vivo V25e: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Bukan vivo namanya jika tidak selalu berusaha untuk membuat ponsel menarik dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Popularitas vivo terus tumbuh dan bahkan pada 2021 kemarin, mereka berhasil masuk kedalam jajaran 5 brand ponsel teratas. Pada 2022, kualitas ponsel garapan vivo terus menanjak, dengan vivo V25e sebagai salah satu ponsel terbaik yang meluncur di tahun itu.

vivo V25e sendiri merupakan ponsel kelas mid-range yang memiliki nilai jual utama di sektor kamera. Meskipun begitu, bagian lain seperti chipset, baterai dan layar tetap tidak luput dari perhatian, sehingga juga memiliki kualitas yang terbaik. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan vivo V25e.

Spesifikasi vivo V25e

1. Chipset

Di sektor dapur pacu, vivo V25e mempercayakan chipset Helio G99 sebagai otak pemrosesan utama. Chipset garapan MediaTek itu menggunakan fabrikasi 6nm dengan CPU octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2. Tidak hanya itu, Helio G99 pada V25e telah mendukung System Accelarator untuk performa yang lebih stabil tapi di si lalin, tetap mengkonsumsi daya yang rendah.

2. Memori

Terdapat dua pilihan RAM yang ditawarkan oleh vivo V25e yaitu 8GB dan 12GB. Jika masih kurang puas, ponsel ini telah mendukung fitur Extended RAM untuk mendapatkan RAM tambahan hingga 8GB. Untuk penyimpanan internal, ada dua pilihan juga yaitu 128GB dan 256GB. Sama seperti RAM, ada opsi untuk memperluas kapasitas penyimpanan via kartu microSD hingga 1TB.

3. Baterai

vivo V25e mengemas baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 4,500mAh yang juga telah dilengkapi dengan fitur fast-charging 44W. Fitur fast-charging yang vivo sebut sebagai Super FlashCharge itu memungkinkan V25e untuk dapat diisi dayanya dari 0-58% dalam waktu 30 menit saja. Selain itu, baterai ponsel ini telah terproteksi 24-Dimension Security Protection untuk keamanan yang terjamin ketika mengisi daya.

4. Desain

Beralih ke desain, vivo V25e mengusung desain yang vivo sebut sebagai Flat Frame Design. Desain tersebut membuat V25e memiliki desain bodi yang ergonomis dan nyaman digenggam. Yang menarik, bodi belakang lapis kaca milik V25e bisa berubah warna terutama pada varian warna Sunrise Gold. Sementara untuk varian warna lain yaitu Diamond Black, bodi belakangnya tidak bisa berubah warna namun tetap elegan dengan dominasi hitam.

5. Layar

Agar bisa memanjakan mata penggunanya, vivo menghadiahi vivo V25e dengan layar yang berkelas. Dengan ukuran 6,44 inci, layar V25e telah menggunakan panel AMOLED, memiliki resolusi FHD+ dan mendukung refresh rate 90Hz. Karena panelnya sudah AMOLED, selain bisa menampilkan warna hitam yang lebih pekat, ponsel ini juga jadi bisa menggunakan sensor fingerprint dalam layar.

6. Kamera

Terakhir adalah kamera, di mana vivo V25e mengusung konfigurasi triple-camera yang terdiri dari kamera utama 64MP, macro 2MP dan depth 2MP. Kamera utamanya telah mendukung OIS untuk stabilisasi yang lebih baik dan dirancang untuk bisa mengambil foto dalam kondisi minim cahaya dengan sangat baik. Untuk kamera depannya hanya ada satu dengan resolusi 32MP.

Harga vivo V25e

Harga yang dipatok vivo untuk vivo V25e memang cukup tinggi namun jika melihat apa yang ditawarkan, harga tersebut bisa dibilang sebanding. V25e dibanderol di harga Rp3,9 jutaan untuk varian 8/128GB, Rp4,2 jutaan untuk varian 8GB/256GB dan Rp4,7 jutaan untuk varian 12GB/256GB. Bagi yang tertarik, V25e saat ini telah tersedia di toko online maupun offline.

5 Kelebihan vivo V25e

1. Bodi belakang telah dilapisi oleh kaca

vivo berusaha untuk terus membuat ponsel premium di mana hal tersebut juga mereka buktikan pada vivo V25e. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan lapisan kaca pada bodi belakang sehingga terlihat dan terasa premium ketika digenggam. Tidak hanya itu, pada varian Sunrise Gold, bodi belakang V25e bisa berubah warna tergantung pada sudut penglihatan pengguna.

2. Memiliki rating IP

Durabilitas menjadi salah satu fokus utama vivo pada ponsel-ponsel mereka dan hal tersebut tidak luput untuk disertakan pada vivo V25e. Ponsel tersebut telah memiliki rating IP54 yang memungkinkannya untuk tahan debu dan cipratan. Ketika dikembangkan, V25e bahkan telah melewati banyak pengujian daya tahan termasuk uji daya tahan ketika jatuh, tergores dan tentu saja, terkena cipratan air.

3. Hadirkan performa yang mumpuni untuk gaming

Chipset Helio G99 buatan MediaTek yang menjadi dapur pacu utama vivo V25e merupakan chipset gaming dengan performa yang mumpuni. Pengujian benchmark via AnTuTu bahkan menghasilkan skor cukup tinggi yaitu 354,899 poin. Dikombinasikan bersama fitur seperti Game Boost Mode, 4D Game Vibration dan Game Antenna Design, V25e menjadi ponsel yang sempurna untuk diajak bermain game.

4. Kamera sempurna untuk kondisi minim cahaya

Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka, nilai jual utama vivo V25e adalah kamera terutama pada kamera utamanya. Selain memiliki resolusi tinggi di angka 64MP, kamera utama V25e telah mendukung OIS agar bisa lebih stabil ketika mengambil foto maupun video. Tidak hanya itu, kamera utama V25e juga dirancang untuk bisa menangkap detail yang tajam, tak peduli digunakan dalam kondisi minim cahaya.

5. Layar berkualitas dengan tingkat kecerahan yang tinggi

Agar pengguna bisa betah, vivo V25e dibekali dengan layar yang berkualitas. Ukurannya ideal di angka 6,44 inci dan telah berpanel AMOLED yang jadi salah satu panel layar terbaik untuk sebuah ponsel. Resolusi layarnya telah FHD+ dan telah mendukung refresh rate 90Hz untuk animasi yang lebih mulus. Terakhir, layar V25e memiliki tingkat kecerahan yang tinggi yaitu 1,300 nits alias tetap bisa terlihat dengan jelas ketika berada dibawah sinar matahari.

5 Kekurangan vivo V25e

1. Belum mendukung konektivitas 5G

Untuk harga yang dibanderol, vivo V25e seharusnya bisa menjadi ponsel yang telah mendukung konektivitas 5G. Sebab, kebanyakan ponsel saat ini dengan harga 4 jutaan keatas telah mendukung konektivitas penerus 4G itu. Terlepas dari fakta bahwa 5G belum merata di Indonesia, kehadiran dukungan konektivitas 5G bisa membuat V25e menjadi lebih menarik lagi untuk dibeli.

2. Tidak memiliki headphone jack

Headphone jack tidak lagi jadi fitur yang mulai ditinggalkan oleh ponsel flagship, tapi juga ponsel mid-range. Salah satu ponsel mid-range yang tidak lagi menghadirkan headphone jack adalah vivo V25e. Alhasil, pengguna mau tidak mau jadi harus beralih ke headphone nirkabel atau jika tidak ingin berganti headphone, bisa menggunakan konverter yang nantinya dihubungkan via port pengisian daya atau USB-C.

3. Layar belum diproteksi Gorilla Glass

Meski vivo V25e telah memiliki rating IP54 yang menjadi bukti bahwa vivo sangat peduli terhadap durabilitas bodi ponselnya, tidak diketahui alasan mengapa layarnya malah belum diproteksi oleh Gorilla Glass. Padahal layarnya memiliki kualitas yang sangat baik, yang seharusnya lebih dijaga di mana salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan Gorilla Glass untuk ketahanan terhadap goresan atau semacamnya.

4. Tanpa kamera ultrawide

Dari tiga kamera belakang yang diusung vivo V25e, kamera utama menjadi yang paling sering digunakan. Bukan tanpa alasan, sebab dua yang lainnya adalah kamera macro dan depth yang secara fungsi tidak begitu penting. Padahal, vivo bisa saja mengganti salah satu dari dua kamera kurang penting itu dengan kamera ultrawide, sehingga pengguna bisa mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih lebar.

5. Masih menggunakan notch klasik

vivo V25e bisa menjadi ponsel dengan desain yang sempurna andaikata layarnya tidak “diganggu” oleh notch klasik. Alih-alih menggunakan punch-hole yang notabene lebih baru dan tampak keren, V25e malah masih menggunakan notch waterdrop yang sudah ketinggalan jaman untuk kamera depannya. Untuk ponsel harga 4 jutaan, pemilihan notch semacam itu sangat kurang tepat.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika vivo V25e merupakan ponsel mid-range dengan desain premium yang direkomendasikan untuk dipinang. Fakta bahwa bodi belakang ponsel ini telah berlapis kaca dan bisa berubah warna, membuatnya jadi tampak lebih menarik dan tidak memalukan untuk dipamerkan. Secara spesifikasi, ponsel ini juga bisa diandalkan dengan chipset gaming, RAM besar dan baterai dengan fitur fast-charging yang cepat.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar