OPPO A57: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Ada banyak alasan mengapa ponsel garapan OPPO selalu memikat untuk dibeli. Salah satu diantaranya adalah untuk spesifikasi mumpuni dan desain ciamik yang diberikan, OPPO tidak membanderol harga ponsel mereka dengan begitu tinggi. Tahun lalu, OPPO bahkan merilis cukup banyak ponsel menarik dengan salah satu yang paling direkomendasikan adalah OPPO A57.

Ponsel dengan harga dibawah 3 juta ini jadi opsi menarik untuk mereka yang butuh ponsel istimewa, dengan desain terkini, baterai tahan lama dan durabilitas terbaik di kelasnya. Untuk info lebih jelas mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan OPPO A57, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi OPPO A57

1. Chipset

Yang pertama ada chipset di mana OPPO A57 ditenagai oleh chipset Helio G35 dari MediaTek. Chipset tersebut menggunakan fabrikasi 12nm dengan CPU octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320. Secara performa, chipset yang diusung A57 miliki kinerja yang pas-pasan kurang begitu sempurna untuk digunakan bermain game berat apalagi dengan pengaturan visual tinggi.

2. Memori

Beralih ke sektor memori di mana OPPO A57 menawarkan dua opsi RAM dan penyimpanan berbasis eMMC 5.1. Untuk RAM, A57 menyediakan opsi 3GB dan 4GB sementara penyimpanan, A57 menghadirkan opsi 64GB dan 128GB. Untungnya, RAM dari ponsel ini bisa diekspansi hingga 4GB dan penyimpanannya, juga bisa diperluas menggunakan kartu microSD hingga 1TB.

3. Baterai

Jika chipset dan memori dari OPPO A57 terbilang biasa saja, maka baterai dari ponsel ini jadi yang paling bersinar. A57 mengemas baterai berkapasitas 5,000mAh dengan fitur fast-charging 33W. Selain bisa bertahan hingga seharian penuh, OPPO mengklaim jika fitur fast-charging SUPERVOOC yang diusung A57 membuatnya bisa diisi daya dari 0% sampai 50% dalam waktu 30 menit saja.

4. Desain

Dengan konsep “Cantik Luar Dalam” OPPO A57 menghadirkan desain OPPO Glow yang mampu berikan tampilan memesona dengan eksekusi warna berkilauan yang luar biasa. Tidak hanya itu, A57 juga memiliki bodi yang ramping dengan ketebalan 7,99mm saja dengan pinggiran flat untuk kesan yang lebih premium disamping memberi ekstra kenyamanan ketika digenggam.

5. Layar

OPPO A57 membawa layar 6,56 inci dengan resolusi HD+. Meski resolusinya masih belum FHD+, layarnya telah menggunakan panel IPS yang kaya warna. Faktanya, layar A57 memiliki DCI-P3 100% dan gamut warna NTSC 96% untuk warna yang akurat. Disamping itu, layar ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur Eye Comfort dengan pengurangan cahaya biru untuk pengalaman visual yang nyaman di mata.

6. Kamera

Tidak membawa banyak kamera, OPPO A57 hanya memiliki dua kamera belakang saja yang masing-masing adalah kamera utama 13MP dan depth 2MP. Kamera utamanya belum mendukung fitur seperti OIS dan hanya bisa merekam video maksimal di 1080p 30fps. Untuk kamera depan, A57 hanya memiliki satu kamera depan saja dengan resolusi 8MP dan kemampuan merekam video di 1080p 30fps.

Harga OPPO A57

Untuk bisa menikmati apa yang ditawarkan OPPO A57, pengguna tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Di situs resminya, OPPO membanderol A57 di harga Rp2,3 jutaan untuk varian 4GB/64GB dan Rp2,6 jutaan untuk varian 4GB/128GB. Bagi yang tertarik, A57 saat ini sudah bisa dibeli di toko online maupun offline, dan tersedia dalam dua varian warna menarik yaitu Glowing Black dan Glowing Green.

5 Kelebihan OPPO A57

1. Miliki fitur fast-charging yang cepat

Tidak harus menunggu lama, melalui fitur fast-charging 33W SUPERVOOC, OPPO A57 bisa diisi dayanya dengan cepat. OPPO menyebut jika baterai 5,000mAh yang diusung A57 bisa diisi dayanya dari 0-50% dalam waktu 30 menit saja atau sampai 100% dalam waktu kurang lebih 60 menit. Selain itu, OPPO juga mengklaim jika dengan mengisi daya 15 menit, A57 bisa digunakan untuk menonton video selama lebih dari 4 jam.

2. Hadirkan speaker stereo

Bagi mereka yang sangat peduli dengan kualitas audio dari suatu ponsel, ada kabar baik di mana OPPO A57 menghadirkan speaker stereo di bagian atas dan bawah. Speaker dari ponsel ini telah dilengkapi dengan teknologi Dirac3.0 untuk kualitas audio stereo yang terdepan. Selain itu, ada pula mode Super Volume untuk kualitas audio yang tetap jernih ketika diatur ke volume 100%.

3. Telah mendapat rating tahan air dan debu

Salah satu bagian terbaik dari ponsel ini adalah durabilitasnya yang terjamin di mana OPPO A57 telah memiliki rating IPX4 untuk tahan cipratan air dan IP5X untuk tahan debu. Dengan begitu, pengguna jadi tidak perlu khawatir ketika beraktivitas dimanapun. Disamping itu, A57 juga dirancang sedemikian rupa untuk tetap tangguh ketika terjatuh lewat bodi yang diklaim telah tahan goresan.

4. Adopsi sensor fingerprint samping

Seakan menjadi fitur wajib di sebuah ponsel, keberadaan sensor fingerprint sangatlah sentral terutama sebagai fitur keamanan untuk melindungi ponsel ketika hilang atau dicuri. OPPO A57 tentunya mengadopsi teknologi autentikasi biometrik tersebut namun dengan posisi di samping alias menyatu dengan tombol power. Selain lebih mudah dijangkau, sensor fingerprint A57 juga tawarkan respon yang sangat cepat.

5. Mengusung desain premium

Meski dibanderol di harga kurang dari 3 juta, OPPO A57 mengusung desain yang membuatnya terasa seperti ponsel dengan harga lebih dari itu. OPPO menyebut desain A57 sebagai OPPO Glow di mana bodi belakangnya nampak berkilau ketika terkena cahaya. Disamping itu, bodi belakang ponsel ini juga dirancang sedemikian rupa agar sidik jari tidak mudah menempel.

4 Kekurangan OPPO A57

1. Layar belum beresolusi tinggi

Terlepas dari fakta bahwa layar OPPO A57 punya akurasi warna yang baik dengan panel IPS, layarnya belum beresolusi tinggi. Layar A57 masih beresolusi HD+ alih-alih FHD+ yang tajam dan memanjakan mata. Padahal, mayoritas ponsel harga 2 jutaan saat ini telah mengusung resolusi tinggi. Tidak hanya itu, layar A57 juga belum mendukung refresh rate tinggi alias masih tertahan di 60Hz saja.

2. Performa chipset kurang bisa diandalkan

Tidak mengherankan ketika mengetahui jika OPPO tidak menjadikan chipset OPPO A57 sebagai salah satu highlight di situs resminya. Chipset MediaTek Helio G35 yang menjadi otak pemrosesan utama A57 merupakan chipset rilisan 2020 silam dan punya performa yang kurang bisa diandalkan, terutama untuk bermain game berat. Ketika diuji benchmark via AnTuTu saja, A57 hanya mendapat skor 110,000 poin yang terbilang rendah.

3. Kamera pas-pasan

Sama seperti chipset, kamera OPPO A57 juga tidak dijadikan salah satu highlight di laman A57 di situs resmi OPPO. Bukan tanpa alasan, kamera A57 memang terbilang pas-pasan. Selain jumlahnya yang hanya ada dua di bagian belakang yaitu kamera utama dan depth saja, kualitas dari kamera utamanya juga tidak bisa dibilang baik terutama ketika digunakan memotret dalam kondisi minim cahaya.

4. Rumah kamera selfie yang ketinggalan jaman

Masih berkaitan dengan kamera, selanjutnya adalah kamera depan atau selfie. Alih-alih menggunakan desain punch-hole yang kekinian, OPPO masih mengimplementasikan desain notch bergaya water drop sebagai rumah kamera selfie A57. Desain semacam itu sudah ketinggalan jaman dan membuat A57 jadi nampak seperti ponsel murah terlepas dari desain bodi premium yang dimilikinya.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika OPPO A57 merupakan ponsel yang menarik meski tidak untuk semua orang. Fakta bahwa ponsel ini punya chipset dengan performa yang kurang bisa diandalkan dan kamera pas-pasan, membuatnya kurang cocok untuk mereka yang hobi fotografi atau butuh ponsel dengan kinerja hebat.

Meskipun begitu, ponsel ini tetap direkomendasikan untuk dibeli terutama karena desainnya yang elegan, baterainya yang tahan lama, speaker stereo-nya yang menggelegar dan bodinya yang punya durabilitas apik.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar