vivo Y22: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — September 2022, vivo resmi meluncurkan seri terbarunya, yaitu vivo Y22. Ponsel ini memiliki RAM 4GB dengan memori internal 64 GB. Setelah resmi dipasarkan, Vivo melihat demand yang tinggi dari masyarakat yang butuh ponsel dengan kapasitas besar. Karena itu, Vivo kemudian mengeluarkan seri Vivo Y22 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. 

“Kami menghadirkan variasi baru untuk Vivo Y22 dengan kapasitas internal 6GB + 128GB untuk memberikan pilihan smartphone di harga Rp2 jutaan dengan memori lebih besar,” tutur Gilang Pamenan selaku Product Manager Vivo Indonesia. 

Spesifikasi Vivo Y22

Vivo melengkapi seri Y22 dengan spek yang mumpuni. Mulai dari desain yang stylish minimalis hingga dual camera 50MP plus 2MP dengan kamera depan 8MP.

Desain 

Vivo Y22 memiliki desain yang trendi. Ponsel dari Vivo ini memiliki 3 variasi warna, yaitu Metaverse Green, Summer Cyan dan Starlit Blue. Uniknya, masing-masing warna memiliki corak yang berbeda di bagian belakang sehingga memberikan kesan yang berbeda-beda. Misalnya Metaverse Green dengan corak garis dan shape kotak yang dinamis dan trendy

Agar terlihat lebih mewah, Vivo melengkapi seri Y22 dengan Crystalline Mate. Teknologi ini memungkinkan frame lebih tahan terhadap goresan dan sidik jari. 

Untuk dimensinya sendiri, Vivo Y22 memiliki dimensi 164,3 x 76,1. 8,38 mm dengan bobot 190 gr. Tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat tapi cukup nyaman digenggam. 

Vivo Y22 sudah memiliki sertifikasi IPX4 dan IPX5. Artinya, ponsel ini memiliki ketahanan terhadap tetesan air dan debu. 

Chipset

Vivo menggunakan Android 12, Funtouch 12 sebagai sistem operasi dari seri Y22. Dengan OS tersebut, pengguna bisa menikmati pengalaman UI yang nyaman dan ringan. 

Di bagian chipset, seri ini menggunakan MediaTek MT6769Z Helio G85 (12nm) Octa-core (2×2.0 GHz Cortex A-75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55). Penggunaan chipset tersebut membuat Vivo Y22 mumpuni untuk digunakan bermain game. Untuk menunjang kestabilan pengguna saat bermain gim, Vivo menyematkan Multi-Turbo 5.5. Sedangkan, GPU Mali-G52 MC2 digunakan agar output menjadi lebih optimal.

Di bagian RAM dan ROM, Vivo menyediakan 2 variasi, yaitu 4GB/64GB dan 6GB/128GB. Masing-masing sudah dilengkapi dengan extended RAM hingga 3GB. Sedangkan untuk memori internal, bisa ditambah hingga kapasitas 1TB.

Layar

Di bagian layar, Vivo Y22 menggunakan IPS LCD 6,55 inci HD+ 90 Hz. Dengan refresh rate tersebut, Vivo Y22 memiliki kemampuan yang baik untuk multitasking dan gaming

Vivo menggunakan layar IPS LCD yang bisa membantu untuk menghasilkan output yang optimal dengan warna yang lebih ‘keluar’. Vivo Y22 memiliki tingkat kecerahan hingga 530 nits. Artinya, pengguna bisa dengan nyaman menggunakan Vivo Y22 saat di luar ruangan dan di siang hari. Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, Vivo menggunakan layar yang mampu menyaring cahaya biru lewat fitur Eye Protection Mode. 

Kamera

Pada bagian kamera, Vivo Y22 menggunakan dual camera 50 MP (night) plus 2 MP (macro) dan kamera depan 8 MP. Baik kamera depan atau belakang, pengguna akan bisa mendapatkan hasil jepretan yang detail dan tajam. 

Vivo Y22 memiliki kamera malam 50MP yang memungkinkan pengguna untuk memotret dengan detail yang jelas bahkan di tempat minim cahaya. Apalagi, Vivo Y22 dilengkapi dengan fitur Super Night Mode. Kamera makro 2 MP bisa digunakan untuk memotret hingga jarak 4 cm. 

Di bagian depan, Vivo Y22 menyematkan kamera 8MP. Untuk hasil yang jernih dan bokeh untuk berbagai jenis gaya, Vivo menyematkan teknologi AI Face Beauty. Tidak hanya itu, fitur Eye Autofocus memungkinkan foto tetap fokus sesuai walaupun objeknya bergerak ataupun diam. 

Sedangkan untuk videonya, baik kamera depan atau belakang, Vivo Y22 mampu merekam hingga resolusi 1080p@30 fps. 

Baterai 

Vivo Y22 dilengkapi dengan baterai Li-Po 5000 mAh dengan fast charging 18 watt. Vivo mengklaim jika pengisian baterai menjadi lebih efisien dengan penggunaan VEG atau Vivo Energy Guardian. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa melakukan reverse charging. Artinya, Vivo Y22 bisa digunakan juga sebagai power bank untuk kondisi darurat. 

Sebagai tambahan, Vivo juga menggunakan 5 Charging Protection agar pengisian daya menjadi lebih aman. Tak lupa, Vivo juga menyematkan fitur AI Power Saving Technology. Adanya fitur tersebut daya baterai ponsel menjadi lebih hemat. 

Fitur tambahan

Vivo Y22 memiliki fitur tambahan seperti fingerprint, face access, ultra game mode. Fitur ultra game mode memungkinkan pengguna bisa lebih fokus saat bermain game dan mendapatkan efek audio yang bisa disesuaikan. 

Harga Vivo Y22

Vivo Y22 termasuk ponsel kelas entry level hingga menengah dengan harga sekitar Rp2 jutaan, baik di toko offline ataupun online dan e-commerce. Jenis RAM 4GB/64GB memiliki harga sekitar Rp2.399.000. Sedangkan jenis RAM 6GB/128GB memiliki harga Rp2.999.000. Harga tersebut sama untuk semua variasi warna Vivo Y22.

Kelebihan Vivo Y22

1. Kamera dengan super night mode

Berbeda dengan smartphone kompetitornya, Vivo melengkapi seri Y22 dengan kamera 50 MP. Kamera ini memiliki super night mode yang memungkinkan pengguna mengambil foto di tempat dengan pencahayaan rendah. Uniknya, pengguna bisa menyesuaikan cahaya yang masuk ke kamera untuk menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. 

Di sisi lain, Vivo Y22 juga memiliki kamera makro 2MP. Kamera ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambar secara mendetail walaupun dari jarak yang sangat dekat. 

2. Desain mewah yang memukau

Kesan pertama melihat Vivo Y22 adalah simple tapi elegan. Ponsel ini menggunakan bahan plastik kaca dengan crystalline matte untuk bagian frame. Ketika tertimpa cahaya, maka frame akan memantulkan cahaya.

Di sisi lain, teknologi dynamic color membuat ponsel Vivo Y22 terlihat lebih dinamis. Apalagi, masing-masing dari varian ponsel memiliki motif yang berbeda di bagian frame belakang. 

3. Punya sertifikasi IPX4 dan IPX5

Vivo Y22 sudah dilengkapi dengan sertifikasi IPX4 dan IPX5 yang tidak banyak dimiliki oleh smartphone kompetitornya. Adanya sertifikasi ini membuat ponsel dari Vivo ini lebih tahan terhadap debu dan percikan air.  

4. Baterai yang awet dan adanya reverse charging

Sekilas, baterai Vivo Y22 tidak berbeda dengan baterai smartphone entry level lainnya. Bedanya, ponsel ini dilengkapi dengan fitur yang VEG atau Vivo Energy Guardian. Adanya fitur ini emmungkinkan penggunaan baterai menjadi lebih efisien dan awet. Pengguna bisa memutar video Youtube dan baterai bisa bertahan hingga 20 jam. 

Untuk pengisian daya, Vivo Y22 dilengkapi dengan fitur fast charging dengan 5 charging protections. Dengan fitur tersebut, baterai bisa terisi dengan cepat dan aman. 

Tidak hanya itu, Vivo membekali seri Y22 dengan fitur reverse charging. Fitur ini membuat Vivo Y22 bisa digunakan sebagai power bank dan mengisi daya dari perangkat lainnya. 

5. Chipset mumpuni dengan MediaTek HyperEngine

Vivo Y22 memang termasuk ponsel entry level, akan tetapi, ponsel ini memiliki chipset yang mumpuni. Berbekal MediaTek MT6769Z Helio G85 dengan clock speed mencapai 2.0 GHz. membuat ponsel ini cukup nyaman untuk gaming

Penggunaan teknologi mediaTek HyperEngine membuat Vivo Y22 memiliki performa yang lebih stabil dan lancar terutama saat bermain gim. Untuk menunjang performa tersebut, Vivo menyematkan RAM 4GB/64GB dan 6GB/128GB yang bisa ditambah kapasitasnya dengan penambahan RAM maksimal 3 GB. 

Kekurangan Vivo Y22

1. Over brightness dan tidak ada kamera ultra wide

Kamera Vivo Y22 memang mengesankan terutama untuk pengguna yang suka menggunakan jenis beauty camera. Sayangnya, bagi sebagian pengguna hal tersebut menjadi kekurangan tersendiri karena foto justru terlihat seperti over brightness

Di sisi lain, Vivo Y22 belum memiliki kamera ultra wide. Padahal, kompetitornya sudah dilengkapi kamera wide ataupun ultra wide. Hal ini membuat pengguna tidak bisa leluasa ketika harus memotret panorama. 

2. Tidak adanya fitur gyro

Vivo Y22 tidak memiliki fitur gyro sehingga pengguna tidak bisa menggunakan kompas untuk menentukan arah, misalnya kiblat. Padahal, fitur ini cukup penting dan sudah ada di smartphone kompetitor lain. 

Tidak hanya untuk kompas, gyro memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan. Jadi, tanpa adanya gyroscope, pengguna akan merasa terganggu atau kurang nyaman saat bermain gim karena bidikan dan gerakan akan terasa kurang smooth

3. Fast charging kurang optimal

Di bagian baterai, Vivo Y22 memang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 18 watt. Sayangnya, di kelas smartphone 2 jutaan, sudah banyak yang menggunakan fitur fast charging 33 watt. Hal ini membuat fitur yang ada di Vivo Y22 terlihat biasa saja atau kurang optimal. 

4. Belum ada NFC

Vivo Y22 belum memiliki fitur NFC. Tidak adanya fitur ini membuat pengguna tidak bisa melakukan transfer data dengan cepat. Walaupun tidak begitu vital, tapi cukup mengganggu terutama untuk Anda yang kerap menggunakan e-money untuk transportasi publik. 

Vivo Y22 termasuk ponsel entry level dengan harga 2 jutaan yang sudah dilengkapi dengan spek yang mumpuni. Mulai dari kamera 50 MP hingga memiliki sertifikasi IPX4 dan IPX5. Sayangnya, beberapa fitur seperti NFC dan gyro belum ada di Vivo Y22. 

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar