OPPO Reno8 Z: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7OPPO tak henti-hentinya menciptakan ponsel menarik dari tahun ke tahun dan di 2022 kemarin, brand asal China itu merilis OPPO Reno8 Z, ponsel mid-range dengan kamera yang estetik. Tidak hanya bisa mengambil gambar berkualitas tinggi, kamera belakang Reno8 Z juga dilengkapi dengan hiasan lingkaran menyala sehingga tampak premium sekaligus futuristik.

Selain kamera belakang yang lain daripada yang lain, OPPO Reno8 Z juga memiliki spesifikasi terbaik di kelasnya lengkap dengan dukungan konektivitas 5G. Untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi, harga dan kekurangan serta kelebihan dari Reno8 Z, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 Z

1. Chipset

Sebagai ponsel mid-range mumpuni, OPPO Reno8 Z jelas memiliki performa yang tidak main-main. Ponsel ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 695 5G dengan CPU octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver) dan GPU Adreno 619. Sesuai namanya, chipset dengan fabrikasi 6nm itu telah mendukung konektivitas 5G dengan jaringan Sub-6 + mmWave dan kecepatan unduh hingga 2,5 Gbps.

2. Memori

Bersama dengan chipset mumpuni yang telah mendukung 5G, OPPO Reno8 Z juga dibekali dengan RAM dan penyimpanan yang besar. Ponsel yang satu ini mengemas RAM 8GB dan penyimpanan berbasis UFS 2.2 yang tersedia dalam dua opsi kapasitas yaitu 128GB dan 256GB. Jika RAM 8GB dan penyimpanan 256GB masih kurang, Reno8 Z menyediakan fitur tambah RAM hingga 5GB dan ekspansi penyimpanan via kartu microSD hingga 1TB.

3. Baterai

Selanjutnya adalah baterai, yang juga jadi salah satu nilai jual utama OPPO Reno8 Z. Bersama dengan baterai 4,500mAh yang bisa bertahan seharian, Reno8 Z juga dilengkapi dengan fitur fast-charging 33W. OPPO mengklaim jika teknologi fast-charging yang mereka sebut SUPERVOOC itu bisa mengisi daya Reno8 Z dari 0-32% dalam waktu 15 menit atau 0-100% dalam waktu 63 menit saja.

4. Desain

OPPO Reno8 Z dirancang sedemikian rupa agar bisa menjadi salah satu ponsel paling ramping dan ringan di pasaran saat ini. Faktanya, ponsel dengan bodi belakang berlapis kaca ini hanya memiliki ketebalan 7,66mm dan berat 181g. Tidak hanya itu, bagian modul kamera belakang ponsel ini juga sangat menarik karena dilengkapi dengan aksen lingkaran cahaya bernama Dual Orbit Lights sehingga terlihat lebih keren dan elegan.

5. Layar

Untungnya, desain istimewa yang diusung OPPO Reno8 Z dibarengi dengan layar yang istimewa juga. Dengan ukuran 6,43 inci, layar Reno8 Z memiliki resolusi FHD+ yang tajam dan panel AMOLED yang dikenal punya akurasi warna yang baik. Layar ponsel ini memang tidak diproteksi oleh Gorilla Glass, namun telah dilapisi oleh Schott Xensation Up yang tak kalah tangguh dalam memberikan proteksi terhadap benturan maupun goresan.

6. Kamera

Jika ditotal, OPPO Reno8 Z memiliki empat kamera dengan tiga di belakang dan satu di depan. Tiga kamera belakang ponsel ini terdiri dari kamera utama 64MP, macro 2MP dan depth 2MP, sementara untuk kamera depan berkekuatan 16MP dan terletak di punch-hole di pojok kiri atas. Secara kualitas, kamera Reno8 Z jelas bisa menghasilkan foto dengan detail luar biasa dan warna yang akurat.

Harga OPPO Reno8 Z

Melalui situs resmi OPPO, OPPO Reno8 Z dibanderol di harga Rp5,9 jutaan untuk varian 8GB dan 256GB. Harga yang dipatok memang terbilang tinggi, namun sebanding dengan apa yang ditawarkan, mulai dari desain, spesifikasi hingga kualitas kamera. Bagi yang tertarik, Reno8 Z tersedia dalam dua varian warna elegan yaitu Starlight Black dan Dawnlight Gold.

5 Kelebihan OPPO Reno8 Z

1. Dual Orbit Lights yang keren

Salah satu bagian paling menarik dari OPPO Reno8 Z adalah kameranya. Bukan hanya kaya akan fitur menarik, tapi juga memiliki desain yang unik. Kamera belakang Reno8 Z mengadopsi Dual Orbit Lights yang dapat menyala sehingga tampak keren. Bukan tanpa fungsi, lampu RGB tersebut bisa digunakan untuk memberi tanda ketika ada notifikasi masuk atau ketika sedang mengisi daya.

2. Telah menggunakan sensor fingerprint dalam layar

Mengingat OPPO Reno8 Z telah menggunakan panel AMOLED, maka tidak mengherankan jika layarnya juga telah menggunakan sensor fingerprint dalam layar. Selain terlihat lebih canggih, sensor fingerprint dalam layar juga tawarkan responsivitas yang tak kalah cepat dari sensor fingerprint samping. Posisinya yang berada di layar, juga memudahkan pengguna untuk menjangkau ketika ingin membuka ponsel mereka.

3. Masih mempertahankan headphone jack

Disaat banyak ponsel terbaru mulai meninggalkan headphone jack, OPPO Reno8 Z untungnya masih mempertahankan port untuk headphone kabel itu. Dengan begitu, pengguna jadi tidak perlu bergantung pada headphone nirkabel atau menggunakan konverter. Selain headphone jack, Reno8 Z juga masih mempertahankan slot kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

4. Kamera yang kaya akan fitur menarik

Tidak hanya menarik dari sisi estetika, kamera OPPO Reno8 Z juga menarik dari sisi fitur. Kamera utama 64MP dari ponsel ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti 64MP AI Portrait Camera yang mampu hasil foto berkelas, Ultra-Clear 108MP Image untuk foto yang tetap jernih meski di-zoom, Flash Snapshot untuk mengambil gambar bergerak dengan kecepatan tinggi dan AI Portrait Retouching untuk sentuhan alami menggunakan AI.

5. Layar yang sempurna untuk menonton film

Selain punya ukuran yang ideal yaitu 6,4 inci, layar dari OPPO Reno8 Z juga telah mendapatkan beberapa sertifikasi seperti dari Netflix dan Amazon Prime Video untuk memutar konten dalam resolusi HD. Tidak hanya itu, layar Reno8 Z juga telah bersertifikat SGS yang artinya, memproduksi cahaya biru kurang dari 12,5% sehingga tetap bisa aman dan nyaman ketika digunakan dalam waktu lama.

5 Kekurangan OPPO Reno8 Z

1. Belum memiliki rating IP

Rating IP memang masih jadi fitur wajib di ponsel flagship, namun di beberapa ponsel mid-range terbaru, fitur yang memungkinkan ponsel untuk tahan air dan debu itu telah diusung. Sayangnya, OPPO Reno8 Z tidak termasuk kedalam ponsel yang telah memiliki rating IP. Maka dari itu, pengguna harus lebih berhati-hati ketika membawa ponsel ini di tempat yang berair atau banyak debu.

2. Refresh rate layar mentok di 60Hz

Terlepas dari fakta bahwa layar OPPO Reno8 Z telah menggunakan panel AMOLED dan beresolusi FHD+, sangat disayangkan ketika tahu bahwa layar ponsel ini belum mendukung refresh rate tinggi alias masih mentok di 60Hz. Padahal, hampir semua ponsel dengan harga 6 jutaan diluar sana telah dibekali dengan layar yang telah mendukung refresh rate tinggi mulai dari 90Hz hingga 120Hz.

3. Kamera belum mendukung OIS

Perekaman video tampaknya tidak jadi fokus yang dibawa OPPO di OPPO Reno8 Z di mana kamera ponsel ini belum mendukung OIS. Bagi yang tidak tahu, OIS merupakan singkatan dari Optical Image Stabilization yang berfungsi untuk menstabilkan proses pengambil foto maupun perekaman video. Fitur ini dibuat guna menghilangkan efek goyang atau bergetar ketika merekam video maupun mengambil foto.

4. Chipset yang tidak sebanding dengan harganya

Qualcomm Snapdragon 695 5G memang punya performa yang baik dan telah mendukung konektivitas 5G, namun faktanya, chipset kelas mid-range itu tidak seharusnya digunakan di OPPO Reno8 Z. Sebab, Snapdragon 695 5G merupakan chipset yang umumnya ada di ponsel harga 3-4 jutaan sehingga keberadaannya di ponsel dengan harga 6 jutaan terasa tidak sebanding atau sesuai.

5. Tak jauh beda dari pendahulunya

Bagi mereka yang tidak mengikuti perkembangan industri ponsel pasti tidak mengetahui jika OPPO Reno8 Z tidak jauh berbeda atau bahkan cenderung mirip dengan pendahulunya yaitu Reno7 Z. Hampir tidak ada perbedaan diantaranya keduanya, termasuk di bagian chipset, kamera, desain dan juga baterai. Karenanya, tidak mengherankan jika banyak yang menilai jika Reno8 Z merupakan Reno7 Z yang didaur ulang.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika OPPO Reno8 Z merupakan ponsel yang elegan dan istimewa. Meski dipasarkan sebagai ponsel mid-range, desain dan tambahan fitur estetika seperti Dual Orbit Lights menambah kesan flagship terhadap ponsel yang satu ini. Kendati demikian, ponsel ini tidak direkomendasikan untuk dibeli oleh mereka yang telah memiliki Reno7 Z mengingat minimnya perbedaan atau peningkatan yang ditawarkan.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar