OPPO Reno8 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Di pertengahan 2022 kemarin, OPPO merilis ponsel baru yaitu OPPO Reno8 5G. Sesuai namanya, ponsel tersebut telah mendukung konektivitas 5G untuk koneksi lebih cepat dan stabil. Selain itu, ponsel kece tersebut juga membawa spesifikasi kelas atas, disamping kamera dengan kualitas unggulan.

Desain OPPO Reno8 5G juga dirancang seistimewa mungkin dengan beragam varian warna menarik sehingga pengguna bisa lebih percaya diri ketika membawanya bepergian. Bagi mereka yang tertarik dengan apa yang ditawarkan OPPO Reno8 5G, berikut ulasan mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi OPPO Reno8 5G

1. Chipset

OPPO Reno8 5G dipersenjatai oleh chipset garapan MediaTek yaitu Dimensity 1300. Chipset yang telah mendukung 5G itu menjadi salah satu chipset terbaik di kelas mid-range dan menggunakan fabrikasi 6nm sehingga lebih hemat daya. Untuk detail spesifikasi, Dimensity 1300 memiliki CPU octa-core (1×3.0 GHz Cortex-A78 & 3×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G77 MC9.

2. Memori

Tidak sendirian, Dimensity 1300 yang menjadi otak pemrosesan utama OPPO Reno8 5G juga ditemani oleh RAM 8GB dan dua opsi penyimpanan berbasis UFS 3.1 yaitu 128GB dan 256GB. Lewat fitur RAM Expansion, pengguna yang merasa jika RAM 8GB masih kurang, bisa menambah RAM hingga 5GB untuk total RAM mencapai 13GB. Sayangnya, penyimpanan internalnya tidak memiliki dukungan ekspansi sejenis.

3. Baterai

Baterai OPPO Reno8 5G terbilang sempurna karena selain memiliki kapasitas besar, juga telah dibekali dengan fitur fast-charging cepat. Reno8 5G membawa baterai 4,500mAh dengan fast-charging 80W. OPPO mengklaim jika fitur fast-charging SUPERVOOC itu memungkinkan Reno8 5G untuk bisa diisi dayanya sampai penuh dalam 28 menit saja. Jika mau, ada pula fitur reverse charging untuk isi daya ponsel lain.

4. Desain

Membawa desain yang disebut “Streamlined Unibody Design”, OPPO Reno8 5G hadir dengan desain bodi yang premium dan tampak mewah. Reno8 5G memang hanya menyediakan dua varian warna yaitu Shimmer Gold dan Shimmer Black, namun keduanya elegan lewat caranya sendiri. Selain elegan, bodi Reno8 5G juga tipis dan ringan dengan ketebalan 7,67mm dan bobot 179g saja.

5. Layar

Tak mau kalah dari desainnya, OPPO Reno8 5G juga menghadirkan layar yang tidak kalah premium. Layar 6,4 inci pada ponsel ini telah menggunakan panel AMOLED yang memungkinkannya untuk bisa memiliki sensor fingerprint dalam layar. Resolusi FHD+ yang notabene mampu tampilkan kualitas gambar yang tajam dan telah mendukung resolusi 90Hz serta proteksi Gorilla Glass 5.

6. Kamera

Nilai jual utama dari OPPO Reno8 5G ada pada kamera di mana kamera utama 50MP dan depan 32MP-nya menggunakan sensor dari Sony untuk bisa hasilkan gambar terbaik. Kamera utamanya telah mendukung perekaman di 4K 30fps dan kamera depannya telah dibekali dengan gyro-EIS untuk perekaman yang lebih stabil. Untuk kamera lain, terdapat kamera ultrawide 8MP dan macro 2MP di bagian belakang.

Harga OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G merupakan ponsel mid-range yang benar-benar maksimal dalam aspek spesifikasi maupun fitur, sehingga tidak heran jika banderol harganya cukup tinggi. Di situs resminya, OPPO membanderol Reno8 5G dengan harga Rp7,9 jutaan untuk varian 8GB/256GB. Belum menyentuh harga flagship memang, namun tergolong tinggi untuk ukuran ponsel mid-range. Jika tertarik, Reno8 5G bisa langsung dibeli di toko online maupun offline.

5 Kelebihan OPPO Reno8 5G

1. Kamera utama dan depan menggunakan sensor Sony

OPPO Reno8 5G sangatlah menarik karena kamera utama dan depannya menggunakan sensor Sony, masing-masing IMX766 dan IMX709. Dengan sensor lebih besar 28% dan lebih ringan 64,36%, kamera utama Reno8 5G jadi bisa mengambil gambar di malam hari dengan lebih jelas dan berwarna. Untuk kamera depan, sensornya memiliki kemampuan 60% lebih banyak mengambil cahaya dan 35% pengurangan noise.

2. Usung desain kece dan premium

Streamlined Unibody Design merupakan desain yang digunakan OPPO pada OPPO Reno8 5G di mana desain tersebut dirancang untuk memberi kesan sepremium mungkin. Bodi Reno8 5G bahkan tahan sidik jari dan pada varian warna Shimmer Gold, bodi belakangnya bisa menghasilkan efek berubah. Tidak hanya itu, tombol power pada ponsel ini juga mendapat aksen garis berwarna hijau yang makin menambah kesan kece yang dimilikinya.

3. Miliki fitur fast-charging yang cepat

Kapasitas baterai 4,500mAh yang dibawa oleh OPPO Reno8 5G mungkin bukan yang terbesar, namun fitur fast-charging yang diusungnya jadi salah satu yang tercepat. Reno8 5G mendukung fitur fast-charging 80W untuk isi daya sampai 100% dalam waktu 28 menit saja. Disamping itu, OPPO juga mengklaim jika dengan mengisi daya selama 5 menit, Reno8 5G bisa langsung digunakan untuk bermain game hingga 2 jam.

4. Layar istimewa untuk gaming maupun menonton film

Layar milik OPPO Reno8 5G merupakan jenis layar yang memanjakan mata. Bagaimana tidak? layar 6,4 inci pada ponsel ini telah menggunakan panel AMOLED yang dikenal terbaik untuk urusan akurasi warna. Resolusi FHD+ dan refresh rate 90Hz juga semakin menyempurnakan kualitas yang dimiliki oleh layarnya. Terakhir, layar Reno8 5G juga telah dilapisi oleh Gorilla Glass 5 untuk proteksi ekstra terhadap benturan dan goresan.

5. Kaya akan fitur keren

Untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan, OPPO Reno8 5G menghadirkan banyak fitur-fitur keren. Beberapa diantaranya seperti Air Gestures untuk kontrol aplikasi tanpa harus menyentuh layar dan Multi-Screen Connect untuk menampilkan layar ponsel di PC. Tidak hanya itu, ada juga Omoji yang telah dilengkapi dengan pengenalan wajah otomatis, sehingga emoji 3D pengguna bisa terlihat lebih mirip

5 Kekurangan OPPO Reno8 5G

1. Minus rating IP

Salah satu yang paling mengejutkan dari OPPO Reno8 5G adalah fakta bahwa durabilitas ponsel ini masih sangat kurang. Sebagai ponsel dengan harga yang cukup mahal, Reno8 5G ternyata masih belum memiliki rating IP. Absennya rating yang memungkinkan ponsel untuk tahan air dan debu itu tentu sangat mengecewakan, mengingat banyak ponsel di pasaran saat ini yang punya harga lebih rendah, telah memiliki rating IP.

2. Bodi belakang belum berlapis kaca

Selanjutnya adalah kekurangan yang sama seperti rating IP, terasa tidak sebanding untuk tidak disertakan mengingat banderol harga tinggi yang dimiliki OPPO Reno8 5G. Terlepas dari fakta bahwa desainnya punya penampilan yang premium, bodi belakang Reno8 5G belum berlapis kaca alias masih plastik. Seperti halnya rating IP, ada banyak ponsel dengan harga lebih terjangkau, telah menggunakan bodi belakang berlapis kaca.

3. Chipset kurang mumpuni untuk harganya

MediaTek Dimensity 1300 memang telah mendukung 5G dan memiliki performa yang hebat, namun belum begitu hebat jika dilihat dari banderol harga OPPO Reno8 5G. Reno8 5G punya skor AnTuTu 619,610 yang memang tinggi namun untuk harga 8 jutaan atau bahkan dibawahnya, ada banyak ponsel yang punya skor AnTutu lebih tinggi. Beberapa diantaranya seperti POCO F4 dengan 698,076 poin dan Xiaomi 11T dengan 628,505 poin.

4. Tidak ada headphone jack

OPPO Reno8 5G termasuk kedalam jenis ponsel mid-range namun dengan karakteristik flagship. Tidak hanya karena spesifikasinya, ponsel ini juga meniadakan headphone jack seperti halnya ponsel flagship. Absennya headphone jack membuat pengguna harus beralih ke headphone wireless atau jika ingin lebih sederhana, menggunakan konverter tambahan yang terhubung ke port USB-C.

5. Layar masih 90Hz

Tidak dapat disangkal jika layar OPPO Reno8 5G memiliki kualitas yang istimewa sehingga cocok untuk digunakan menonton film maupun bermain game. Namun, layar istimewa itu tidak sempurna karena refresh rate yang terbilang kurang. Alih-alih 120Hz, layar Reno8 5G hanya mendukung refresh rate 90Hz. Untuk harga yang dipatok, refresh rate 90Hz tentu sangat rendah dan terasa tidak sebanding.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika OPPO Reno8 5G merupakan ponsel mid-range premium yang direkomendasikan untuk dipinang. Kamera utama dan depan dari ponsel ini sempurna sehingga cocok untuk pengguna yang hobi fotografi. Kekurangan dari ponsel ini mungkin hanyalah untuk harga yang dibanderol, Reno8 5G tidak menyertakan fitur yang seharusnya telah ada di rentang harga tersebut.  

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar