Samsung Galaxy A71 5G, S10 Lite, dan Tab S7 Fe Dapatkan Update One UI 5

Berita7Samsung memastikan bahwa semua perangkatnya diperbarui ke Android 13. Brand elektronik asal Korea Selatan ini merilis update pembaruan One UI 5 yang stabil untuk kelas menengah seperti Galaxy M32 4G dan seri smartphone lainnya. Kini, pembaruan software tersebut telah diterapkan di tiga model perangkat Samsung. 

Perangkat yang mendapat pembaruan update One UI 5 yaitu Samsung Galaxy A71 5G, Galaxy S10 Lite, dan Tab S7 Fe. Agar dapat mengetahui informasi selengkapnya, scroll ke bawah untuk terus membaca.

Pembaruan Android 13 pada Perangkat Samsung

Galaxy A71 5G telah debut dan dirilis pada 2020 dengan sistem operasi Android 10. Kini, ponsel tersebut mendapatkan update pembaruan Android 13 yang terbaru. 

Smartphone Samsung Galaxy A71 5G mendapat pembaruan penting untuk ketiga kalinya dengan nomor firmware A716BXXU6EVL2. Software terbaru tersebut dipasang pada perangkat Samsung di wilayah UAE atau Uni Emirat Arab. Ketersediaan update di berbagai wilayah lainnya direncanakan akan segera menyusul.

Fitur Baru pada Update Pembaruan One UI 5

Update pembaruan One UI 5 untuk Galaxy A71 5G hadir dengan beragam fitur baru yang keren, termasuk security patch untuk proteksi keamanan di bulan Desember. Sementara, versi Galaxy A71 4G sudah lebih dahulu mendapatkan update keamanan software tersebut di bulan November.

Seperti telah disebutkan, Samsung Galaxy S10 Lite, yang diluncurkan di awal 2020 dengan sistem operasi Android 10, kini diperbarui ke Android 13 One UI 5. Pembaruan tersebut diberikan untuk ponsel dari brand Vodafone di Belanda dengan versi firmware G770FXXU6HVK5. Tidak seperti Galaxy A71 5G, S10 Lite tidak mendapatkan pembaruan security patch Desember.

Pembaruan terkini One UI 5 juga diterapkan untuk Samsung Galaxy Tab S7 FE. Software sistem operasi berbasis Android 13 untuk tablet tersebut hadir dengan versi firmware T736BXXU1CVL1. Update pembaruan tersebut untuk saat ini masih tersedia di UK atau Inggris, tapi juga akan tersedia untuk wilayah lainnya segera. Update tersebut datang bersamaan dengan security patch November 2022.

Update Android 13 di Galaxy A71 5G

Selain One UI 5.0, diketahui bahwa update Android 13 juga membawa pembaruan untuk security patch Desember 2022 di Galaxy A71 5G. One UI 5 menghadirkan desain UI yang mendapat sentuhan pembaruan, termasuk fitur Color Palette dengan spektrum warna lebih luas, ikon aplikasi dinamis, widget baru, Stacked Widgets, dan lebih banyak lagi quick setting di bar notifikasi.

Tidak hanya itu, update Android 13 juga menyertakan semua versi aplikasi bawaan Samsung yang telah diperbarui dan diperbaiki, termasuk Samsung Gallery, Samsung Internet, dan Samsung Keyboard. Selain itu, Samsung juga meluncurkan editor gambar dan video built-in. Sementara, tambahan update lainnya yaitu AR emoji, emoji pairs, dan kaomoji.

Dengan adanya fitur baru OCR (Optical Character Recognition) terpasang pada aplikasi Kamera, Galeri, dan Keyboard, pengguna dapat menangkap teks dari gambar dan feed kamera live. Update kali ini juga menghadirkan menu Connected Devices baru dan penggabungan Security & Privacy pada bagian Pengaturan.

Fitur Custom dari One UI 5 di Galaxy A71 5G

Selain swipe yang lebih smooth pada layar, Samsung One UI 5.0 juga menyediakan wallpaper dalam pilihan beragam. Ada wallpaper bawaan gratis dengan kategori Graphical dan Colors, serta gambar yang dapat dipilih dari Galeri.

Sementara, pembaruan lainnya ada pada menu Modes dan Routines, dengan pilihan mode yang sudah disediakan, yatu Sleep, Driving, Exercise, Relax, Work, dan dapat ditambah dengan mode baru yang bisa pengguna buat sendiri. Pengguna bisa mengaktifkan Mode yang sesuai dengan aktivitas.

Kamera dan Sinkronisasi Samsung One UI 5

Di sisi lain, jika merambah ke kamera, sekarang pengguna dapat menambahkan watermark pada foto hasil jepretan kamera ponselmu. Watermark tersebut berupa tulisan seri ponsel Samsung, tanggal – bulan – tahun, serta jam yang menunjukkan waktu foto diambil.

Di samping itu, tidak lupa ada fitur Samsung DEX untuk sinkronisasi ponsel dengan PC komputer atau laptop. Notifikasi ponsel juga dapat muncul pada perangkat PC yang digunakan untuk sinkronisasi dengan ponsel atau tablet Samsung.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar