Fitur Afinitas di Mobile Legends: Penjelasan, Macam-macam, Cara Penggunaan dan Manfaatnya Lengkap!

Dapatkan update informasi terbaru seputar Mobile Legends dengan cara mengikuti channel Telegram @mlbb_arena.

Berita7 — Pernahkah kamu menemukan couple pasangan bucin di Mobile Legends ketika bermain? Mungkin hal ini sangat kerap dijumpai terutama di tier-tier tinggi seperti Myhtic. Bukan tanpa alasan, mereka sering bermunculan karena sering push bersama berkedok pacaran. Tak hanya itu saja, banyak juga para pro player yang mabar dengan teman akrab mereka, yang mana chemistry milik mereka sudah tersusun rapi.

Nah sejak update patch 2021 silam Moonton memperkenalkan sistem fitur baru yakni afinitas. Fitur ini berfungsi sebagai pembeda antara player dengan lainnya dalam segi pertemanan ataupun relasi. Lalu apakah hanya itu saja? Tentunya bukan. Penasaran dengan apa itu afinitas dan hal lain seputarnya? Simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Afinitas di Mobile Legends

Ketika bermain Mobile Legends dengan teman atau kekasih pastinya kamu sangat bersemangat sekali bukan? Hal ini karena kamu bermain bersama orang terdekat dan sudah akrab sejak lama, sehingga gameplay yang akan kamu mainkan sudah tersusun rapi. Berdasar fakta tersebut, pihak Moonton akhirnya merilis fitur terbaru di Mobile Legends yang akan menambah semangat kamu dalam bermain bersama teman atau kekasih.

Ialah fitur afinitas, secara bahasa artinya simpati atau ketertarikan, namun apabila dikaitkan dengan game Mobile Legends afinitas ialah fitur baru yang membedakan player satu dengan yang lain dari segi hubungan serta relasi. Dalam artian fitur ini membedakan teman-teman in game kamu di Mobile Legends sehingga musuh dapat melihat mana teman kamu dan mana yang hanya sebatas online friend saja. Tentu saja fitur ini memiliki jenis pembedaan yang tidak berfokus pada satu tipe pemain namun hampir 4 jenis. Lalu apa saja macam-macam afinitas di Mobile Legends?

Macam-macam Afinitas di Mobile Legends

1. Afinitas Kekasih

Yang pertama ialah afinitas untuk seorang kekasih, jadi untuk kamu yang memiliki pasangan hidup dapat menggunakan afinitas ini pada orang yang kamu cintai. Afinitas kekasih merupakan afinitas yang paling tinggi dalam kasta ini, yang mana hanya satu orang saja yang bisa mendapatkannya di setiap akun player. Moonton ingin membuat playernya terlihat bucin dengan hanya memperbolehkan satu kali kesempatan pada afinitas ini. Selain itu orang yang memakai afinitas kekasih sudah tentu saja pro dan biasanya membutuhkan back up dari sang wanita sehingga membuat game menjadi hard saat melawan mereka.

2. Afinitas Saudara

Kemudian ada afinitas yang berada di tingkatan bawahnya yakni saudara, untuk kamu yang memiliki kakak maupun adik sangat cocok memakai afinitas ini. Hal ini karena kalian akan terlihat di match musuh sehingga mereka akan segan menghadapimu. Untuk kesempatan yang diberikan Moonton kepada player hanya terbatas sebanyak 5 kali di setiap akun, sehingga maksimal afinitas saudara yang bisa kamu tampilkan di in game hanya 5 kali juga.

3. Afinitas Sahabat

Lebih rendah dari tingkatan saudara ialah afinitas sahabat, kamu bisa memakai afinitas ini kepada teman yang sudah kalian kenal dengan akrab. Sama halnya seperti afinitas saudara, afinitas satu ini memiliki daya tersendiri untuk membuat musuh merasa segan melawan karena mereka mengira chemistry yang kalian dapatkan telah maksimal. Walau begitu afinitas ini berbeda dari segi kesempatan request, dengan hanya 4 kali kesempatan saja dalam satu akun.

4. Afinitas Orang kepercayaan

Terakhir ialah afinitas orang kepercayaan yang memiliki tingkatan paling rendah dari relasi ini, yang mana afinitas ini biasanya ditujukan pada online friend yang kenal karena pernah bermain bersama lalu saling follow. Afinitas ini memiliki 5 kali kesempatan request dalam satu akun, untuk segi gameplay afinitas ini kurang ditakuti oleh lawan karena mereka menganggap chemistry kalian sangat kurang meskipun tidak sepenuhnya benar.

Cara penggunaan Afinitas

Afinitas yang ada di Mobile Legends ternyata tidak dapat digunakan semudah itu, melainkan kamu harus menjalani beberapa langkah sebelum memasang di profil. Sebelum mengetahui penggunaan afinitas, alangkah baiknya kamu mengetahui bagaimana sistem kerja dari afinitas ini.

Jadi afinitas di Mobile Legends akan muncul setelah kamu mengumpulkan poin keakraban dengan salah satu player yang akan kamu jadikan salah satu dari 4 pilihan afinitas di atas. Lalu apa itu poin keakraban dan bagaimana sistemnya?

Jadi poin keakraban ialah sebuah poin yang akan muncul ketika kamu menyelesaikan satu match permainan bersama teman atau kekasih kamu. Adapun penambahan poin ini setiap match ialah sekitar 2-6 saja, untuk full poin yang bisa di dapatkan tidak terbatas dengan catatan ketika poin kamu sudah mencapai 200 maka sistem akan memungkinkan kamu mengakses fitur request afinitas.

Nah request ini terletak pada bagian teman yang terletak di bawah daftar teman, pilih opsi teman dekat maka disana akan terpampang jumlah poin keakraban yang sudah kamu hasilkan bersama teman kamu satu persatu. Jika sudah ada poin yang menyentuh angka 200 maka kamu bisa pilih request kepada mereka dengan menentukan afinitas yang tepat untuknya.

Untuk kamu yang tidak sabaran dan ingin segera memasang afinitas bersama kekasih, Moonton punya cara lain. Mereka menyediakan resource baru yakni Familiary Sweet, merupakan resource yang akan menambah +5 poin keakraban per resource. Adapun resource ini bisa kamu dapatkan melalui event khusus.

Afinitas yang sudah terpasang memiliki tingkatan hingga 5 level yang berbeda, dimana setiap levelnya akan memiliki hak istimewa bagi player. Untuk semua afinitas level 1, kamu akan mendapatkan icon badge dari 4 afinitas dan juga memiliki fitur baru berbagi hero dengan teman yang se-afinitas.

Namun perlu diingat bahwa fitur berbagi ini hanya di mode classic saja dan tidak bisa untuk ranked. Kemudian untuk afinitas level 2-5, kamu akan mendapatkan upgrade icon badge menjadi lebih keren, tak hanya itu saja setiap naik satu level afinitas kamu perlu ratusan bahkan ribuan poin keakraban. Dengan kata lain semakin tinggi level afinitas seseorang maka semakin rapi dan tersusun juga chemistry mereka, jadi jangan heran apabila kamu menemui afinitas level 5 dan susah untuk dikalahkan.

Manfaat Afinitas di Mobile Legends

1. Meningkatkan Chemistry

Manfaat yang pertama ialah sebagai sarana peningkat chemistry, hal ini karena semakin akrabnya kamu bermain dengan teman maka secara tidak langsung chemistry kalian juga akan meningkat. Sehingga wajar apabila musuh segan melihat kamu dan teman kamu sudah mencapai tingkatan afinitas di level 5 saat ranked.

2. Sarana kepercayaan

Ketika kamu bermain dengan teman biasa atau dengan teman yang memiliki afinitas pasti rasanya akan berbeda. Mereka yang tidak pernah bermain bersama kamu tentu saja tidak akan mengerti gameplay kamu sehingga tidak akan fast respon apabila kamu diserang lawan. Dengan kata lain kamu belum sepenuhnya menaruh kepercayaan kepada mereka sehingga gameplay yang dihadirkan akan saling bertentangan. Hal ini akan terbantu dengan adanya afinitas yang secara tidak langsung akan memberikan kepercayaan terhadap teman kalian.

3. Berbagi hero di classic

Untuk kamu yang suka bermain classic tetapi hero yang kamu miliki itu-itu saja, mungkin ada baiknya apabila kamu membentuk sebuah afinitas. Hal ini karena kamu akan mendapatkan akses berbagi hero dengan teman se-afinitas, dengan kata lain hero teman kamu juga akan menjadi hero kamu begitu pula sebaliknya. Tentu saja fitur ini sangat mengasyikkan bukan?

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap seputar afinitas di Mobile Legends meliputi pengertian, macam-macam, cara penggunaan dan juga manfaat. Menurut kamu bagaimana dengan fitur baru afinitas ini di Mobile Legends, akankah menarik atau malah sebaliknya?

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar