OPPO A76: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Awal Februari 2022, Oppo merilis seri A76 di Indonesia. Ponsel ini menambah persaingan ponsel kelas menengah dengan baterai besar yang dilengkapi fitur fast charging. Vivo A76 didukung dengan baterai 5000 mAh dengan fitur SuperVOOC 33 watt. Fitur yang sama untuk jajaran smartphone Oppo Find series. Lewat fitur tersebut, OPPO A76 bisa melakukan pengisian penuh hanya dalam kurun waktu sekitar 1 jam.

Spesifikasi OPPO A76

Oppo A76 tidak hanya dilengkapi dengan daya baterai besar tapi juga spek mumpuni. Salah satunya adalah penggunaan chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 5g (6nm) yang menawarkan clock speed hingga 2,4 GHz. 

Desain 

Di bagian tampilan, Oppo A76 punya tampilan yang stylish. Oppo menawarkan 2 pilihan warna, yaitu Glowing Blue dan Glowing Black. Glowing Blue menawarkan desain yang lebih cheerful dan stylish sedangkan Glowing Black memberikan kesan yang lebih chic dan klasik. 

Oppo mengadaptasi teknologi Oppo Glow yang membuat bagian belakang ponsel terlindungi dari sidik jari dan goresan. Untuk perlindungan, ponsel ini juga terlindungi dari debu dan percikan air. 

Di bagian dimensi, Oppo A76 memiliki ukuran 164,4 x 75.7 x 8,4 mm dengan berat 189 gr. Cukup tipis dan ringan jika mengingat ponsel ini punya baterai yang besar. 

Untuk SIM, Oppo menyematkan Dual SIM yang memungkinkan pengguna menggunakan 2 SIM nano plus 1 memori eksternal hingga 1TB. 

Chipset 

Oppo A76 menggunakan OS Android 11, ColorOS 11.1. Penggunaan OS ini membuat performa Oppo A76 menjadi lebih optimal, tidak hanya untuk tampilan, tapi juga daya tahan baterai. 

Di bagian chipset, Oppo A76 menggunakan Qualcomm SM62225 Snapdragon 680 4G (6nm). Untuk CPU, ponsel Oppo ini menggunakan Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver). Sedangkan bagian kartu grafisnya, Oppo menyematkan Adreno 610. 

Penggunaan processor tersebut membuat Oppo A76 memiliki performa yang mumpuni. Tidak hanya itu, dengan clock speed hingga 2,4 GHz, ponsel ini cocok untuk multitasking. Sayangnya, seri A76 hanya bisa digunakan untuk bermain game dengan grafis yang tidak terlalu berat.

Di bagian RAM, Oppo A76 menggunakan RAM 6GB yang bisa ditambah hingga 5GB. Sedangkan untuk memori internal, ponsel ini memiliki space 128GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 1TB. Cukup besar untuk menyimpan berbagai macam file di ponsel. 

Layar

Di bagian layar, Oppo A76 menggunakan layar IPS LCD HD+ 90Hz. Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nits membuat ponsel ini cukup nyaman digunakan di dalam atau luar ruangan saat siang hari. 

Kenyamanan semakin terasa karena Oppo A76 memiliki refresh rate 90 Hz yang membuat ponsel ini punya respons yang bagus. 

Kamera

Di bagian kamera, Oppo A76 menggunakan dual camera 13MP (wide) dan 2MP (depth). Sedangkan untuk kamera depan, Oppo menyematkan kamera 8MP (wide).

Kamera ponsel mid-range ini dilengkapi dengan teknologi seperti 360o fill light agar gambar tetap tajam walaupun diambil di tempat minim cahaya. Tidak hanya itu, Oppo A76 juga memiliki teknologi AI Natural Retouching, Backlit HDR Portrait. Jadi, pengguna bisa mendapatkan output yang natural dan bokeh. 

Sayangnya, baik kamera depan dan belakang belum dilengkapi dengan stabilizer dan hanya mampu merekam hingga resolusi [email protected] 

Baterai 

Baterai menjadi bagian yang paling ditonjolkan di seri A76. Oppo menggunakan baterai 5000 mAh yang dilengkapi dengan fast charging SuperVOOC 33 watt. Dengan fitur tersebut, pengguna hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk mendapatkan hasil daya sebesar 55%. 

Seri A76 memiliki baterai yang cukup awet. Untuk streaming YouTube dengan resolusi 1080p selama 1 jam, daya baterai hanya berkurang sebesar 7% saja. Hal ini tak lepas dari penggunaan fabrikasi 6nm dari chipset yang digunakan. Tidak hanya itu, layar HD+ juga memiliki peran yang membuat Oppo A76 menjadi lebih hemat daya. 

Fitur tambahan

Untuk fitur tambahan, Oppo A76 dilengkapi dengan game focus, quick return bubble. Fitur game fokus memungkinkan pengguna untuk tetap bisa fokus saat bermain gim. Sedangkan quick return bubble membuat pengguna bisa lebih cepat kembali ke aplikasi sebelumnya. 

Di bagian keamanan, ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint dengan respons yang cukup cepat. 

Harga OPPO A76

Di Indonesia, Oppo A76 memiliki harga sekitar Rp3.399.000. Harga tersebut sama untuk varian Glowing Blue ataupun Glowing Black baik di toko resmi, e-commerce atau toko offline

Kelebihan OPPO A76

1. Memiliki desain yang stylish

Oppo A76 memiliki desain yang stylish. Desain Glowing Blue dan Glowing Black membuat Oppo A76 memberikan kesan yang mewah. Belum lagi, penggunaan Oppo Glow membuat bagian belakang ponsel tetap glowing dan terlindung dari goresan dan bekas sidik jari. 

Tidak hanya itu, desain yang tipis dan enteng membuat Oppo A76 nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama. Ketahanan terhadap debu dan percikan air juga menjadi sisi plus di bagian desain Oppo A76. 

2. Refresh rate 90Hz

Sebagai ponsel mid-range, Oppo A76 sudah dilengkapi dengan refresh rate 90Hz. Penggunaan refresh rate ini membuat seri A76 menjadi lebih responsif dan mulus. 

Oppo A76 juga dilengkapi dengan touch sampling rate sebesar 180 Hz. Cukup tinggi sehingga membuat pengguna lebih nyaman saat scrolling, multitasking hingga gaming. 

Di bagian layar, seri A76 memiliki gamut warna 96% NTSC atau 100% DCI-P3. Karena itu, ponsel ini bisa memberikan warna yang natural dan tajam. 

3. Chipset dengan clock speed hingga 2,4GHz

Oppo menggunakan Qualcomm SM62225 Snapdragon 680 4G (6nm) Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver). Penggunaan chipset tersebut membuat ponsel ini memiliki clock speed hingga 2.4 Ghz sehingga cocok untuk aktivitas yang cukup berat. Misalnya untuk multitasking

Fabrikasi 6nm membuat Oppo A76 bisa menghemat daya lebih baik sehingga cocok untuk pengguna yang sering menggunakan ponsel. 

4. RAM besar hingga 11GB

Oppo A76 memiliki RAM yang cukup besar, yaitu 6GB. Besar RAM tersebut bisa ditambah dengan fitur extended RAM hingga 5GB. Sehingga pengguna bisa memanfaatkan RAM hingga 11GB. 

Di bagian memori internal 128GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal dengan kapasitas hingga 1TB. Cukup besar untuk menyimpan banyak file

5. Baterai besar yang hemat daya

Di kelas ponsel Rp3 jutaan, besar baterai 5000 mAh sudah umum. Oppo A76 tidak hanya memiliki daya baterai yang besar tapi juga fast charging dan hemat daya.

Oppo menyematkan fitur SuperVOOC 33W yang membuat pengguna hanya perlu waktu sekitar 1 jam untuk full charging. Kemampuan hemat daya diperoleh dari penggunaan fabrikasi chipset 6nm hingga layar HD+. Dengan kemampuan hemat daya tersebut, ponsel ini hanya berkurang sekitar 7% untuk streaming video YouTube 1080p selama 1 jam. 

Kekurangan OPPO A76

1. Penggunaan mono speaker

Oppo A76 memang masih dilengkapi dengan jack audio. Sayangnya, ponsel dari Oppo ini masih menggunakan mono speaker yang membuat suara terdengar kurang optimal, terutama untuk streaming

2. Belum full HD+

Seri A76 memang sudah memiliki refresh rate 90Hz. Akan tetapi, ponsel ini masih menggunakan layar HD+. Cukup disayangkan mengingat sudah banyak ponsel Rp3 jutaan yang menggunakan layar full HD+. 

3. Tidak ada stabilizer dan ultra wide.

Oppo Seri A76 kurang cocok untuk pengguna yang suka memotret. Ini karena ponsel A76 masih menggunakan dual camera (13MP dan 2MP) dan kamera depan 8MP. 

Absennya ultra wide camera membuat pengguna perlu berhati-hati mengambil gambar panorama atau landscape karena sudut pandang yang terbatas. 

Untuk hasilnya, cukup baik. Sayangnya, Oppo belum membekali A76 dengan stabilizer dan resolusi maksimal hanya [email protected] Jadi, pengguna terutama content creator akan kurang nyaman dengan hasil gambar yang shaky.

4. Belum dilengkapi dengan NFC

Oppo A76 belum dilengkapi dengan NFC. Padahal, kebutuhan pasar dan kebanyakan ponsel flagship sudah dilengkapi dengan NFC untuk kemudahan transaksi digital. 

5. Cocok untuk multitasking dan kebutuhan sehari-hari

Dengan baterai yang besar, fast charging dan hemat daya membuat Oppo A76 cocok untuk kebutuhan sehari-hari, multitasking dan yang punya mobilitas tinggi. Apalagi, ponsel ini memiliki RAM 6GB/128GB yang bisa ditambah hingga 5GB. Sayangnya, ponsel ini masih menggunakan mono speaker, layar HD+ dan belum adanya NFC untuk kemudahan transaksi digital.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar