Kelebihan dan Kekurangan vivo V25 Pro, Smartphone dengan 64MP OIS Night Camera

Berita7 — Mengusung tagline “Life is Cinematic”, vivo V25 Pro hadir sebagai solusi untuk pengguna yang ingin mengabadikan momen-momen terbaik setiap saat, termasuk di malam hari. Salah satu bagian terbaik dari ponsel ini adalah kameranya yang dirancang sedemikian rupa agar bisa menghasilkan foto atau video yang optimal dalam kondisi minim cahaya.

Bagi pengguna yang tertarik dengan apa yang berusaha ditawarkan oleh vivo V25 Pro, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, guna menghindari rasa menyesal ketika sudah membeli. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ulasannya.

Spesifikasi vivo V25 Pro

Rilis12 September 2022 (Indonesia)
Brandvivo
LayarAMOLED 6,56 inci FHD+ 120Hz
BodiBobot: 190 g
Dimensi: 158,9 x 73,5 x 8,6 mm
OSAndroid 12 dengan Funtouch 12
ChipsetMediaTek Dimensity 1300
KameraKamera belakang: 64MP (utama), 8MP (ultrawide), 2MP (macro)
Kamera depan: 32MP
Baterai4,830mAh dengan fast-charging 66W

5 Kelebihan vivo V25 Pro

1. Chipset dengan performa flagship

Dimensity 1300 yang tertanam didalam vivo V25 Pro merupakan chipset flagship dari MediaTek dengan performa yang tidak perlu diragukan lagi. Chipset dengan CPU octa-core dan GPU Mali-G77 MC9 itu siap untuk melibas aktivitas berat termasuk bermain game-game terkini. Tidak perlu takut, untuk menjaga suhu tetap stabil, V25 Pro juga telah dilengkapi dengan teknologi Bionic Cooling System untuk mencegah overheating.

2. Kamera yang mumpuni untuk mengabadikan momen di malam hari

Ponsel yang satu ini memang memiliki tiga kamera belakang, namun kamera utamanya yang jadi bintang utama. Dengan resolusi 64MP, kamera utama vivo V25 Pro dibekali dengan sejumlah fitur canggih seperti Super Night Video untuk merekam momen malam hari dengan lebih cerah dan jelas, serta Super Night Portrait yang mampu hasilkan foto jernih dan jelas di berbagai kondisi pencahayaan.

3. Bodi belakang yang bisa berubah warna

Tidak hanya berusaha menarik dari segi spesifikasi, vivo V25 Pro juga berusaha untuk bisa tampil elegan dari segi penampilan. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan teknologi Color Changing Glass. Sederhananya, teknologi tersebut memungkinkan bodi belakang V25 Pro untuk bisa berubah warna ketika terkena sinar matahari atau sinar UV, terutama untuk varian warna Surfing Blue.

4. Layar AMOLED dengan sensor fingerprint in-display

Guna memastikan pengguna bisa mendapatkan pengalaman terbaik, layar dengan panel AMOLED disematkan oleh vivo V25 Pro. Tidak hanya mengusung panel dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, layar 6,56 inci dari ponsel ini juga telah mendukung refresh rate 120Hz dan sensor fingerprint in-display yang canggih. Untuk resolusi, layar V25 Pro beresolusi FHD+ alias 1080 x 2376 piksel.

5. Fitur fast-charging 66W

Baterai berkapasitas 4,830mAh yang dimiliki oleh vivo V25 Pro mungkin bukan yang terbesar, namun fitur fast-charging 66W FlashCharge-nya menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Lewat fitur ini, baterai V25 Pro bisa terisi hingga 40% dalam 15 menit saja atau 71% dalam 30 menit saja. Itu artinya, pengguna tidak perlu menunggu lama jika ingin menggunakan V25 Pro kembali setelah baterainya terkuras habis.

5 Kekurangan vivo V25 Pro

1. Tidak ada headphone jack

Seakan menolak untuk keluar dari kebiasaan ponsel flagship, vivo V25 Pro juga tidak dilengkapi dengan headphone jack. Hal ini sungguh disayangkan karena mau tidak mau, pengguna jadi harus menggunakan headphone nirkabel yang notabene jauh lebih mahal dibanding headphone kabel pada umumnya. Selain lebih mahal, headphone jack juga punya waktu pakai yang terbatas jika dibandingkan headphone kabel.

2. Ketiadaan slot microSD

Kapasitas penyimpanan bawaan yang ditawarkan vivo V25 Pro memang sudah cukup besar untuk menyimpan banyak file atau aplikasi. Namun tetap saja, ketiadaan slot microSD pada ponsel ini membuat pengguna jadi tidak bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan ekstra disamping penyimpaan bawaannya. Meskipun begitu, hal ini tidak mengejutkan mengingat sebagian besar ponsel flagship juga tidak memiliki slot microSD.

3. Speaker yang belum stereo

Meski berada di kelas flagship, sungguh disayangkan ketika mengetahui jika vivo V25 Pro belum menggunakan speaker stereo. Ponsel ini hanya memiliki satu speaker saja yang terletak di bagian bawah, di samping port USB-C. Padahal, banyak ponsel flagship atau bahkan mid-range saat ini yang telah mengadopsi speaker stereo untuk menghasilkan kualitas audio yang lebih mumpuni.

4. Belum memiliki rating IP

Disaat ponsel dengan harga tinggi sudah mulai memiliki rating IP agar bisa tahan air dan debu, vivo V25 Pro sayangnya belum memiliki rating tersebut. Meskipun begitu, vivo mengklaim jika V25 Pro punya durabilitas yang dapat diandalkan, terutama ketika terjatuh, terkena goresan maupun terciprat air. Dalam pengujian Drop Test, V25 Pro bahkan masih bisa bertahan meski telah dijatuhkan sebanyak 42,000 kali.

5. Harga yang lumayan tinggi

Melalui situs resminya, vivo membanderol V25 Pro di harga Rp8,9 jutaan untuk varian RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Meski belum menyentuh angka diatas 10 juta, harga yang dipatok vivo untuk V25 Pro terbilang cukup tinggi, terutama mengingat ponsel ini belum memiliki rating IP dan speaker stereo yang notabene sudah banyak dimiliki oleh ponsel-ponsel dengan harga lebih rendah.

Kesimpulan

vivo V25 Pro memang bukan ponsel yang sempurna, namun ponsel ini tetap layak untuk dibeli sebagai daily driver utama. Ponsel ini sempurna untuk mereka yang ingin ponsel dengan performa kelas atas, kamera mumpuni, desain menarik, layar memanjakan mata dan baterai yang bisa diisi dayanya dalam waktu sangat cepat.

Namun, perlu dicatat jika ponsel ini masih memiliki kelemahan terutama pada bagian speaker yang masih belum stereo, rating IP yang membuatnya belum benar-benar tahan air dan debu, serta harga yang mungkin terasa tinggi bagi sebagian orang.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar