memiliki Kontribusi Tinggi

Jika kamu ingin memakai meta UBE ini maka kesampingkan dulu hero Exp bertipikal damage namun berdarah tipis, seperti Zilong, Argus, Badang dan Sun. Sebenarnya masih ada banyak hero offlaner yang memiliki darah tipis selain daftar di atas. Nah, jika kamu memakai salah satu hero tersebut maka war yang akan berjalan dengan lama akan menjadi singkat. Mengapa? Karena offlaner berdarah tipis tidak bisa memiliki ketahanan dalam menyerang dan bertahan sehingga akan mudah tewas.

Untuk menutupi hal tersebut kamu bisa mengalihkan offlaner berdarah tipis kepada offlaner berdarah tebal seperti Yu Zhong, Lapu-lapu, Phoveus, Esmeralda dan Gloo. Selain tingkat sustain yang tinggi, hero berdarah tebal tersebut memiliki damage yang menyakitkan. Sehingga musuh akan merasa kesulitan menghadapi war yang tim kamu sajikan dan berakhir kalah.

3. Gunakan Hero Mid Laner High Ground serta Full CC

Saat war terjadi umumnya meta lain menggunakan hero yang memiliki damage tinggi dan sekali serang walau tidak memperhatikan jarak. Nah, pada meta UBE ini faktor jarak menjadi kunci utama untuk memenangkan war, untuk itu sangat disarankan terdapat hero mage high ground. Mage tipe high ground memiliki jarak yang sangat luas disertai damage dan CC yang menyebalkan. Tugas mage di sini sebagai penyuplai damage burst dari belakang serta memberikan kemudahan tim dengan skill CC miliknya.

Adapun daftar hero Mage yang cocok untuk Meta UBE ini ialah Pharsa dan Yve, kedua hero tersebut merupakan master high ground yang sangat sakit dan menyebalkan. Seperti contohnya Pharsa memiliki ultimate yang memberikan efek stun apabila lawan terkena pasifnya. Sedangkan Yve memiliki efek slow parah hingga 75% dan akan memberikan efek tambahan berupa immobilize ketika lawan meninggalkan area ultimatenya.

4. Utamakan Tank Support sebagai Roamer

Banyaknya meta saat ini tak jarang membuat hero Assassin berubah menjadi roamer seperti halnya Selena dan Kadita. Namun hal tersebut tak berlaku di meta UBE, pasalnya hero-hero roamer Assassin di atas sangat rentan tewas dan tidak bisa bertahan lama saat war. Untuk itu kamu harus beralih kepada roamer bertipe Tank atau Support seperti Lolita atau Estes. Kedua hero ini memiliki kontribusi penting saat war, Lolita dengan ultimate area atau Estes dengan heal area.

5. Pick Marksman atau Mage Area sebagai Gold Laner

Tips yang terakhir ialah memilih Marksman terbaik untuk war jangka panjang. Sebagai pilihan kamu bisa menggunakan Brody, Beatrix atau Karrie. Kenapa harus ketiga hero tersebut? Yang pertama ialah Brody, ia mampu mengunci target dengan burstnya yang tinggi, selain itu skill CC yang dimilikinya membuat tingkat sustainnya tinggi. Kedua ada Beatrix, hero dengan 4 senjata ini dapat dengan mudah mendominasi war dengan mengganti-ganti senjata sesuai kebutuhan. Nah yang terakhir ialah Karrie, merupakan hero full true damage yang akan menguras HP lawan secara cepat, selain itu ia memiliki skill blink yang cepat.

Namun jika terdapat kejadian yang mana dari ketiga hero tersebut di ban atau dipakai lawan, kamu bisa menutupi kekurangan tim dengan memakai mage area sebagai Gold Laner. Adapun daftar Mage yang cocok sebagai Gold Laner ini ialah Harith dan Lunox, kedua hero tersebut sangat sulit untuk di lock. Pasalnya Lunox memiliki ultimate untuk melarikan diri sedangkan Harith memiliki dash yang susah diprediksi.

Cara Memainkan Meta UBE

Nah jika sudah memahami mengenai tips-tips di atas, selanjutnya ialah cara memainkan Meta UBE agar win streak. Langsung saja berikut caranya!

1. Ketika early game, usahakan jungler tank kamu menekan buff lawan dibantu dengan roamer. Sedangkan untuk mid laner sangat diusahakan rotasi ke arah gold laner agar membantunya mendesak marksman lawan. Kemudian jika sudah selesai jungler kamu bisa farming di tempatnya sendiri sedangkan untuk mage harus Kembali ke mid lane.

2. Selanjutnya ketika memasuki menit 1:40 mid laner harus berotasi ke Exp lane untuk berbagi Exp di sana, sedangkan untuk roamer harus clear minion mid untuk mendapatkan resource agar naik ke level 4. Hal ini bertujuan untuk set up turtle lebih mudah. Lalu marksman harus bagaimana? Pada saat kontes turtle marksman harus fokus terhadap lanenya terlebih dahulu hingga menjadikan 3 itemnya.

2. Setelah kontes turtle selesai, roamer harus melakukan baby sit kepada Marksman tim. Baby sit sendiri adalah sebuah strategi untuk menggendutkan gold marksman tim dengan cara menemaninya sampai memasuki mid game atau mendapatkan 3 item seperti yang dikatakan diatas.

2. Ketika game mulai memasuki fase mid, usahakan clear turret mid untuk memudahkan rotasi. Apabila terjadi war maka kamu harus tetap bersama antar tim dengan susunan jungler tank di depan bersama offlaner, sedangkan marksman harus mencari posisi eksekusi yang tepat. Untuk mage dan roamer bisa menempatkan diri di belakang sembari menggunakan skill high ground untuk menguras HP lawan. Jika roamer kamu Estes maka akan lebih menguntungkan pasalnya ia mampu mengembalikan sejumlah HP dalam frekuensi besar.

3. Sebelum late game cicil turret lawan sebisa mungkin karena akan berpengaruh besar terhadap set up Lord. Hentikan mode baby sit untuk roamer dan ganti dengan mulai membuka map karena sangat berkemungkinan marksman atau mage kamu terciduk lawan.

4. Ketika late game dan menyerang lord roamer harus berada di lini samping bersebrangan dengan mage high ground. Sedangkan untuk offlaner sendiri membantu jungler dan marksman agar invasi lord lebih cepat. Lalu ketika war besar terjadi, lock semua damage dealer lawan. Nah ini merupakan hal tersulit karena bukan tidak mungkin lord akan terambil oleh hyper lawan. Untuk itu offlaner harus maju dan mengobrak-abrik lini belakang lawan, jika belum juga tewas maka skill mage high ground serta marksman kamu menjadi solusinya.

5. Setelah lord sudah terambil jalankan 3 sisi lane dan fokus turret inti. Push ini dinamakan trilane karena 3 lane sekaligus. Mengapa begitu? Agar laju lord dan tim dapat berjalan mulus tanpa minion. Ketika sudah sampai turret inti, mage kamu harus membuka ultimate, offlaner dan roamer berfungsi sebagai garda garis depan untuk membersihkan minion. Nah untuk push turret kamu bisa mengandalkan marksman atau jungler.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai pengertian meta UBE, tips dan cara memainkannya. Meta ini sangat disarankan sekali apabila kamu bermain 5 orang karena akan menjamin kemenangan lebih mudah. Gak percaya? Cobain aja!

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar