OPPO Reno7 Z 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7OPPO resmi meluncurkan OPPO Reno7 Z 5G pada awal Maret 2022. Smartphone ini hadir menawarkan desain retro yang trendi, chipset Snapdragon 695 5G, dan kamera utama 64MP. Selain desain yang menjadi unggulannya, ponsel ini juga memiliki RAM besar 8GB+5GB.

Meluncur dengan harga Rp6 jutaan, seperti apa spesifikasi di smartphone OPPO ini? Mari kita simak ulasan selengkapnya.

Spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G menghadirkan smartphone dengan tagline “Unlimited Me, in Portrait”. Ada fitur unggulan seperti Bokeh Flair Portrait dan Dual Orbit Lights untuk lampu notifikasi. Tak lupa smartphone ini didesain dengan gaya stylish dan warna yang dinamis. Berikut spesifikasi lengkapnya:

1. Desain Trendi, Tipis dan Bergaya Retro

OPPO Reno7 Z 5G menerapkan OPPO Glow Design dengan tampilan menonjol warna-warni berkilauan. Ada pilihan warna Rainbow dan Black, dengan nama Spektrum Pelangi dan Hitam Kosmik.

Sementara, dimensi ponsel ini 159.9 x 73.2 x 7.5 mm, dan beratnya 173g. Jadi bodinya setipis 7.5mm, tipis serta ringan, meskipun model smartphone ini datar di bagian tepi, sehingga berbentuk seperti kotak.

Selain itu, di belakang, terdapat dua frame kamera yang berbentuk bulat dengan dilengkapi Dual Orbit Lights. Ini adalah lampu RGB yang menyala saat ada notifikasi masuk dan ponsel sedang di-charge.

2. Chipset Qualcomm Snapdragon™ 695

OPPO Reno7 Z 5G menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon™ 695 yang mendukung jaringan 5G. Sementara, kecepatan inti CPU yaitu Octa-core, 8 core hingga 2.2GHz. Berikut kedelapan inti CPU ponsel ini:

  • 2 x 2.2 GHz Kryo 660 Gold 
  • 6 x 1.7 GHz Kryo 660 Silver

Prosesornya bekerja dengan GPU Adreno 619. Sementara, untuk pilihan RAM ada satu varian, yaitu 8GB / 128GB. Tersedia juga slot untuk kartu microSD. Sedangkan, untuk sistem operasinya, smartphone ini mendukung OS Android 12, ColorOS 12.

3. Layar 6.43” FHD+ Refresh Rate 60Hz

OPPO Reno7 Z 5G memiliki layar berukuran 6,43 inci FHD+ dengan refresh rate 60Hz. Layarnya AMOLED dengan kecerahan 430 nits hingga 600 nits. Untuk rasio layar-ke-bodi yaitu 85,3%. Layarnya beresolusi 1080 x 2400 pixels, dengan kerapatan pixels ~409 ppi.

4. Kamera Utama 64MP, Kamera Depan 16MP

OPPO Reno7 Z 5G memiliki kamera utama triple camera yang berada di bagian belakang. Tiga kamera utama tersebut yaitu:

  • Sensor wide 64 MP, f/1.7, 26mm, PDAF
  • Sensor makro 2 MP, f/2.4
  • Sensor depth 2 MP, f/2.4

Kamera belakang memiliki fitur LED flash, HDR, panorama. Kamera belakang ini juga dapat merekam video [email protected]

Sementara, kamera depan yaitu selfie camera sensor wide 16 MP, f/2.4, 27mm, 1.0µm. Kamera depannya memiliki fitur HDR dan panorama, serta dapat merekam video [email protected]

5. Baterai 4500mAh dengan Pengisian Cepat

Untuk kinerja maksimal, OPPO Reno7 Z 5G menggunakan baterai Li-Po 4500mAh non-removable. Baterai ini mendukung fitur SuperVOOC Charge yang bisa mengisi daya 56% dalam waktu 30 menit. Sedangkan, mengisi daya 100% memerlukan waktu 1 jam 5 menit.

6. Fitur: Sidik Jari, Giroskop, NFC

Untuk konektivitas, OPPO Reno7 Z 5G menghadirkan fitur WLAN Wi-Fi dan tethering Wi-Fi. Tersedia juga fitur lainnya, yaitu Bluetooth v5.1, USB Tipe-C, 3.5mm jack earphone, dan NFC.

Sementara, untuk sensor pada ponsel ini, tersedia sensor geomagnetik, sensor jarak, sensor optik, akselerometer, sensor gravitasi, giroskop, dan pedometer. Pedometer adalah sensor untuk mengukur jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki.

Harga OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G menawarkan harga berdasarkan RAM dan memori internalnya, yaitu:

  • OPPO Reno7 Z 5G – 8GB/256GB – Rp6 jutaan

Kelebihan OPPO Reno7 Z 5G

1. Tampilan Keren dari “Trendy Retro Design”

Bodi belakang sangat halus serta tidak meninggalkan bekas sidik jari, juga pas di genggaman. Ring kamera belakang juga dilengkapi Orbit Light.

Orbit Light adalah lampu pada frame kamera yang dapat menyala saat ada notifikasi dan sedang nge-charge. Selain itu, bodi ponsel juga tipis serta ringan. Tak lupa ponsel ini memiliki desain berkonsep retro yang terlihat stylish.

2. Menggunakan Chipset Snapdragon 695, Sudah 5G

OPPO Reno7 Z 5G menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G SoC, yang memberikan performa cepat optimal. Chipset ini sangat menarik, terutama karena kecepatannya dalam meningkatkan performa smartphone.

Chipset ini sangat kuat, dan benar-benar mengoptimalkan performa OPPO Reno7 Z 5G. Berkat performanya, pengguna dapat membuka aplikasi dengan cepat. Ditambah dengan fitur chipset yang mendukung 5G yang melesat secepat kilat.

3. RAM 8GB Bisa Ditambah Hingga 5GB Virtual RAM

Di dalam smartphone OPPO Reno7 Z 5G, tersedia ruang untuk semuanya. Ada ROM 128GB yang dapat diperluas hingga 1TB dengan memori eksternal. Tidak perlu lagi menghapus file dan aplikasi untuk memperluas ruang penyimpanan.

Di samping itu, tersedia RAM 8GB dengan Ekspansi RAM cerdas yang dapat meminjam hingga 5GB dari ROM yang tidak digunakan. Dengan begitu, performa semakin mulus saat pengguna beralih dari satu aplikasi ke yang lainnya.

4. Performa Game Lancar dengan Frame Rate yang Baik

Termasuk untuk bermain game, smartphone ini memberikan performa yang dapat diandalkan. Seperti di antaranya, untuk MLBB, bisa diatur grafik ultra dengan frame rate tinggi. 

Sementara, untuk PUBG Mobile, setting rata-rata mencapai Smooth Ultra 40fps. Sedangkan, untuk Genshin Impact bisa menggunakan setting Medium, frame rate 30fps hingga 40fps, bisa turun ke 20fps di battle yang intens.

5. Fitur Bokeh Flare Portrait, Efek Mirip DSLR

Dari segi kamera, terdapat fitur Bokeh dengan efek seperti DSLR camera, yang membuat latar belakang foto jadi sangat blur. Di samping itu, tersedia fitur menarik lainnya yang dapat di-explore dari kamera OPPO Reno7 Z 5G.

Di sisi lain, hasil foto di luar ruangan sudah bagus, dengan detail terlihat tajam, serta memilki dynamic range yang baik. Sementara, dalam kondisi low light atau minim cahaya, seperti saat malam, detail dan ketajaman foto mungkin berkurang sedikit saja.

Kekurangan OPPO Reno7 Z 5G

1. Refresh Rate Layar Masih 60Hz

Untuk smartphone premium sekelas OPPO Reno7 Z 5G, layarnya masih menerapkan refresh rate 60Hz. Bahkan, smartphone ini menawarkan harga 6 jutaan. Sementara, smartphone lain di kelasnya banyak tersedia dengan harga 5 jutaan, dengan refresh rate 90Hz.

2. Kapasitas Baterai Masih 4500mAh

Sebenarnya daya baterai ini sudah besar, tapi dapat dikatakan masih tanggung. Saat ini, untuk smartphone kelas menengah ke atas, rata-rata sudah menggunakan baterai 5000mAh. Namun, OPPO Reno7 Z 5G masih beroperasi dengan baterai 4500mAh.

3. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Pada OPPO Reno7 Z 5G, tidak ada kamera ultrawide dan telephoto yang sebenarnya lebih banyak digunakan. Namun, yang ada yaitu kamera sensor makro dan depth yang sebenarnya kurang efektif untuk fotografi.

4. Rekaman Video Mentok di [email protected]

Sektor kamera pada OPPO Reno7 Z 5G terbilang biasa saja. Tersedia kamera utama 64MP wide, 2MP makro, dan 2MP depth. Kamera depannya 16MP wide. Khususnya, untuk perekaman video, kualitasnya [email protected] atau [email protected] Rekaman video mentok di [email protected] saja.

5. Memori Internal Hanya Sampai 128GB

Di dalam OPPO Reno7 Z 5G, memang terdapat slot kartu microSD, yang hanya bisa dipasang jika pengguna menggunakan satu SIM. Jika menggunakan dual SIM, maka microSD tidak dapat dipasang di slot tersebut, karena sudah terisi kartu SIM 1 dan SIM 2. 

Perlu untuk memastikan lagi, apakah memori 128GB sudah cukup untuk kebutuhan penyimpanan.

Jadi, OPPO Reno7 Z 5G paling unggul dari segi desain yang premium. Smartphone ini cocok untuk penggemar yang menyukai smartphone dengan gaya stylish dan mewah. Ditambah dengan adanya Orbit Light lampu RGB pada frame kameranya.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar