Samsung Galaxy A73 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Dari semua brand ponsel di Indonesia, Samsung menjadi salah satu yang punya banyak penggemar dan paling laris manis di pasaran. Bukan tanpa alasan, Samsung selalu berhasil membuat ponsel dengan kualitas terbaik, tak peduli ponsel tersebut berkelas entry-level, mid-range ataupun flagship. Beberapa ponsel mid-range Samsung bahkan tak kalah luar biasa dari ponsel flagship mereka, di mana salah satunya adalah Samsung Galaxy A73 5G.

Samsung Galaxy A73 5G menduduki kasta tertinggi dari seri Galaxy A dan membawa banyak hal menarik mulai dari layar dengan ukuran lega, chipset yang telah mendukung konektivitas 5GB, kamera utama beresolusi tinggi dan rating IP. Bagi yang tertarik dengan apa yang ditawarkan ponsel ini, berikut spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A73 5G.

Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

1. Chipset

Samsung Galaxy A73 5G mengandalkan chipset Snapdragon 778G garapan Qualcomm sebagai dapur pacu utama. Chipset dengan fabrikasi 6nm itu mengusung CPU octa-core (1×2.4 GHz Cortex-A78 & 3×2.2 GHz Cortex-A78 & 4×1.9 GHz Cortex-A55) dan GPU Adreno 642L. Selain hemat daya dan punya performa mumpuni, chipset tersebut juga telah mendukung konektivitas 5G.

2. Memori

Beralih ke memori, Samsung Galaxy A73 5G menawarkan dua opsi RAM dan penyimpanan internal. Untuk RAM, 6GB dan 8GB, sementara untuk penyimpanan internal, 128GB dan 256GB. Pengguna bisa menambah RAM Galaxy A73 5G lewat fitur RAM Plus hingga 8GB atau memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan kartu microSD untuk mendapat penyimpanan eksternal hingga 1TB.

3. Baterai

Lewat laman Samsung Galaxy A73 5G di situs resmi mereka, Samsung mengklaim jika Galaxy A73 5G punya daya tahan baterai hingga dua hari. Galaxy A73 5G sendiri dilengkapi dengan baterai 5,000mAh yang notabene besar untuk standar ponsel mid-range saat ini. Selain baterai berkapasitas jumbo, Galaxy A73 5G juga telah dibekali dengan fitur fast-charging 25W untuk isi daya dengan lebih cepat.

4. Desain

Tidak hanya memiliki performa yang istimewa, Samsung Galaxy A73 5G juga hadir dengan desain elegan. Bezel tipis, layar dengan ukuran besar dan modul kamera belakang yang menyatu dengan desain Ambient Edge-nya, membantu ponsel ini tampil lebih kalem namun tetap menawan. Bodi dari ponsel ini bahkan tetap ramping meski didalamnya tertanam baterai dengan kapasitas besar.

5. Layar

Bersama dengan spesifikasi, layar menjadi salah satu nilai jual utama ponsel ini. Samsung Galaxy A73 5G mengemas layar 6,7 inci dengan panel Super AMOLED Plus yang punya akurasi warna luar biasa. Layar ponsel ini beresolusi FHD+ sehingga mampu tampilkan gambar yang tajam, mendukung refresh rate 120Hz untuk animasi lebih mulus dan proteksi Gorilla Glass 5 untuk durabilitas ekstra.

6. Kamera

Terakhir adalah kamera, di mana Samsung Galaxy A73 5G memiliki total lima kamera. Empat diantaranya ada di belakang dan terdiri dari kamera utama 108MP, ultrawide 12MP, macro 5MP dan depth 5MP. Satu yang lain ada di depan dengan resolusi 32MP. Kamera utama ponsel ini telah mendukung OIS dan baik kamera belakang maupun depan, sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 4K di 30fps.

Harga Samsung Galaxy A73 5G

Dalam situs resminya, Samsung membanderol Samsung Galaxy A73 5G di harga Rp7,7 jutaan untuk varian 8GB/256GB. Cukup tinggi memang, namun sebanding dengan apa yang ditawarkan mengingat ponsel ini juga spesifikasi yang tak kalah mumpuni dengan beberapa ponsel flagship. Bagi yang tertarik, Galaxy A73 5G saat ini sudah tersedia di toko offline maupun online, dan hadir dalam tiga varian warna menarik yaitu Awesome White, Awesome Mint dan Awesome Gray.

4 Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G

1. Kamera dengan konfigurasi quad-camera yang lengkap

Samsung Galaxy A73 5G punya kamera belakang yang lengkap dengan konfigurasi quad-camera. Kamera utamanya beresolusi 108MP dengan dukungan OIS untuk stabilisasi yang lebih baik ketika merekam video maupun mengambil gambar. Disamping itu, ada kamera ultrawide 12MP untuk mengambil foto/video dengan sudut pandang lebar, macro 5MP untuk mengambil foto objek kecil dan depth 5MP untuk efek bokeh.

2. Memiliki rating IP

Selain menarik dari segi estetika, bodi Samsung Galaxy A73 5G juga dirancang sedemikian rupa agar punya durabilitas yang baik. Faktanya, ponsel mid-range ini telah memiliki rating IP67 untuk tahan air dan debu. Lebih jelasnya, Galaxy A73 5G masih bisa bertahan jika tercebur kedalam air dengan kedalaman 1m dalam waktu 30 menit. Dengan kata lain, ponsel ini juga aman ketika terkena air hujan.

3. Layar sempurna yang memanjakan mata

Layar menjadi salah satu nilai jual utama Samsung Galaxy A73 5G di mana ponsel ini menghadirkan layar yang lega dengan ukuran 6,7 inci. Panelnya menggunakan Super AMOLED Plus yang jika dibandingkan Super AMOLED biasa, lebih ringan dan juga tipis. Untuk lain-lain, layar ponsel ini punya resolusi FHD+ yang tajam dan refresh rate tinggi di angka 120Hz.

4. Performa chipset diatas rata-rata

Snapdragon 778G dari Qualcomm Samsung pilih sebagai otak pemrosesan utama dari Samsung Galaxy A73 5G. Chipset tersebut termasuk kedalam chipset mid-range kelas atas dengan performa diatas rata-rata. Dalam pengujian benchmark via AnTuTu, Galaxy A73 5G berhasil mendapat skor 521,836 poin. Galaxy A73 5G mengalahkan beberapa ponsel flagship lawas seperti Google Pixel 4 XL yang ditenagai oleh Snapdragon 855.

4 Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

1. Headphone jack absen

Bukan rahasia umum lagi jika sebagian besar ponsel saat ini mulai menghilangkan headphone jack. Sayangnya, Samsung Galaxy A73 5G termasuk kedalam ponsel yang tidak menyertakan port untuk headphone kabel. Alhasil, mau tidak mau pengguna harus menggunakan headphone nirkabel atau mengaplikasikan konverter yang nantinya disambungkan via port pengisian daya.

2. Tidak ada kepala charger dalam paket pembelian

Meski merupakan ponsel flagship, Samsung Galaxy A73 5G memiliki beberapa karakteristik flagship. Salah satu diantaranya sekaligus yang menjadi kekurangannya adalah tidak adanya kepala charger didalam paket pembelian. Untuk harga yang dibanderol, absennya kepala charger dalam paket pembelian tentu sangat mengecewakan, karena pengguna jadi harus mengeluarkan uang lagi.

3. Fitur fast-charging kurang cepat untuk harganya

Disaat sebagian besar ponsel mid-range dengan harga diatas 5 jutaan sudah mulai mengadopsi fast-charging sangat cepat, Samsung Galaxy A73 5G hanya dibekali dengan fast-charging 25W saja. Kecepatan fast-charging Galaxy A73 5G tentu sangat minim jika dibandingkan dengan beberapa ponsel mid-range terkini yang sudah bisa mengisi daya sampai penuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

4. Minus kamera telephoto

Kamera belakang Samsung Galaxy A73 5G memang ada banyak, namun kurang satu jenis kamera untuk membuatnya benar-benar sempurna yaitu kamera telephoto. Kamera telephoto sendiri memungkinkan pengguna untuk mengambil foto jarak jauh dengan lebih jelas dan tajam. Tidak adanya kamera telephoto jadi nilai minus tersendiri, apalagi pendahulunya yaitu Galaxy A73 5G telah dibekali dengan kamera itu.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika Samsung Galaxy A73 5G merupakan ponsel mid-range berkelas dengan kualitas mendekati ponsel flagship. Mulai dari spesifikasi, layar hingga kamera, Galaxy A73 5G sangat luar biasa dan layak untuk dibeli. Tambahkan itu dengan fakta bahwa ponsel ini mendapat jaminan update sistem operasi Android hingga empat tahun, membuat ponsel ini sempurna untuk mereka yang sedang mencari ponsel mumpuni untuk jangka panjang.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar