vivo Y35: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Seri vivo Y35 yang ‘mati suri’ dihidupkan kembali oleh vivo setelah resmi rilis tanggal 24 Agustus 2022. Jika dibandingkan, masih ada fitur dari Y35 (2015) yang masih ada di versi 2022, yaitu adanya jack audio. Walaupun begitu, Vivo Y35 terbaru memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih mumpuni yang bisa menghemat energi dan cocok untuk multitasking dan gaming.

Vivo Y35 dilengkapi dengan layar IPS LCD Full HD+, triple cameras dan baterai besar dengan fitur fast charging. Di bagian inti, Y35 menggunakan Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6nm) Octa-core dengan clock speed hingga 2.4 Ghz.

Spesifikasi Vivo Y35

Vivo Y35 memiliki desain yang catchy dan modern sedangkan di bagian processor, ponsel ini dibekali dengan Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6nm). Uniknya, di bagian baterai, Vivo dilengkapi dengan reverse wired yang bisa digunakan untuk power bank

Desain 

Casing Vivo Y35 menjadi salah satu alasan mengapa ponsel ini menarik dengan 2 pilihan warna, Agate Black dan Dawn Gold. Agate Black memiliki desain yang dinamis dengan kombinasi warna hitam dan motif garis diagonal. Sedangkan Dawn Gold memiliki warna eksotis seperti warna senja. 

Untuk frame dan bagian belakang, Vivo menggunakan bahan plastik. Akan tetapi, Vivo menggunakan teknologi crystallite matte yang membuat Y35 lebih tahan terhadap goresan serta sidik jari. Vivo Y35 juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang membuat ponsel ini tahan terhadap debu, percikan air dan suhu ekstrim.

Vivo Y35 memiliki dimensi 164,3 x 76,1 x 8,28 mm dengan berat 188 gr. Cukup ringan dan nyaman untuk digenggam walaupun ponsel ini memiliki baterai besar. 

Chipset 

Vivo menyertakan OS Android 11, Funtouch 12 yang membuat pengguna seri Y35 nyaman untuk dioperasikan. Vivo Y35 menggunakan Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6nm) Octa-core (4×2.4 Ghz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver). Chipset ini banyak digunakan oleh ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau.

Fabrikasi 6 nm dari Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G membuat ponsel ini memiliki performa yang stabil dan hemat daya. Ditambah dengan adanya multi-turbo 5.5, Vivo Y35 cocok untuk multitasking, browsing hingga gaming. 

Pada bagian RAM, Vivo Y35 dibekali dengan RAM 8GB dan extended RAM 8GB. Jadi, total pengguna bisa menggunakan RAM 16GB. Sedangkan untuk memori internal, Vivo Y35 dilengkapi dengan 128GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 1TB. 

Layar

Vivo Y35 menggunakan layar IPS LCD Full HD+ 90 Hz. Dengan refresh rate 90 Hz membuat ponsel ini cukup responsif, misalnya untuk multitasking. Tidak hanya itu, Y35 dilengkapi dengan P3 Color Gamut hingga 96% NTSC yang membuat output jernih dan warna yang tajam. 

Ponsel dari Vivo ini memiliki tingkat kecerahan hingga 550 nits. Alhasil, seri Y35 ini cocok nyaman saat digunakan di dalam atau luar ruangan pada siang hari. Untuk menambah kenyamanan dan melindungi mata dari sinar biru, Vivo menyematkan fitur sunlight screen.  

Kamera

Vivo Y35 dilengkapi dengan triple camera 50MP (night), 2MP (depth), 2MP (macro). Kamera malam dilengkapi dengan fitur super night mode untuk mendapatkan gambar yang tajam di tempat yang minim cahaya. 

Kamera belakang dilengkapi dengan bokeh flare portrait yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan efek bokeh. Uniknya, pengguna bisa memilih bentuk flare sesuai keinginan, misalnya berbentuk bintang, hati atau bulat. Sedangkan dengan kamera makro 2MP, pengguna bisa memotret dari jarak dekat hingga 4 cm. 

Untuk kamera depan, Vivo Y35 menggunakan kamera 16MP (wide) yang mampu menangkap gambar dengan jernih. 

Baik kamera depan atau kamera belakang, Vivo Y35 bisa merekam dengan resolusi [email protected] fps. Kamera juga sudah dilengkapi dengan stabilizer agar pengguna bisa mendapatkan video yang minim guncangan. 

Baterai 

Vivo Y35 dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas ini, ponsel bisa bertahan selama 14, 3 jam untuk streaming film HD online. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging 44 watt yang memungkinkan pengguna bisa melakukan charging selama 34 menit untuk daya 70%. 

Untuk menghemat daya, Vivo menyematkan teknologi hemat energi AI dan Vivo Energy Guardian. Tidak hanya itu, ponsel dari Vivo ini juga bisa digunakan sebagai power bank karena adanya teknologi reverse charging

Fitur tambahan

Ada beberapa fitur tambahan yang disematkan oleh Vivo di seri Y35 seperti ultra game mode. Fitur ini bisa diaktifkan saat pengguna ingin lebih fokus saat bermain gim. 

Di bagian keamanan, Vivo Y35 dilengkapi dengan fitur fingerprint dan face access. Sedangkan untuk audio, Vivo tidak hanya menggunakan jack audio tapi juga membekali seri Y35 dengan audio booster 2.0. Alhasil, output suara menjadi lebih jernih bahkan saat di tempat yang bising. 

Harga Vivo Y35

Sebagai ponsel kelas menengah, Vivo Y35 dibanderol dengan harga sekitar Rp3.399.000 baik di toko online, e-commerce atau retail terdekat. Harga tersebut sama untuk jenis Agate Black dan Dawn Gold. 

Kelebihan Vivo Y35

1. Desain modern dengan crystalite matte

Tampilan Vivo Y35 menjadi salah satu keunggulan yang tidak bisa diabaikan. Ponsel ini memiliki desain yang dinamis dengan 2 pilihan warna, yaitu Agate Black dan Dawn Gold. Masing-masing dari warna Vivo Y35 memiliki motif yang berbeda, Agate Black yang dinamis dan Dawn Gold yang ekositis. 

Tidak hanya itu, Vivo menggunakan frame plastik yang dilapisi dengan crystallite mate. Teknologi ini membuat casing Vivo Y35 lebih tahan terhadap goresan dan sidik jari.

2. Triple camera dengan output yang tajam

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang suka fotografi, Vivo menyematkan 3 kamera utama, 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth). Sedangkan di bagian depan, Vivo Y35 menggunakan kamera 16MP (wide).

Kamera utama dilengkapi dengan super night mode yang memungkinkan pengguna tetap mendapatkan hasil gambar tajam saat malam hari. Pengguna juga bisa menggunakan kamera makro untuk memotret dalam jarak dekat dan foto bokeh agar hasil foto terlihat lebih cantik dan tajam. 

3. Sertifikasi IP54

Sebagai ponsel kelas menengah, Vivo Y35 mendapatkan perlindungan yang optimal. Ini karena ponsel ini sudah memiliki sertifikasi IP54 yang membuat seri Y35 lebih tahan terhadap debu dan percikan air. 

4. Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6nm) yang hemat daya

Vivo Y35 dibekali dengan Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6nm). Chipset ini dilengkapi dengan Octa-core yang memiliki clock speed hingga 2.4 Ghz. Dengan kecepatan tersebut, ponsel ini cocok untuk gaming dengan grafis yang tidak terlalu berat. Cukup smooth mengingat Vivo Y35 memiliki refresh rate 90 Hz. 

Di sisi lain, chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G menggunakan fabrikasi 6nm. Artinya, Vivo Y35 memiliki performa yang cukup stabil dan bisa menghemat daya. 

5. Fast charging kurang dari 1 jam

Vivo membekali seri Y35 dengan baterai yang besar. Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging 44 watt. Dengan fitur tersebut, pengguna hanya perlu menunggu selama 34 menit untuk melakukan charging dari 0-70%. Sebagai keamanan tambahan, Vivo Y35 dilengkapi dengan 5 charging protections

Pada bagian baterai, Vivo juga memiliki keunggulan, seperti teknologi Vivo Energy Guardian, teknologi hemat energi AI dan reverse charging. Adanya reverse charging ini membuat Vivo Y35 bisa digunakan sebagai power bank dadakan untuk mengisi daya perangkat yang lainnya. 

6. RAM besar plus extended RAM up to 8GB

Vivo Y35 memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, yaitu 8GB. RAM ini bisa diperbesar lagi dengan tambahan 8GB menggunakan fitur extended RAM. Adanya tambahan RAM ini membuat pengguna bisa lebih leluasa ketika hendak menggunakan seri Y35 untuk multitasking. 

Sedangkan untuk memori internalnya, Vivo Y35 memiliki kapasitas 128GB yang bisa diperbesar dengan memori eksternal hingga 1TB. Sangat cukup untuk menyimpan berbagai macam file. Menariknya, Vivo Y35 menggunakan dual SIM. Jadi, pengguna tetap bisa menggunakan 2 SIM dan 1 memori eksternal. 

Kekurangan Vivo Y35

1. Tidak adanya kamera ultra wide

Vivo memang membekali Y35 dengan triple camera. Sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan ultra wide camera. Absennya kamera ini membuat pengguna tidak bisa mendapatkan gambar panorama dengan sudut pandang yang luas. Bahkan, pengguna harus pintar-pintar untuk mencari posisi saat akan melakukan wefie

2. Masih menggunakan mono stereo

Di kalangan ponsel kelas menengah, sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan dual stereo. Alih-alih ikut melakukan hal yang sama, Vivo justru masih stuck dengan penggunaan mono stereo. Sedangkan sebagai penggantinya, agar Vivo Y35 memiliki suara gahar, Vivo menyematkan fitur audio booster 2.0. 

3. Absennya NFC

Tidak adanya fitur NFC di ponsel Vivo Y35 menjadi salah satu kelemahan lainnya. Fitur NFC bisa membantu pengguna untuk melakukan transfer data, termasuk e-money, dengan lebih mudah. Cukup disayangkan mengingat banyak ponsel kelas menengah dengan harga Rp3 jutaan yang sudah dilengkapi NFC. Vivo Y35 bisa dikatakan sebagai versi terbaru dari Vivo Y35 (2015) yang masih mempertahankan jack audio.

Ponsel ini memiliki desain yang dinamis dan dilengkapi dengan spek mumpuni. Sayangnya, masih ada beberapa kekurangan seperti absennya ultra wide camera, NFC dan penggunaan mono stereo menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar