Turun Harga Rp500 Ribuan, Cek Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10

Berita7Xiaomi Redmi 10 diklaim menaikkan standard smartphone entry-level. Smartphone ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang mencari HP all-rounder di kisaran harga 2 jutaan.

Redmi 10 menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti chipset terbaru, resolusi layar tinggi, RAM besar dan speaker stereo. Didaulat sebagai penerus dari Xiaomi Redmi 9, ponsel ini memanaskan pasar entry to mid level.

Nah, apa sih yang menarik dari ponsel besutan Xiaomi ini? Apa saja kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 10. Yuk kita bedah ponsel entry level unggulan dari Xiaomi ini secara detail dan mendalam.

Harga Xiaomi Redmi 10

Pada awal peluncurannya pada September 2021 kemarin, Xiaomi Redmi 10 dibanderol dengan harga resmi Rp 2.099.000 untuk varian 4/64 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian 6/128 GB.

Namun, melansir Publica.id, saat ini kamu bisa mendapatkannya dengan harga 1.5 jutaan untuk varian terendah dan 2 jutaan untuk varian di atasnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 10

1. Desain Keren dan Ramping

Xiaomi Redmi 10 membawa desain yang keren dengan opsi warna, Carbon Gray, Sea Blue, Pebble White. Baik back cover maupun frame-nya terbuat dari polikarbonat. Smartphone ini hadir dengan berat 181 gram dengan ketebalan 8.92 mm. Cukup ringan untuk ponsel jaman sekarang.

2. Dual Speaker Stereo

Xiaomi Redmo 10 ini sudah dibekali dengan dual speaker stereo yang berada di frame atas dan bawah. Speaker tersebut menawarkan output suara yang tergolong baik di kelasnya. Meski speaker bawah mengeluarkan suara yang lebih dominan, suaranya bisa seimbang, rata kanan kiri yang pastinya akan menambah pengalamanmu saat nonton film maupun bermain game.

Suara speaker tetap terdengar baik meskipun kamu menggunakan ponselnya dalam posisi horizontal. Setidaknya dua speaker tersebut menawarkan output suara yang lebih menggelegar, jelas, dan nyaman di telinga.

3. Setup Kamera Belakang Mantap

Xiaomi Redmi 10 mengusung konfigurasi 4 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Pada seri Redmi, smartphone ini merupakan kamera entry-level pertama yang mengusung kamera 50 MP dengan sensor besutan dari Samsung.

Kamera tersebut sudah mendukung fitur PDAF dan perekaman video hingga 1080p@30fps.  Kamera utama juga menghadirkan gambar yang natural, gambarnya cukup tajam dan dynamic range-nya juga standar. Kamu juga bisa mengambil video dengan fitur slow motion 720p@120fps.

Kamera ultra wide juga menawarkan tangkapan gambar yang lebih lebar dengan dukungan perekaman hingga 1080p@30fps.

Sementara itu, kamera depan mengusung lensa 8 MP berbentuk punch hole dengan dukungan perekaman video hingga 1080p@30fps. Kamera selfie tersebut juga mempunyai tugas lain yakni sebagai face unlock. Kamera selfie menawarkan gambar yang cukup tajam dan dynamic range yang sudah lumayan.

4. Layar Full HD+

Redmi 10 ini sudah dibekali dengan panel IPS 6.4 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 90 Hz. Xiaomi membenamkan fitur AdaptiveSynch dengan pengaturan dari 45 Hz, 60 Hz, atau 90 Hz tergantung kebutuhan layar.

Kombinasi layar dengan Full HD+ dan 90 Hz ini tergolong perpaduan yang langka di kelas harganya. Hebatnya, Xiaomi juga menyematkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar dari gesekan maupun goresan.

5. Chipset Kencang di Kelasnya

Redmi 10 ini ditenagai dengan System on Chip Helio G88 dari MediaTek dengan fabrikasi 12 nm. Chip tersebut membawa CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 2 GHz dan didukung pengolah grafis Mali-G52 MC2.

Chip tersebut berpadu dengan opsi RAM 4 dan 4 GB LPDDR4X dan memori internal 64 dan 128 GB. Perpaduan dapur pacu tersebut tergolong cukup kencang di kelas harganya. Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi MIUI 12.5.2 berbasis Android 11.

Pada pengujian performa melalui AnTuTu Benchmark v9, Redmi 10 mendapatkan skor 253987. Cukup tinggi untuk di kelas harganya.

Bagaimana performa gamingnya? Genshin Impact dengan pengaturan Lowest-60 mendapatkan rata-rata 20-30 fps. Cukup playabale. PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth-Extreme mendapatkan kisaran 45-60 fps.

Performa keseluruhan untuk gaming cukup lancar, khususnya bagi kamu yang memainkan game-game ringan ke menengah, bukan game yanhg berat.

6. Dual Microphone

Selain menawarkan dual stereo speaker, Xiaomi Redmi 10 juga membawa dual microphone yang jarang didapatkan di kelas harganya. Keunggulan dual mic ini adalah menawarkan kualitas suara yang tetap terjaga.

Jadi, misalnya satu mic tertutup oleh tangan saat pengambilan video, maka masih ada microphone lainnya. Jadinya, suara akan tetap aman meski yang satunya tertutup oleh tangan. Output suaranya juga tergolong cukup jelas dengan sedikit noise. Ya, lumayan untuk kelas smartphone di harga 2 jutaan.

7. Baterai 5000 mAh dan fast charging 18 watt

Redmi 10 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 18 watt. Uniknya, Charger dalam paket penjualan menawarkan kemampuan charging 22.5 watt.

Daya tahan baterai cukup tergolong baik. Pengujian daya dengan memutar local video playback, baterai bisa bertahan hingga 20 jam. Untuk memainkan Genshin Impact selama 30 menit, baterai hanya berkurang 8% saja. Lumayan irit.

Untuk kemampuan charging, kecepatannya memang bukan yang terbaik di kelasnya. Pengisian daya dari 0-50% membutuhkan waktu 47 menit dan 0-100% membutuhkan waktu 2 jam 32 menit.

Kekurangan Xiaomi Redmi 10

1. Belum ada sertifikasi tahan air dan debu

Xiaomi Redmi 10 sayangnya belum membawa sertifikasi tahan air dan debu pada bodinya. Ini menjadi hal yang harus diperhatikan, khususnya bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Smartphone ini bukan berarti tidak cocok untuk pengguna yang sering di luar ruangan. Namun, adanya sertifikasi tahan air dan debu tersebut akan menambah keamanan ponsel dari cuaca esktrem.

2. Tanpa NFC

Xiaomi Redmi 10 belum menawarkan fitur NFC. Ya, fitur ini memang menjadi unggulan bagi kelas entry-level untuk memudahkan cek saldo e-toll, hingga e-wallet dengan satu sentuhan saja.

Sayangnya, Xiaomi belum menawarkan fitur tersebut. Padahal pesaingnya, Infinix Hot 11s sudah memberikan NFC. Ini juga menjadi hal yang perlu kamu perhatikan jika mencari smartphone yang future-proof.

3. Tidak Video Stabilizer

Xiaomi Redmi 10 memang membawa setup kamera yang lengkap. Namun sayangnya, tidak ada fitur Video Stabilizer, baik di kamera utama maupun kamera depan.

Jadi, ketika kamu melakukan perekaman video sambil jalan, maka goncangan akan sangat terasa. Namun goncangan tersebut masih bisa kamu minimalisir dengan menggunakan tripod.

4. Video Kurang Maksimal saat Low Light

Saat kondisi minim pencahayaan, kamera selfie tersebut berkabut dan ada noise serta detail gambarnya juga kurang maksimal. Begitu juga dengan kamera ultra wide, detailnya juga kurang dan banyak noise-nya.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar