OPPO A77s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Pada pertengahan Oktober 2022, Oppo resmi merilis ponsel untuk segmen kelas menengah, yaitu Oppo A77s. Ponsel dari Oppo ini merupakan penerus seri sebelumnya, yaitu A76 yang sudah rilis pada Februari 2022 lalu. Salah satu peningkatan yang bisa dilihat di Oppo A77s adalah penggunaan dual camera 50 MP dan 2 MP dengan hasil yang tajam dan jernih.

Spesifikasi OPPO A77s

Oppo A77s memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk smartphone kelas menengah dengan harga yang terjangkau. Mulai dari desainnya yang menawan nan elegan hingga baterai yang dilengkapi dengan fast charging

Desain 

2 pilihan warna, Starry Black dan Sunset Orange membuat Oppo A77s memberikan kesan klasik yang unik. Uniknya lagi, versi Starry Black dan Sunset Orange memiliki dimensi yang berbeda, tepatnya di bagian ketebalan dan bobot. 

Oppo A77s Starry Black memiliki dimensi 163,74 x 75,03 x 7,99 mm dengan bobot 187 gr. Sedangkan Oppo A77s Sunset Orange memiliki ukuran 163,74 x 75,03 x 8,04 dengan berat 190 gr. 

Oppo A77s memiliki desain yang terlihat minimalis tapi mewah dan mengadopsi desain Fiberglass Leather Design dari Oppo Reno 4 4G. Dengan desain tersebut, pada bagian belakang ponsel Oppo A77s, terlihat tekstur yang memiliki kulit dan Oppo mengklaim jika bagian ini bebas dari bekas sidik jari. 

Penggunaan Fiberglass Leather Design ini hanya bisa ditemukan untuk jenis Oppo A77s Sunset Orange. Sedangkan jenis Starry Black mengadopsi teknologi Oppo Glow. Hal ini membuat bagian punggung Oppo A77s Starry Black terlihat berkilau saat diterpa cahaya. 

Baik jenis Starry Black ataupun Sunset Glow, ponsel Oppo A77s sudah dilengkapi dengan IPX4 dan IPX5. Jadi, Oppo A77s lebih tahan debu dan percikan air. 

Chipset

Di bagian inti ponsel, Oppo A77s menggunakan sistem operasi Android 12, ColorOS 12.1. Dengan OS tersebut, seri Oppo ini tidak hanya nyaman untuk digunakan saat multitasking tapi juga punya sistem keamanan yang baik. Pengguna bisa mengatur tingkat keamanan dan privasi sesuai dengan yang diinginkan. 

Di bagian prosesor, Oppo menyematkan Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 (6nm) Octa-core (4×2,4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver). Dengan prosesor tersebut, Oppo mampu memberikan performa terbaiknya, baik untuk gaming dan aktivitas grafis yang berat seperti edit foto atau video.

Ponsel dari Oppo ini bahkan memiliki clock speed hingga 2,4 GHz. Dengan kecepatan ini, pengguna bisa menikmati pengalaman gaming yang nyaman. Apalagi, Oppo A77s juga sudah dilengkapi dengan Adreno 610 sebagai GPU-nya. 

Untuk bagian RAM 8GB RAM plus extended hingga 5GB. Sedangkan ROM atau penyimpanan internal sebesar 128 GB UFS 2.2 yang bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 1GB. Dengan spesifikasi tersebut, Oppo A77s menawarkan pengalaman gaming dan multitasking dengan lebih nyaman, tanpa takut lagging.

Layar

Oppo A77s menggunakan IPS LCD HD+ 6,56 inci dengan refresh rate 90 Hz. Ponsel ini memiliki tingkat kecerahan 480 nits dan 600 nits sehingga layar tetap terlihat jelas walaupun ada di luar ruangan dan saat siang hari. 

Refresh rate 90 Hz membuat Oppo A77s memberikan pengalaman visual yang smooth, baik saat gaming, browsing atau multitasking. Untuk menambah kenyamanan, Oppo menambahkan fitur All Day AI Eye Comfort yang diklaim bisa menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai kenyamanan pengguna. 

Kamera

Oppo A77s menggunakan dual camera, yaitu 50 MP (wide) dan 2 MP (depth). Kamera ini dillengkapi dengan Ultra Clear 108 Image yang mampu memberikan gambar dengan detail dan hasil yang tajam. Pengguna bahkan bisa mendapatkan hasil gambar bokeh dengan fitur bokeh flare portrait yang bisa membuat hasil jepretan menjadi lebih cantik. 

Di bagian depan, Oppo membekali seri A77s dengan kamera 8 MP (wide). Untuk hasil yang lebih cantik, Oppo A77s memiliki fitur Selfie HDR, portrait bokeh, dan AI Portrait Retouching. 

Untuk kemampuan merekam video, baik kamera depan ataupun belakang, memiliki resolusi video hingga 1080 pixel pada kecepatan 30 fps. 

Baterai 

Oppo membekali A77s dengan baterai Li-Po 5000 mAh non-removable dengan fast charging 33 watt Supervooc. Tidak hanya itu, Oppo A77s juga memiliki fitur Sleep Standby Optimization dan Optimized Night Charging. Dengan fitur tersebut, konsumsi daya bisa lebih hemat dan pengguna bisa melakukan charging dengan lebih aman saat malam hari. 

Keunggulan fast charging diimbangi dengan penggunaan fabrikasi 6nm pada chipset-nya. Hal ini membuat Oppo A77s memiliki tingkat efisiensi daya seperti ponsel flagship lainnya. 

Fitur tambahan

Oppo A77s menggunakan speaker stereo ultra linear yang dilengkapi dengan teknologi Dirac. Alhasil, pengguna akan mendapatkan suara yang ‘seimbang’ dan mengoptimalkan pengalaman Anda terutama saat mendengarkan musik, menonton video hingga gaming

Untuk mempermudah transfer data, Oppo menyematkan fitur OTG pada seri A77s. Fitur lainnya adalah fingerprint dan pengenal wajah untuk keamanan lebih optimal. 

Harga OPPO A77s

Oppo A77s termasuk smartphone kelas menengah. Karena itu, ponsel ini memiliki kisaran harga Rp3.499.000 baik di website resmi, e-commerce atau retail offline lainnya. Harga tersebut tetap sama untuk variasi warna Sunset Orange ataupun Starry Black. 

Kelebihan OPPO A77s

1. Desain minimalis dan premium

Oppo A77s menghadirkan desain yang tidak biasa. Walaupun terlihat sederhana, tapi Oppo punya desain tampilan yang stylish dan premium. Uniknya, masing-masing dari jenis Oppo A77s punya desain berbeda. 

Desain khas yang klasik seperti penggunaan kulit akan ditemukan di Oppo A77s Sunset Orange. Ini karena jenis Sunset Orange menggunakan Fiberglass Leather Design yang diadopsi dari Oppo Reno 4 4G. 

Sedangkan untuk Starry Black lebih memberikan kesan glamor karena mengadopsi teknologi Oppo Glow. hal ini membuat bagian punggung atau belakang ponsel terlihat berkilau ketika diterpa cahaya. 

2. Chipset tangguh yang mumpuni

Oppo menggunakan Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 (6nm) Octa-core (4×2,4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver) sebagai intinya. Chipset Snapdragon 680 yang menawarkan clock speed hingga 2,4 GHz memungkinkan pengguna menggunakan Oppo A77s untuk kebutuhan harian ataupun gaming. 

Di beberapa game seperti Subway Surfers, Oppo A77s masih belum menemui kendala yang berarti. Artinya, pengguna bisa bermain gim dengan lancar tanpa takut lagging

Untuk game berat seperti PUBG, Mobile Legends hingga Genshin Impact masih bisa berjalan cukup mulus tapi belum terlalu smooth. Walaupun begitu, pengguna tetap bisa menggunakan Oppo A77s untuk aktivitas grafis yang cukup berat seperti editing foto dan video. 

3. Refresh rate 90 Hz

Layar Oppo A77s memang masih HD+ akan tetapi, ponsel kelas menengah ini sudah memiliki refresh rate 90Hz. Alhasil, proses multitasking hingga gaming jadi lebih lancar. 

4. Baterai besar yang dilengkapi dengan fast charging

Oppo membekali A77s dengan baterai yang besar, yaitu Li-Po 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, pengguna bisa menikmati video playback hingga 22 jam. Bahkan, dengan adanya Sleep Standby Optimization untuk menghemat daya saat malam hari. Sangat awet.

Untuk mengisi daya, ada fitur fast charging 33 watt Supervooc yang bisa mengisi daya hingga 100% hanya dalam waktu 69 menit saja. Oppo A77s juga memiliki fitur Optimized Night Charging untuk charging yang lebih aman saat malam hari. 

5. Sertifikasi IPX4 dan IPX5

Di kelas menengah, Oppo A77s unggul karena memiliki sertifikasi IPX4 dan IPX5. Artinya, smartphone ini memiliki ketahanan terhadap percikan air dan debu. 

Masih jarang lho ponsel kelas menengah yang dilengkapi dengan IPX4 dan IPX5!

6. Stereo speaker yang membahana

Tidak banyak smartphone yang menggunakan stereo speaker dan Oppo A77s adalah pengecualiannya. Ponsel dari Oppo ini memiliki speaker yang ada di bawah dan atas sehingga pengguna bisa mendapatkan suara yang ‘seimbang’. 

Speaker Oppo A77s dilengkapi dengan fitur Ultra Volume Mode yang ketika aktif, pengguna akan mendapatkan suara lebih keras hingga 2x lipatnya. Tidak hanya itu, fitur Dirac 3.0 membantu mengurangi noise sehingga suara stereo lebih optimal dan nyaman didengar terutama saat sedang streaming

7. Kamera utama AI 50 MP

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, A76 yang keluar di awal tahun 2022, A77 punya kamera yang lebih mumpuni. Kamera AI 50 MP (wide) yang disokong dengan kamera 2 MP (depth) untuk mendapatkan bokeh yang cantik. Untuk hasil yang optimal dan tajam, Oppo A77s dilengkapi dengan ultra clear 108 MP image, bokeh flare portrait. 

Kekurangan OPPO A77s

1. Virtual gyro yang masih kurang untuk gaming

Oppo A77s memang belum dilengkapi dengan gyro tapi sebagai gantinya, Oppo menyematkan virtual gyro yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya, fitur ini belum cukup mumpuni untuk gaming berat seperti saat memainkan PUBG Mobile karena kurang responsif. 

2. Belum ada stabilizer video

Oppo memang menyematkan beberapa fitur di bagian kameranya seperti AI Portrait Retouching. Akan tetapi, di seri A77s belum ada fitur stabilizer untuk video, baik untuk kamera depan ataupun kamera belakang. Jadi, pengguna harus berhati-hati saat hendak merekam video agar hasilnya lebih smooth dan tidak terlalu banyak goncangan. 

Di bagian kamera depan, hasil gambarnya seperti kamera beauty sehingga di beberapa bagian justru terlihat kurang natural. Untuk videonya, Oppo A77s mentok di kualitas 1080p 30fps saja. 

Untuk ketajaman saat low light, justru kamera selfie yang mampu memberikan hasil yang lebih baik. Kamera belakang justru terlihat lebih soft dan kurang terlalu tajam. 

3. Belum adanya NFC

Oppo A77s memiliki fitur yang cukup komplit. Mulai dari fingerprint, virtual gyro hingga AI Portrait Retouching dan USB OTG untuk transfer data. Jika menilik data dari Oppo, A77s sudah dilengkapi dengan NFC. Sayangnya, kehadiran fitur NFC ini bisa jadi region-based dan sayangnya, di Indonesia, seri Oppo A77s belum dilengkapi dengan NFC. 

4. Masih dual camera

Oppo A77s memang sudah menggunakan kamera 50 MP sebagai kamera utamanya dan dilengkapi dengan kamera 2MP. Sayangnya, belum ada kamera ultra wide yang akan mempermudah pengguna untuk mendapatkan foto panorama dengan indah. 

Jika dibandingkan dengan Vivo Y35, Oppo A77s masih kalah. Vivo Y35 sudah dibekali dengan triple camera (50 MP, 2 MP dan 2 MP) sedangkan Oppo A77s masih dual camera. Sedangkan di bagian depan, Vivo Y35 unggul dengan kamera 16 MP dan Oppo A77s masih stuck dengan kamera 8 MP.

Untuk ponsel fotografi kelas menengah, tentu Vivo Y35 lebih unggul daripada Oppo A77s. Dengan harga sekitar 3 jutaan rupiah, Oppo A77s sudah dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni dan tampilan yang klasik nan elegan. Sayangnya, ada beberapa fitur region-based seperti NFC yang belum ada di Oppo A77s yang rilis di Indonesia. Karena itu, cek secara menyeluruh spesifikasi Oppo A77s yang akan dibeli agar sesuai dengan kebutuhan atau ekspektasi.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar