POCO F4 GT: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7Xiaomi meluncurkan smartphone gaming dari seri POCO, yaitu POCO F4 GT, pada 7 Juli 2022. Resmi meluncur pada pertengahan tahun 2022, smartphone flagship ini menjadi favorit, terutama karena spesifikasinya yang gahar untuk gaming.

Melihat sekilas dari desainnya, smartphone ini jelas menghadirkan semua yang dicari para gamers. Seperti apa spesifikasi selengkapnya? Berikut ulasannya.

Spesifikasi POCO F4 GT

POCO F4 GT datang menyapa gamer Indonesia dengan harga di angka 8 jutaan. Tidak heran jika melihat teknologi gaming pada smartphone ini. Smartphone gaming memang dirancang dengan spesifikasi khusus, berbeda dari ponsel pintar pada umumnya.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

1. Desain Bergaya Metalik dengan Detail Halus

POCO F4 GT memiliki dimensi 162.5 x 76.7 x 8.5 mm dengan berat 210g. Layarnya sudah menggunakan Gorilla Glass Victus, dengan bagian belakang berbahan kaca, dan frame aluminium. 

Sementara, pilihan warna smartphone ini yaitu Stealth Black, Knight Silver, dan Cyber Yellow. Bahan kaca AG untuk ponsel ini terasa lembut ketika digenggam. Elemen futuristik juga membuat desainnya terlihat tangguh dan lebih keren. 

2. Chipset Snapdragon 8 Gen 1 4nm Unggulan

POCO F4 GT bekerja dengan Ultimate Power dari prosesor Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm). Ini adalah chip Qualcomm 4nm pertama dengan CPU dan GPU generasi berikutnya. Performa meningkat dan konsumsi dayanya lebih rendah.

Berikut CPU dan GPU prosesor ini:

  • CPU Octa-core:

1 x 3.00 GHz Cortex-X2

3 x 2.50 GHz Cortex-A710

4 x 1.80 GHz Cortex-A510

  • GPU Adreno 730

Sedangkan, untuk RAM dan memori internal (ROM) hadir dalam dua varian, yaitu:

  • 8GB/128GB
  • 12GB/256GB

Untuk di Indonesia, varian RAM/ROM yang tersedia yaitu 12GB/256GB. Sedangkan, untuk sistem operasinya, POCO F4 GT menjalankan OS Android 12, MIUI 13.

3. Layar AMOLED DisplayMate A+ 6.67”

POCO F4 GT memiliki layar AMOLED DisplayMate A= berukuran 6,67 inci, dengan 1 miliar warna, dan refresh rate 120Hz. Layar HDR10+ ini memiliki tingkat kecerahan maksimal 800 nits. 

Sementara, untuk rasio layar-ke-bodi 86,2%. Sedangkan, resolusi layarnya yaitu 1080 x 2400 pixels, rasio 20:9, dan kerapatan pixels ~395 ppi.

Layar ponsel ini dirancang khusus untuk bermain game, dengan warna yang akurat, serta menawarkan kecerahan dan desain optimal. 

4. Kamera Utama 64MP dengan Sony IMX686

Untuk kameranya, POCO F4 GT memiliki kamera utama triple camera. Ketiga kamera tersebut yaitu:

  • Kamera sensor wide 64 MP, f/1.9, 26mm, 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
  • Kamera sensor ultrawide 8 MP, f/2.2, 120˚
  • Kamera sensor makro 2 MP, f/2.4

Kamera belakang tersebut dilengkapi dengan fitur dual-LED flash, HDR, panorama. Kamera belakang juga dapat merekam video [email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps, [email protected], dan HDR.

Sedangkan, di depan, terdapat selfie camera, yaitu:

  • Kamera sensor wide 20 MP, f/2.4, 1/2.0″, 0.8µm

Kamera depan tersebut dilengkapi dengan fitur HDR. Selain itu, kamera depan dapat merekam video [email protected]/60fps, [email protected], dan HDR.

5. Baterai 4700mAh Smart 120W HyperCharge

POCO F4 GT memiliki baterai Li-Po berkapasitas 4700mAh non-removable. Baterainya mendukung teknologi Smart HyperCharge 120W, dengan pompa pengisian daya ganda, baterai sel ganda, dan multi-tab winding.

6. Fitur Lain: NFC, Giroskop, Sensor Sidik Jari

Terdapat fitur lain, seperti IR Blaster atau inframerah. Selain itu, kabel pengisian daya berbentuk L 1,5m memudahkan charging sambil tetap bermain game. Fitur lainnya yaitu terdapat pop-up trigger di bagian samping untuk beralih ke mode game dengan sekali geser.

Sementara, di frame kamera belakang, terdapat lampu gaming RGB “faktor-X”. Lampu ini akan menyala saat ada panggilan masuk, pesan, mengisi daya baterai, dan dalam mode turbo game.

Di samping itu, POCO F4 GT memiliki 3 mic dengan mikrofon game khusus di bagian samping. Jadi, suara gamer tidak akan terhalang meskipun smartphone dipegang pada mode lanskap.

Sedangkan, fitur lainnya yaitu terdapat 4 speakers, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2, GPS, NFC, USB Type-C 2.0 dan OTG (On-The-Go). Tersedia juga sensor sidik jari di samping, accelerometer, giroskop, kompas, dan spektrum warna.

Harga POCO F4 GT

POCO F4 GT menawarkan spesifikasi premium untuk gaming. Smartphone flagship ini hadir di tanah air dengan varian RAM 12GB/256GB. Berikut harga POCO F4 GT:

  • POCO F4 GT – 12GB/256GB – Rp8,9 jutaan

Kelebihan POCO F4 GT

POCO F4 GT memiliki berbagai kelebihan untuk gaming, di antaranya:

1. Desain Keren Eksklusif untuk Gaming

POCO F4 GT mengusung konsep desain The Ultimate Power Design. Bodinya bergaya metalik, dan di bagian belakang terdapat lampu flash berbentuk petir, di sebelah frame kamera. Selain itu, terdapat tekstur unik yang membentuk simbol “X” di bagian belakang samping ponsel ini.

2. Layar 6,67 inci AMOLED Full HD+ 120Hz

POCO F4 GT menghadirkan layar AMOLED 6.67” Full HD+ 120Hz dengan Gorilla Glass Victus. Layar ponsel ini pun memiliki touch sampling rate hingga 480Hz yang merespons setiap sentuhan dengan sensitivitas lebih tinggi. Pengguna tidak akan melewatkan setiap gerakan.

3. Prosesor Gahar Snapdragon 8 Gen 1 

POCO F4 GT menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 dengan performa sangat lancar. CPU menggunakan Core unggulan Cortex-X2 dengan kecepatan mencapai 3.0GHz. Performa CPU meningkat hingga 20%. 

Untuk GPU Adreno meningkatkan kecepatan rendering grafis 50% dan efisiensi daya 20%. Sementara, Qualcomm AI Engine Generasi ke-7 meningkatkan performa AI hingga 400%.

4. RAM dan ROM 12GB/256GB Melesat Cepat

RAM dan ROM super cepat menjadikan performa melesat dan mulus, cocok untuk hiburan dan penggunaan sehari-hari. POCO F4 GT dapat memuat game dengan memori besar dengan sangat cepat. 

Perbandingan skor AnTuTu POCO F4 GT dengan POCO F3 GT juga menunjukkan kecepatan lebih tinggi pada POCO F4 GT. Akses ROM lebih cepat 116% dan akses RAM lebih cepat 94%.

5. Charger Besar 120W untuk Baterai 4700mAh

POCO F4 GT menggunakan power dari baterai besar 4700mAh. Selain itu, terdapat teknologi Smart HyperCharge, dalam 10 menit, bisa mengisi daya baterai 68%. Sedangkan, mengisi baterai dari 0% ke 100%, diperlukan waktu sekitar 21 menit saja.

Kekurangan POCO F4 GT

POCO F4 GT juga memiliki kekurangan untuk diperhatikan, seperti berikut:

1. Bodi Smartphone Tidak Tahan Air dan Debu

POCO F4 GT memang memiliki bodi keren yang terasa smartphone gaming banget. Bodinya juga lebih tebal dan mantap digenggam, apalagi saat bermain game. Namun, ponsel ini tidak tahan percikan air dan debu, seperti halnya smartphone flagship pada umumnya.

2. Tidak Mendukung Wireless Charging

Ada kalanya pengguna perlu mengisi daya baterai ponsel tanpa menggunakan kabel. Namun, POCO F4 GT tidak mendukung pengisian daya baterai tanpa kabel atau wireless charging. Jadi, tetap perlu membawa charger kabel ke mana-mana, mungkin akan terasa sedikit ribet.

3. Menurunkan Performa Game untuk Menjaga Suhu

POCO F4 GT terlalu hati-hati dalam menjaga suhu ponsel agar tetap dingin. Oleh karena itu, smartphone ini membatasi frame rate agar ponsel tidak panas. Seperti misalnya, saat bermain Genshin Impact, frame rate berada di angka 30Hz-45Hz, membuat pengalaman gaming kurang optimal.

4. Tangkapan Kamera Kurang Bagus Saat Cahaya Minim

Kualitas foto menurun saat ponsel digunakan untuk memotret dalam pencahayaan minim atau low light. Detail berkurang, serta tangkapan gambar cenderung mudah goyang, sehingga tangan harus stabil saat memegang ponsel. Hal tersebut juga dikarenakan tidak ada OIS pada kamera POCO F4 GT.

5. Tidak Ada Slot MicroSD untuk Memori Eksternal

Di POCO F4 GT, tidak tersedia slot untuk kartu microSD memori eksternal. Jadi, smartphone ini tidak dapat ditambah ekspansi memorinya dan hanya mengandalkan memori internal. Menjadi nilai minus, tapi untungnya, ruang penyimpanan ponsel ini sudah cukup besar, yaitu 256GB.

Tentu saja, POCO F4 GT merupakan smartphone yang cocok untuk gamers. Namun, non-gamer yang menyukai ponsel dengan bodi kokoh, desain keren, dan spesifikasi tingkat tinggi, juga boleh memilih smartphone flagship ini.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar