OPPO A54: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Sejak didirikan pada 2004 silam, OPPO terus tumbuh menjadi salah satu brand ponsel kenamaan yang tidak hanya dikenal di negara asalnya yaitu China, tapi juga seluruh dunia. Bersama dengan beberapa brand asal China lainnya seperti Xiaomi dan vivo, OPPO juga masuk ke pasar Indonesia lewat beragam ponsel menarik.

Salah satu diantaranya adalah OPPO A54 yang meski kini telah berusia lebih dari satu tahun, tetapi masih bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Bagi pengguna yang tertarik dengan OPPO A54, berikut informasi mengenai spesifikasi, harga dan kekurangan serta kelebihannya.

Spesifikasi OPPO A54

1. Chipset

Di sektor dapur pacu, OPPO A54 mengandalkan MediaTek Helio P35 sebagai otak pemrosesan utama. Chipset dengan fabrikasi 12nm itu mengemas CPU octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320. Secara performa, A54 bisa dengan mudah beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat, disamping mampu digunakan untuk bermain game tanpa ada masalah.

2. Memori

Selanjutnya adalah sektor memori di mana OPPO A54 dibekali dengan RAM 4/6GB dan penyimpanan 64/128GB. Dengan RAM dan penyimpanan sebesar itu, A54 bisa menyimpan banyak aplikasi, video dan foto sembari digunakan untuk multitasking atau membuka banyak aplikasi sekaligus dengan lancar. Jika penyimpanan yang ditawarkan masih kurang, A54 menyediakan opsi ekspansi via kartu microSD hingga 256GB.

3. Baterai

Selain menghadirkan baterai berkapasitas 5,000mAh yang besar dan bisa tahan hingga seharian penuh, OPPO A54 juga telah mendukung fitur fast-charging 18W. Meski bukan yang tercepat untuk standar saat ini, fitur fast-charging ponsel ini telah dioptimalkan menggunakan AI untuk pengisian daya di malam hari di mana ketika pengisian daya telah mencapai 80%, proses tersebut akan dijeda, sebelum dimulai lagi hingga mencapai 100%.

4. Desain

Desain yang elegan menjadi salah satu ciri khas ponsel OPPO di mana tradisi tersebut tetap berlanjut di OPPO A54. Ponsel ini membawa desain ramping dengan sentuhan bodi belakang yang premium. Tidak hanya agar tampak lebih mewah, ponsel yang satu ini juga jadi lebih nyaman ketika digenggam. Untuk pilihan warna, A54 menawarkan dua opsi warna menarik yaitu Starry Blue dan Crystal Black.

5. Layar

Beralih ke layar, OPPO A54 dilengkapi dengan layar 6,51 inci beresolusi HD+. Meski resolusinya masih belum FHD+, layar dari ponsel ini telah menggunakan panel IPS yang nyaman di mata dan mampu hasilkan warna yang konsisten ketika dilihat dari sudut manapun. Selain itu, ponsel ini juga telah mengadopsi punch-hole untuk kamera selfie-nya, sehingga terasa lebih kekinian dan imersif.

6. Kamera

Disamping kamera selfie berkekuatan 16MP yang mampu hasil foto selfie terbaik, OPPO A54 juga dibekali dengan tiga kamera belakang bertenaga AI. Masing-masing adalah kamera utama beresolusi 13MP yang dapat diandalkan untuk mengabadikan momen-momen terbaik, kamera macro beresolusi 2MP untuk menangkap foto dari objek berukuran dan kamera depth beresolusi 2MP untuk efek bokeh yang lebih akurat.

Harga OPPO A54

Untuk bisa menikmati apa yang ditawarkan oleh OPPO A54, pengguna hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp2 jutaan saja untuk varian 4GB/64GB. Jika ingin varian paling maksimal yaitu 6GB/128GB, pengguna perlu mengeluarkan uang sebesar Rp2,7 jutaan. Apabila tertarik, A54 saat ini telah tersedia untuk dibeli di toko offline maupun online, seperti Tokopedia dan Shopee.

5 Kelebihan OPPO A54

1. Miliki rating IPX4

Salah satu hal paling menarik dari OPPO A54 adalah fakta bahwa ponsel ini telah memiliki rating IPX4. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu khawatir ketika ponsel ini terkena cipratan air. Selain itu, durabilitas A54 juga telah dioptimalkan sebaik mungkin sehingga tetap bisa bertahan ketika jatuh di ketinggian setidaknya 10cm dan dapat bertahan terhadap radiasi, perubahan suhu dan banyak lagi.

2. Slot microSD tidak mengorbankan slot kartu SIM

Untuk memudahkan pengguna menambahkan kapasitas penyimpanan, OPPO A54 menghadirkan opsi ekspansi via kartu microSD. Kabar baiknya, slot microSD dari ponsel ini tidak memakan atau mengorbankan slot kartu SIM sehingga pengguna tetap bisa memasang dua kartu SIM secara bersamaan, sembari memasang kartu microSD untuk mendapat penyimpanan ekstra.

3. Menggunakan sensor fingerprint samping

Sensor fingerprint menjadi salah satu fitur wajib di ponsel saat ini dan OPPO A54 juga menyertakan teknologi autentikasi keamanan biometrik itu. Kerennya, A54 menggunakan sensor fingerprint yang menyatu dengan tombol power di sisi samping. Dengan begitu, pengguna jadi bisa lebih mudah menjangkau sensor dan A54 jadi tampak lebih bersih karena tidak lagi menggunakan sensor fingerprint di bagian bodi belakang.

4. Fitur fast-charging dengan pengoptimalan berbasis AI

Salah satu kekhawatiran terbesar pengguna ketika mengisi ponsel di malam hari adalah takut overheat kemudian meledak. Memberi solusi dari rasa takut itu, OPPO A54 menghadirkan fitur fast-charging dengan pengoptimalan berbasis AI yang akan otomatis menjeda pengisian daya ketika sudah mencapai 80% dan akan berlanjut hingga 100% tepat sebelum pengguna bangun.

5. Color OS 7.2 dengan Black Screen Mode

OPPO A54 menjalankan sistem operasi Android 10 dengan kustomisasi ColorOS 7.2 yang sederhana, intuitif namun tetap kaya akan fitur. Salah satu yang terbaik adalah fitur Black Screen Mode. Sederhananya, fitur ini memungkinkan pengguna yang ingin menonton video musik namun hanya ingin mendengarkan audionya, untuk bisa streaming video tanpa menguras banyak daya baterai.

5 Kekurangan OPPO A54

1. Harga cukup tinggi

Terlepas dari fitur-fitur yang disajikan, harga yang dibanderol untuk OPPO A54 masih terbilang cukup tinggi. Apalagi ponsel yang satu ini dirilis pada 2021 kemarin alias di 2023 ini akan menginjak usia dua tahun. Tidak dapat disangkal bahwa dengan harga Rp2 jutaan, ada banyak ponsel diluar sana yang tidak hanya lebih baru, tapi juga menawarkan spesifikasi yang lebih baik dari A54.

2. Layar masih beresolusi HD+

Layar ponsel yang bagus adalah yang tidak hanya memiliki ukuran pas dan panel berkelas, tapi juga resolusi tinggi. Sayangnya, layar dari OPPO A54 belum bisa disebut bagus karena masih mengusung resolusi HD+ atau lebih tepatnya 720 x 1600 piksel. Padahal, kebanyakan ponsel Rp2 jutaan saat ini telah mengaplikasikan resolusi FHD+ kedalam layarnya untuk visual yang lebih tajam dan memanjakan mata.

3. Pilihan warna yang terbatas

Desain dari OPPO A54 memang menarik dengan bodi ramping yang nyaman digenggam. Namun, sungguh disayangkan ketika mengetahui jika ponsel ini hanya menyediakan dua opsi warna saja. Dua opsi tersebut adalah Starry Blue yang didominasi oleh warna biru dengan sentuhan glossy yang bisa memberikan efek pelangi ketika terkena cahaya dan Crystal Black yang didominasi oleh warna hitam elegan.

4. Kamera utama belum mendukung OIS

OPPO A54 dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing adalah kamera utama 13MP, macro 2MP dan depth 2MP. Kamera utama jelas menjadi yang paling sering digunakan namun sayangnya, kamera dari A54 kurang sempurna terutama untuk merekam video. Selain hanya mendukung perekaman video yang mentok di 1080p 30fps, kamera utama ponsel ini juga belum memiliki OIS untuk stabilisasi ketika merekam video.

5. Performa seadanya

Dengan chipset Helio P35 dari MediaTek, OPPO A54 jelas bukan ponsel yang bisa diajak untuk bermain game berat. Dalam pengujian benchmark melalui AnTuTu saja, A54 hanya bisa meraih skor kurang dari 100 ribu atau lebih tepatnya 99,128 poin. Angka tersebut bahkan lebih rendah dari Xiaomi Redmi 7 (99,554 poin) yang dirilis dua tahun lebih awal dan ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 632.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika OPPO A54 bukanlah ponsel untuk semua orang. Ponsel ini lebih direkomendasikan untuk penggemar garis keras OPPO yang butuh ponsel standar untuk sekedar bermain game ringan, scrolling media sosial maupun menonton film. Ponsel ini tidak disarankan untuk mereka yang ingin mencari ponsel dengan performa gaming mumpuni dan bisa digunakan merekam video dengan sangat stabil.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar