vivo Y21T: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7vivo memulai awal tahun 2022 kemarin dengan merilis sejumlah ponsel baru. Salah satu diantaranya adalah vivo Y21T, ponsel kelas mid-range dengan segudang hal menarik untuk dibicarakan. Ponsel yang satu ini dibanderol di harga yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, Y21T tetap dibekali dengan spesifikasi apik baik di sektor dapur pacu, layar, kamera, maupun baterai.

Tidak hanya itu, vivo Y21T juga memiliki desain trendy yang membuatnya terasa “lebih” dari harganya. Bagi pengguna yang tertarik dengan ponsel ini, berikut ulasan mengenai spesifikasi, harga, kekurangan dan kelebihan vivo Y21T.

Spesifikasi vivo Y21T

1. Chipset

vivo Y21T ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 yang mengusung CPU octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver) dan GPU Adreno 610. Secara performa, Snapdragon 680 mampu berikan performa terbaik dan dengan fabrikasi 6nm yang diusung oleh chipset garapan Qualcomm itu, Y21T jadi bisa lebih irit daya dan bekerja secara efisien dibanding chipset dengan fabrikasi 11nm pada pendahulunya.

2. Memori

Bersama dengan chipset mumpuni itu, vivo Y21T juga mengemas dua opsi RAM yaitu 4GB dan 6GB. Jika kurang, ada fitur Extended RAM yang memungkinkan Y21T untuk mendapatkan RAM ekstra hingga 2GB dengan meminjam penyimpanan internal. Penyimpanan internalnya sendiri hanya tersedia dalam satu opsi yaitu 128GB namun bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 1TB.

3. Baterai

Selanjutnya untuk baterai, vivo Y21T menghadirkan baterai dengan kapasitas besar yaitu 5,000mAh. Selain diklaim bisa bertahan hingga seharian penuh, baterai Y21T juga telah dilengkapi dengan fitur fast-charging 18W dan vivo Energy Guardian (VEG). Dengan fabrikasi 6nm pada chipsetnya, Y21T juga memiliki pengelolaan daya 20% lebih efisien sehingga secara tidak langsung lebih tahan lama.

4. Desain

Untuk bagian desain, vivo Y21T membawa desain yang disebut ”Slim Trendy Design”. Desain tersebut menawarkan bodi yang ramping dengan ketebalan 8mm saja, terlepas dari fakta bahwa didalamnya tertanam baterai dengan kapasitas besar. 2,D flat frame yang diaplikasikan juga membuat Y21T terasa lebih elegan dengan sentuhan premium nyaman ketika digenggam.

5. Layar

Beralih ke layar, vivo Y21T menyajikan layar 6,51 inci beresolusi HD+. vivo menyebutkan sebagai layar “Ultra All Screen” yang dilengkapi dengan teknologi in-cell untuk detail yang lebih tajam dan warna yang lebih cerah. Disamping itu, layar Y21T juga telah menyediakan mode Eye Protection yang sesuai namanya, menjaga mata pengguna dengan menyaring cahaya biru untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman.

6. Kamera

Terakhir untuk kamera, vivo Y21T menawarkan total empat kamera dengan tiga di bagian belakang dan satu di depan. Tiga kamera belakang Y21T terdiri dari kamera utama 50MP, macro 2MP dan depth 2MP. Kamera depannya hanya berjumlah satu dengan resolusi 8MP namun telah dilengkapi dengan algoritma Face Beauty untuk menciptakan foto selfie yang memukau dan jernih.

Harga vivo Y21T

Seakan tidak ingin membebani pengguna, melalui situs resminya, vivo membanderol vivo Y21T di harga Rp2,3 jutaan untuk varian 6GB/128GB. Harga yang dipatok tersebut jelas relatif terjangkau dan sebanding dengan spesifikasi atau fitur yang ditawarkan. Jika tertarik, Y21T sudah tersedia untuk dibeli di toko online maupun offline. Terdapat dua varian warna menarik untuk dipilih yaitu Pearl White dan Midnight Blue.

5 Kelebihan vivo Y21T

1. Chipset efisien dengan performa yang cukup baik

Salah satu hal menarik dari vivo Y21T adalah fakta bahwa chipset yang menjadi otak pemrosesan utamanya, memiliki fabrikasi yang rendah di angka 6nm. Itu artinya, Y21T memiliki efisiensi daya yang sangat baik namun di sisi lain, juga mampu hadirkan performa yang bisa diandalkan untuk bermain game maupun multitasking. Pada pengujian benchmark di AnTuTu, Y21T berhasil meraih skor cukup baik di angka 276,473 poin.

2. Kamera utama dengan mode Super Night

Jika kamera selfie vivo Y21T dilengkapi algoritma Face Beauty, kamera utama ponsel ini juga menggunakan algoritma Super Night. Dikombinasikan dengan teknologi noise-cancelling RAW-level, Y21T jadi bisa menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam dalam kondisi minim cahay dengan metode menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Selain itu, ada pula fitur Super HDR untuk hasilkan foto yang tetap jernih sekalipun dalam kondisi backlight.

3. Hadirkan beberapa fitur gaming yang menarik

vivo Y21T menghadirkan cukup banyak menarik dengan beberapa diantaranya dirancang untuk memaksimalkan sesi gaming pemain. Yang pertama ada Multi-Turbo 5.0 yang meningkatkan koneksi daya, kinerja chipset dan efisiensi baterai menjadi lebih baik. Lalu ada pula Cooling System yang membuat Y21T tetap dingin dan Ultra Game Mode yang tawarkan 4D Game Vibration hingga Esports Mode untuk pengalaman gaming yang lebih sempurna.

4. Funtouch OS 12 yang sederhana namun canggih

Ketika pertama kali dirilis pada awal 2022 kemarin, vivo Y21T menjalankan Android 11 dengan Funtouch OS 12. Melalui Funtouch OS 12, Y21T membawa desain UI yang estetik dan kontrol yang sederhana sekaligus praktis. Disamping itu, Funtouch OS 12 juga memiliki sejumlah fitur unggulan, salah satunya seperti AI Instant Vlogging yang memungkinkan pengguna untuk membuat vlog dengan cepat dan instan.

5 Kekurangan vivo Y21T

1. Belum mendukung konektivitas 5G

Pada masa di mana sebagian ponsel mid-range telah mendukung konektivitas 5G, vivo Y21T sayangnya tidak termasuk salah satu diantaranya. Konektivitas maksimal yang didukung ponsel ini masih 4G. Padahal, kehadiran dukungan konektivitas 5G bisa digunakan vivo sebagai salah satu nilai jual utama Y21T mengingat ponsel ini tidak memiliki begitu banyak sesuatu yang menarik.

2. Layar masih beresolusi rendah

Meski cukup bisa diandalkan dari segi performa, dari segi kualitas layar, vivo Y21T masih kurang dari kata bisa diandalkan. Layarnya memang berukuran 6,51 inci yang notabene tidak begitu besar sehingga nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, namun sayangnya, masih beresolusi HD+. Untuk standar saat ini, resolusi HD+ terbilang rendah karena sebagian besar ponsel mid-range telah memiliki layar dengan resolusi FHD+.

3. Kecepatan fast-charging masih kurang

Kapasitas baterai yang diusung vivo Y21T memang sudah sangat cukup di angka 5,000mAh namun sayangnya, fitur fast-charging yang diberikan jauh dari kata cukup. Meski bisa bertahan hingga seharian penuh, Y21T butuh waktu pengisian daya yang lama karena masih dibekali dengan fitur fast-charging 18W. Diperkirakan butuh waktu lebih dari 1 jam untuk bisa mengisi daya Y21T sampai penuh.

4. Tidak memiliki kamera ultrawide

Kamera ultrawide merupakan kamera yang berfungsi untuk mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas atau lebar. Bersama kamera utama, ultrawide menjadi salah satu jenis kamera yang sering dipakai. Sayangnya, vivo Y21T tidak memiliki kamera ultrawide meski telah mengusung konfigurasi triple-camera. Alih-alih ultrawide, yang menemani kamera utamanya justru kamera macro dan depth.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika vivo Y21T merupakan ponsel mid-range kece sederhana menarik untuk dipinang. Meski tidak memiliki satu pun fitur unggulan, ponsel ini tetap punya daya tariknya tersendiri, terutama lewat harganya yang masuk akal. Beberapa kekurangannya pun masih bisa diterima, meski tidak sedikit yang justru sangat disayangkan karena tidak diaplikasikan.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar