OPPO A17: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Pada akhir Oktober 2022, Oppo resmi mengeluarkan versi terbaru dari Oppo A16, yaitu Oppo A17. Di seri ini, Oppo melakukan perubahan di bagian desain yang terlihat lebih modern dan stylish serta bagian spesifikasinya untuk meningkatkan performa.

Salah satu yang paling menonjol adalah penggunaan kamera AI 50 MP yang dilengkapi dengan depth sensor beresolusi 2 MP. Untuk bagian inti, Oppo A17 dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G35 yang berpadu dengan RAM 4GB yang bisa ditambah dan memori internal 64 GB. 

Spesifikasi OPPO A17

Sebagai ponsel entry level, Oppo A17 sudah dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari tampilannya, hingga bagian processornya yang tangguh. 

Desain 

Oppo A17 memiliki dimensi 164,2 x 75,6 x 8,3 mm dengan berat 189 gr. Cukup ringan dan tidak terlalu tebal sehingga pas untuk digenggam. 

Secara keseluruhan, Oppo A17 memiliki desain yang sederhana tapi terlihat modern. Kamera yang dibuat menyatu menjadi salah satu daya tariknya. Tidak hanya itu, Oppo menggunakan teknik pemrosesan komposit untuk bagian belakang ponsel yang membuat ponsel terbuat seperti dari bahan kulit asli. 

Oppo A17 menggunakan butiran kulit ringan untuk embos bagian dalam lalu lapisan UV untuk bagian luarnya. Karena itulah, Oppo A17 tidak hanya memberikan kesan stylish tapi juga nyaman digenggam dan tahan debu (IPX4 water resistance).

Chipset

Oppo membekali seri A17 dengan Android 12, ColorOS 12.1 sebagai sistem operasinya. Sistem operasi ini mengklaim memiliki keunggulan di sistem keamanan (kontrol akses 5 tingkat), terjemahan 3 jari dan multitasking (FlexDrop). Dengan keunggulan tersebut, pengguna bisa lebih mudah melakukan pengaturan privasi, penerjemahan ke lebih dari 100 bahasa hingga multitasking

Di bagian prosesor, smartphone ini menggunakan MediaTek MT6765 Helio G35 (12nm) Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53). Dengan chipset tersebut, A17 mampu memberikan clock speed hingga 2,3 GHz. Sedangkan 4 core Cortex-A53 1,8 GHz bisa membantu untuk menghemat daya. 

Di bagian GPU, Oppo A17 menggunakan PowerVR GE8320. Penggunaan GPU tersebut memungkinkan Oppo A17 untuk gaming dengan resolusi hingga 1080p. Cukup mumpuni tapi tidak bisa digunakan untuk bermain game berat. 

Untuk mendukung performa ponsel, Oppo menyematkan RAM 4 GB yang bisa di-extend hingga 4 GB. Dengan total RAM yang mencapai 8 GB memungkinkan pengguna lebih leluasa untuk menggunakan ponsel tanpa khawatir lacking. Sedangkan untuk ROM, Oppo A17 memiliki kapasitas 65GB yang bisa ditambah hingga 1 TB lewat slot microSD. 

Layar

Oppo A17 menggunakan layar IPS LCD 6,56 inci 60 Hz dengan resolusi 720 x 1612 pixel. Layar ponsel pintar dari Oppo ini mendukung tingkat kecerahan hingga 600 nit pada mode kecerahan tinggi. Hal ini memungkinkan pengguna melihat tampilan layar Oppo A17 dengan baik walaupun berada di luar ruangan pada siang hari. 

Fitur AI Eye Care akan membantu melindungi mata pengguna dari rasa lelah dan iritasi karena melihat layar dalam waktu yang lama. Sayangnya, layar Oppo A17 hanya menggunakan anti gores biasa dan masih belum dilengkapi dengan Gorilla Glass. 

Kamera

Oppo A17 menggunakan dual camera sebagai kamera utamanya, 50 MP (wide) dan 2 MP (depth). Kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash dan panorama ini bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps.

Kamera AI 50 MP mampu memberikan hasil jepretan yang optimal. Mulai dari foto close up hingga foto panorama. 

Pada bagian depan, Oppo menyematkan kamera 5 MP (wide) dengan fitur mumpuni untuk menghasilkan gambar tajam, bahkan di tempat yang minim cahaya. Seperti HDR, 360 derajat fill light, Portrait Retouching

Baterai 

Oppo A17 dibekali dengan baterai Li Po 5000 mAh non-removable. Oppo mengklaim jika baterai terisi 100% maka akan  mampu bertahan hingga 20 jam untuk panggilan telepon atau menonton video di YouTube. 

Oppo juga melengkapi seri A17 dengan fitur Super Nighttime Standby. Fitur yang menggunakan teknologi AI tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempelajari pola tidur pengguna. Akibatnya, daya baterai bisa dikontrol hingga 2-3% dari total kapasitasnya di sepanjang malam saat pengguna tidur. 

Fitur tambahan

Oppo A17 memiliki fitur fingerprint yang ada di bagian samping ponsel. Tidak hanya itu, ponsel ini sudah memiliki sertifikat IPX4. Artinya, ponsel dari Oppo ini memiliki ketahanan terhadap percikan air dan debu. 

Oppo sendiri mengklaim jika Oppo A17 memiliki ketahanan yang bagus. Seperti, kondisi ponsel masih baik-baik saja walaupun jatuh dari ketinggian 1 meter atau bertahan 14 hari di tempat yang punya kelembaban tinggi.

Harga OPPO A17

Oppo A17 menyediakan warna Midnight Black dan Lake Blue yang bisa dipilih. Untuk harganya, Oppo A17 dibanderol dengan harga Rp2.099.000 di website resmi, e-commerce atau toko smartphone offline per 24 Oktober 2022.

Kelebihan OPPO A17

1. Desain yang stylish dan minimalis

Oppo A17 memiliki desain yang minimalis tapi tetap stylish. Di bagian belakang, kamera dibuat menyatu dengan frame. Bagian belakang ini dibuat dengan menggunakan teknik pemrosesan komposit. 

Jika diperhatikan, terdapat embos unik yang terlihat stylish. Embos ini terbuat dari butiran kulit ringan kemudian dilapisi dengan lapisan UV. Cukup mewah untuk HP kelas entry level. Dengan desain tersebut, Oppo A17 tidak hanya punya tampilan yang menawan tapi juga tahan debu dan nyaman digenggam. 

2. Layar IPS HD+

Oppo A17 menggunakan layar IPS HD+ 6,56 inci. Layar ini memiliki tingkat kecerahan 430 nits di mode normal dan 600 nit di tingkat kecerahan tinggi. Tingkat kecerahan tersebut membuat pengguna bisa melihat tampilan Oppo dengan jelas walaupun berada di luar ruangan pada siang hari. 

Kembali ke bagian panel, Oppo menggunakan panel IPS HD+ dengan DCI-P3 yang membuat output lebih tajam dan akurat. Oppo A17 juga dilengkapi dengan fitur Eye Care untuk melindungi mata pengguna agar tidak lelah walaupun menggunakan ponsel dalam waktu lama. 

3. Kamera utama 50 MP

Oppo A17 menggunakan dual camera 50 MP (wide) dan 2 MP (depth). Ukuran kamera yang besar memungkinkan pengguna untuk memotret atau merekam video dengan kualitas terbaik. Pengguna bisa mendapatkan hasil yang cukup tajam dan akurat terutama output warnanya. 

Bukaan yang rendah, f/1.8 membuat pengguna bisa menangkap detail dengan baik, terutama untuk foto bokeh. Cukup baik untuk smartphone kelas entry level

4. Penggunaan ColorOS terbaru

Walaupun Oppo A17 termasuk kelas entry level, tapi, ponsel ini dibekali dengan ColorOS generasi baru, yaitu ColorOS 12.1. Penggunaan sistem operasi tersebut membuat Oppo A17 memiliki 3 keunggulan, yaitu FlexDrop, Kontrol Akses Lima Tingkat dan Terjemahan Tiga Jari. Alhasi, Oppo A17 nyaman untuk digunakan saat multitasking tapi juga pengguna bisa menyesuaikan sistem keamanan sesuai tingkat privasi yang diinginkan

5. Memiliki sertifikat IPX4

Tidak banyak ponsel entry level yang memiliki sertifikat IPX4 dan salah satunya adalah Oppo A17. Adanya sertifikat tersebut membuat Oppo A17 menjadi lebih tangguh dan tahan terhadap debu dan air. Lewat pengujian dari Oppo, seri A17 bisa bertahan selama 14 hari di tempat dengan kelembaban tinggi. 

Kekurangan OPPO A17

1. Tidak dilengkapi fast charging

Oppo A17 memang dilengkapi dengan baterai Li-Po 5000 mAh. Akan tetapi, smartphone ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging karena hanya memiliki kecepatan charging 10 watt saja. Butuh waktu sekitar 3 jam untuk mengisi baterai secara full. Hal ini cukup disayangkan mengingat ponsel sekelasnya atau kompetitornya rata-rata memiliki kecepatan charging 15 watt. 

2. Masih menggunakan microUSB

Banyak smartphone terbaru, termasuk kelas entry level, yang sudah menggunakan port USB type-C. Bahkan, seri sebelumnya, yaitu Oppo A16 sudah menggunakan port USB type-C karena menawarkan transfer data dan daya yang lebih cepat. Akan tetapi, Oppo A17 justru masih menggunakan microUSB. Hal tersebut dianggap suatu kemunduran teknologi walaupun penggunaan microUSB ini untuk menekan biaya penjualan. 

3. Masih menggunakan mono speaker

Oppo masih mempertahankan mono speaker untuk seri A17. Hal ini cukup disayangkan mengingat di kelas yang sama, sudah ada smartphone yang menggunakan stereo speaker. Padahal, dengan stereo speaker, pengalaman nge-game hingga menonton video akan lebih optimal dan tentunya, suara lebih kencang dan jernih

4. Belum punya ultra-wide camera

Oppo memang sudah menyematkan dual camera 50 MP (wide) dan 2 MP (depth). Kamera juga sudah dilengkapi dengan fitur panorama. Pengguna memang bisa menggunakan panorama untuk memotret pemandangan secara luas. Akan tetapi, untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu memiliki kestabilan yang bagus. 

Sayangnya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Oppo A17 masih belum dilengkapi dengan kamera ultra wide. Adanya kamera ini memungkinkan pengguna untuk bisa memotret panorama dengan lebih mudah dan tetap mendapatkan hasil yang tajam. 

5. Refresh rate masih 60 Hz

Oppo A17 memang memiliki layar mumpuni, tapi sayangnya, ponsel ini masih memiliki refresh rate 60 Hz. Beberapa ponsel terbaru seperti Samsung Galaxy A04s sudah menggunakan refresh rate 90 Hz. 

Besar refresh rate 60 Hz sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terutama untuk penggunaan harian, misalnya, hanya untuk menelepon. Akan tetapi, untuk penggunaan dengan intensitas tinggi, misalnya gaming hingga bermain sosial media selama berjam-jam, refresh rate rendah akan cukup mengganggu. 

Dengan harga 2 jutaan, Oppo A17 memang sudah dilengkapi dengan kamera mumpuni, 50 MP yang bisa menghasilkan jepretan yang memuaskan. Ponsel dari Oppo ini juga memiliki desain stylish yang akan memikat pengguna. Akan tetapi, kekurangan seperti tidak adanya fast charging hingga refresh rate 60 Hz dirasa kurang optimal apalagi jika dibandingkan dengan pesaingnya. 

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar