vivo Y02: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Menjelang akhir tahun 2022, vivo meluncurkan smartphone lini Y-series, yaitu vivo Y02. Smartphone entry-level ini meluncur secara resmi pada 29 November 2022, dengan harga Rp1,5 jutaan. Harga bersahabat menjadi daya tarik utama smartphone ini.

Selain itu, spesifikasinya cukup lengkap, ditambah dengan desainnya yang tipis dan elegan. Tentu saja, vivo Y02 tidak hanya memiliki kelebihan, tapi juga kekurangan. Simak spesifikasinya secara lengkap berikut ini:

Spesifikasi vivo Y02

Dengan fitur kelas menengah, vivo Y02 memenuhi semua kebutuhan sehari-hari. Mulai dari desain bodi yang nyaman digenggam, kamera belakang dan depan, baterai besar, juga RAM dan ROM yang mumpuni. Berikut spesifikasi lengkapnya:

1. Desain Minimalis Tipis 2.5D Flat Frame

Smartphone vivo Y02 memiliki dimensi 164 x 75.6 x 8.5 mm dengan berat 186g. Bodinya setipis 8.49mm, membuatnya pas dalam genggaman. Untuk pilihan warnanya berkonsep vivo Dynamic Color, yaitu Cosmic Grey dan Orchid Blue, yang terinspirasi dari alam.

Selain itu, bodi belakang menerapkan finishing doff, sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Kemudian, untuk desain frame kamera minimalis tapi elegan. 

Kemudian, di kanan terdapat tombol Power dan Volume. Sementara, di kiri terdapat lubang kecil untuk membuka slot kartu dual SIM dan microSD. Lalu, di atas terdapat lubang speaker. Sedangkan di bawah terdapat lubang mikrofon, charger, dan 3.5mm jack earphone.

2. Chipset Prosesor Octa-Core OS Funtouch 12

vivo Y02 menggunakan chipset prosesor MediaTek Helio P22 dengan CPU Octa-Core. Selain itu, ponsel ini menjalankan sistem operasi FunTouch OS 12 dengan OS Android 12 Go Edition. Sedangkan, RAM dan memori internalnya yaitu 3GB / 32GB.

3. Layar 6.51” Ultra All Screen Resolusi HD+

Dari segi tampilan visual, vivo Y02 memiliki konsep desain layar 6,51 inci Ultra All Screen. Layarnya IPS LCD, dengan rasio layar-ke-bodi 82,5% dan resolusi 720 x 1600 pixels HD+, dan kerapatan pixels ~270 ppi.

4. Kamera Dual-Tone 8MP+5MP Fitur Lengkap

Dari sektor kamera, vivo Y02 memiliki kamera belakang 8MP, f/2.0. Kamera belakangnya memiliki fitur LED flash dan dapat merekam video 1080p@30fps. 

Sementara, di bagian depan terdapat kamera selfie yang mendukung fitur face unlock. Untuk berfoto dan perekaman video, kamera 5MP, f/2.2 siap memenuhi kebutuhan. Selain itu, kamera depannya juga memiliki fitur LED flash.

5. Baterai 5000mAh Penggunaan Tahan Lama

Untuk sumber tenaganya, vivo Y02 mendapat daya power dari baterai Li-Po 5000mAh dengan tipe non-removable. Sementara, untuk daya charging-nya yaitu 10W. Meskipun baterainya berkapasitas besar, desain bodi ponsel ini tetap tipis dan nyaman di genggaman.

6. Fitur: OTG, Face Beauty dan Time-Lapse

Untuk fitur lain yang melengkapi spesifikasinya, vivo Y02 memiliki konektivitas USB 2.0, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, radio FM, dan OTG. 

Sementara, akses lokasinya menggunakan QZSS, GPS, BEIDOU, GLONASS, GALILEO. Kemudian, untuk sensornya menggunakan akselerometer, sensor cahaya sekitar, dan sensor jarak.

Harga vivo Y02

vivo Y02 menawarkan harga terjangkau untuk smartphone kelas entri. Di samping itu, hanya ada satu varian RAM dan memori internal. Berikut harga vivo Y02 di Indonesia:

  • vivo Y02 – 3GB / 32GB – Rp1,5 jutaan

Kelebihan vivo Y02

vivo Y02 memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan, serta membuat penggunaan semakin nyaman, di antaranya:

1. Bokeh Mode Menonjolkan Subjek Foto 

Smartphone vivo Y02 memiliki fitur Bokeh Mode untuk kamera, sehingga dapat fokus sepenuhnya pada keindahan. Dengan bokeh bawaan ini, vivo Y02 menghasilkan tangkapan gambar yang menawan serta menonjolkan subjek foto dengan begitu jelas.

2. Funtouch OS 12 dengan Face Access dan iManager

FunTouch OS 12 memiliki fitur sangat lengkap. Ada Face Access untuk membuka ponsel dengan mudah. Ada juga fitur Widgets yang memberikan semua informasi dalam sekilas. 

Selain itu, ada fitur iManager yang membersihkan file tidak terpakai serta mengatur sistem keamanan secara teratur. Kemudian, tersedia fitur Multi-Turbo 5.5, yang mengoptimalkan proses sistem dan respons UI secara cerdas. Semua akses di ponsel menjadi lebih lancar.

3. Prosesor Octa-Core Andal untuk Aplikasi Besar

vivo Y02 menggunakan tenaga dari prosesor Octa-Core yang memberikan performa andal kapan pun dan di mana pun. Pengguna dapat mengandalkan kapasitas dan kecepatannya. vivo Y02 tangguh serta dapat menangani berbagai aplikasi besar.

4. Layar 6,51 inci HD+ Dilengkapi Eye Protection Mode 

vivo Y02 memiliki layar seluas 6,51 inci HD+ dengan eye protection mode. Ponsel ini menampilkan video dan game pada layar yang luas, memberikan kesan imersif

Selain itu, dengan Eye Protection mode, layar akan otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan dengan kondisi cahaya di sekitar. Kemudian, layar akan menyaring cahaya biru yang berbahaya agar dapat mencegah ketegangan mata.

5. Kapasitas Memori Internal Dapat Ditambah Hingga 1TB

vivo Y02 memiliki kapasitas memori internal 32GB. Namun, ponsel ini sudah menggunakan triple card slot, sehingga pengguna dapat menambah memori internal hingga 1TB. Semua aplikasi, game, serta foto dan video berharga dapat disimpan dengan mudah. 

Kekurangan vivo Y02

Selain memiliki kelebihan, vivo Y02 juga mempunyai kekurangan untuk dipertimbangkan, di antaranya:

1. Desain Bodi Belakang Kurang Kokoh

Bodi belakang ponsel ini serta frame keseluruhan menggunakan material polikarbonat. Tampilan bodi belakang juga terlihat doff dan mewah. Namun, tetap saat diketuk, terasa ada bagian kosong di belakang. Jadi, serasa desain bodi belakang ponsel ini kurang kokoh.

2. Refresh Rate Layar Masih Standar 60Hz

Tidak ada yang istimewa dari angka refresh rate vivo Y02. Layar smartphone ini memiliki tampilan dengan refresh rate 60Hz, dan gambarnya terlihat normal saja, standar. Berbeda dari smartphone kelas menengah ke atas yang memiliki refresh rate 90Hz, 120Hz, bahkan 144Hz.

3. Audio Masih Menggunakan Satu Speaker

Audio juga menjadi sektor yang belum bisa dibanggakan dari vivo Y02. Ponsel ini menggunakan mono speaker, yang berarti hanya ada satu speaker saja. Maka dari itu, kualitas audio yang dihasilkan juga masih sangat standar, berbeda dari suara menggelegar yang berasal dari dual speaker.

4. Chipset Jadul Helio P22, Skor AnTuTu 90 Ribuan

vivo Y02 menggunakan chipset MediaTek Helio P22 yang terbilang sudah jadul. Performa ponsel secara keseluruhan juga mendapat nilai seadanya saja. Skor AnTuTu untuk vivo Y02 hanya 94138. Selain itu, untuk bermain game PUBG Mobile, idealnya menggunakan setting Smooth Medium agar stabil, meskipun bisa sampai HIgh. 

5. Tidak Ada Sensor Giroskop untuk Game

Sekali lagi berkaitan dengan game, vivo Y02 juga belum memiliki giroskop. Terlihat perbedaannya dari smartphone kelas menengah hingga flagship. vivo Y02 belum ideal untuk memainkan game FPS (first person shooter) atau apapun yang memerlukan akurasi dari guncangan smartphone.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangannya, kita dapat mengetahui bahwa vivo Y02 merupakan smartphone untuk penggunaan sederhana. Tidak perlu khawatir, meskipun semua fiturnya masih dasar, smartphone ini memiliki baterai jumbo, dan ruang penyimpanannya dapat ditambah hingga 1TB.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar