Samsung Galaxy A04s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7Samsung resmi mengeluarkan ponsel baru, Samsung Galaxy A04s, seharga 2 jutaan pada awal September 2022. Ponsel dengan 3 varian warna, yaitu green, black dan copper ini dilengkapi dengan triple camera 50MP dan extended RAM up to 4GB.

Umumnya, kamera utama 50MP hanya bisa didapatkan di perangkat flagship atau kelas atas. Adanya fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa mengambil foto atau video.

Samsung Galaxy A04s juga memiliki fitur extended RAM hingga 4 GB yang tidak ada di seri sebelumnya, yaitu Galaxy AO3s. Jadi, pengguna akan mendapatkan total RAM hingga 8 GB.

“Ditambah dengan layar 90 Hz refresh rate untuk memberikan sensasi scrolling, gaming, dan streaming yang makin nyaman,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Makin tertarik dengan ponsel Samsung Galaxy A04s? Yuk, kita lanjut dulu.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

Sebagai salah satu smartphone entry level, dengan fitur unggulan, Samsung Galaxy A04s dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Belum lagi tampilan desain yang minimalis dan elegan.

1. Desain minimalis elegan dan nyaman digenggam

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A04s memiliki tampilan yang minimalis dan terkesan elegan. Ponsel ini dilengkapi dengan bahan kaca di bagian depan dan frame polycarbonate. Untuk menambah kesan elegan, Samsung Galaxy A04s hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu Black, Green, Copper.

Di bagian body, Samsung Galaxy A04s memiliki bobot 195 gr dengan dimensi 164,7 x 76,7 x 9,2 mm (p x l x t). Dengan body yang tidak terlalu besar dan berat membuat ponsel Samsung ini nyaman di genggam.  

2. Prosesor octa-core yang powerful

Di bagian inti ponsel, Samsung menggunakan Exynos 850 (8nm) Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55). Clock speed yang mencapai 2.0 GHz memungkinkan pengguna bisa menggunakan Samsung Galaxy A04s untuk gaming dengan lebih nyaman. Sedangkan untuk OS, Samsung menggunakan Android 12, One UI Core 4.

Penggunaan Mali-G52 pada GPU semakin membuat pengalaman saat bermain game menjadi lebih memuaskan. Output semakin optimal karena Samsung Galaxy A04s memiliki refresh rate 90 Hz.

Untuk RAM, Samsung menyematkan RAM 4GB yang bisa ditambah hingga 4GB. Dengan total RAM 8GB memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa saat multitasking.

Samsung Galaxy A04s memiliki memori internal sebesar 64 GB yang bisa ditambah hingga 1TB (microSD card).

3. Layar 6,5 inchi yang ‘berponi’

Samsung Galaxy A04s memiliki layar yang ‘berponi’. Bentangan layar 6,5 inchi menggunakan panel PLC LCD yang memiliki refresh rate 90Hz dan resolusi HD Plus. Fitur tersebut membuat ponsel Samsung ini memiliki output yang tajam dan nyaman untuk scrolling, gaming, streaming.

4. Triple camera 50 MP

Samsung Galaxy A04s menggunakan triple camera 50 MP (wide), 2 MP (macro). 2 MP (depth). Adanya triple camera tersebut memungkinkan pengguna mendapatkan foto yang lebih tajam dengan tingkat bokeh yang bisa disesuaikan. Agar hasil jepretan menjadi semakin maksimal terutama di tempat minim cahaya, Samsung menyematkan fitur LED Flash, HDR dan Panorama.

Untuk video, pengguna bisa merekam dengan resolusi video hingga 1080 pixel dengan kecepatan 30 fps.

Di bagian depan, terdapat kamera 5 MP (wide) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan wefie dengan nyaman. Pengguna juga bisa merekam video dengan resolusi hingga 1080 pixel dengan kecepatan 30 fps.

5. Baterai 5000 mAh yang tahan lama

Samsung Galaxy A04s dilengkapi dengan baterai yang besar, yaitu Li-Po 5000 mAh non-removable. Fitur fast charging 15 watt membuat ponsel memiliki waktu pengisian waktu yang lebih cepat. Di sisi lain, AI Power Management membuat ponsel dari Samsung ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Samsung sendiri mengklaim jika ponsel bisa bertahan seharian hanya dengan 1 kali pengisian daya.

6. Fitur tambahan

Untuk memaksimalkan penggunaan, Samsung Galaxy A04s memiliki fitur tambahan, di antaranya?

  • NFC.
  • Fingerprint.
  • Dolby Atmos.
  • Samsung Knox untuk perlindungan ponsel.

Harga Samsung Galaxy A04s

Harga Samsung Galaxy A04s di Indonesia saat ini sekitar Rp2.099.000. Samsung Galaxy A04s tersedia di toko offline dan online seperti di e-commerce atau website resmi dari Samsung.

Kelebihan Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s memiliki keunggulan dan kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli.

1. Triple camera 50 MP

Samsung Galaxy A04s menggunakan 3 kamera sekaligus, 50 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro). Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur seperti LED Flash, HDR dan panorama. Adanya triple camera tersebut memungkinkan pengguna untuk berekspresi saat memotret ataupun merekam video hingga resolusi 1080 px @ 30 fps.

Di bagian depan, Samsung menyematkan kamera 5 MP (wide) yang nyaman untuk selfie atau wefie. Sama seperti kamera belakang, pengguna juga bisa mendapatkan efek bokeh untuk jepretan menggunakan kamera depan.

2. Desain elegan minimalis

Samsung Galaxy A04s memiliki desain yang minimalis tapi tetap memberikan kesan yang elegan. Bagian frame menggunakan bahan polycarbonate, memiliki alur point yang terlihat timbul tapi halus saat diraba.

Uniknya, desain belakang ponsel sedikit melengkung dan tidak flat seperti frame dari smartphone lainnya. Bentuk tersebut memungkinkan pengguna untuk lebih nyaman saat menggenggam Samsung Galaxy A04s dalam waktu lama.  

3. Prosesor yang tangguh

Di bagian intinya, Samsung menggunakan Exynos 850 Octa-core. Penggunaan chipset tersebut memungkinkan Samsung Galaxy A04s beroperasi lebih cepat.

Sedangkan di bagian OS-nya, Samsung menyematkan Android 12, One UI Core 4 yang membuat kinerja lebih ringan. Di sisi lain, One UI Core 4 memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengatur tampilan ponsel seperti tema hingga light balance untuk mengedit gambar.

4. Refresh rate 90 Hz

Samsung Galaxy A04s menggunakan layar dengan refresh rate 90Hz. Cukup tinggi jika dibandingkan dengan kompetitornya atau ponsel entry level lainnya.

Dengan refresh rate yang cukup tinggi, Samsung Galaxy A04s memiliki output video yang lebih smooth dan waktu respons yang lebih cepat.

5. Punya fitur NFC

Keunggulan dari Samsung Galaxy A04s dibandingkan dengan Samsung Galaxy A04 adalah adanya fitur NFC. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih cepat melakukan pengiriman misalnya transaksi lewat mobile payment.

Kekurangan Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s memang cukup mumpuni, tapi ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya.

1. Charging yang tidak cukup kencang

Samsung memang menawarkan fitur fast charging 15 watt untuk Samsung Galaxy A04s. Faktanya, charging ponsel ini tidak terlalu kencang. Padahal, di kelas yang sama, sudah banyak smartphone yang menawarkan fast charging sekitar 18 watt hingga 33 watt.

2. Tidak adanya kamera ultrawide

Samsung Galaxy A04s memang dilengkapi dengan triple camera. Akan tetapi, ponsel ini belum dilengkapi dengan kamera ultrawide. Samsung justru memasang kamera makro atau depth yang jarang digunakan oleh pengguna.

Jika dibandingkan dengan kamera ultrawide, tentu akan dianggap lebih bermanfaat. Dengan kamera ultrawide, pengguna bisa memotret landscape atau objek dengan sudut pandang lebih luas dan bisa wefie dengan lebih leluasa.

3. Navigasi yang belum terlalu mulus

Samsung Galaxy A04s menggunakan One Core UI 4 yang membuat Samsung harus memangkas beberapa fitur seperti Edge Panel. Sayangnya, pemangkasan fitur, membuat navigasi ponsel tidak terlalu mulus.

4. Sensor kurang lengkap

Samsung memangkas beberapa fitur dan sensor untuk menekan harga jual seperti sensor kompas dan gyro. Pengguna hanya akan menemukan fitur seperti accelerometer, fingerprint, NFC dan virtual proximity sensing. Sayangnya, fitur fingerprint dirasa kurang cepat atau masih ditemukan jeda ketika menggunakan fitur ini.

5. Hanya 1 varian RAM

Secara global, baik Samsung Galaxy A04 dan Galaxy A04s memiliki fitur extended RAM. Akan tetapi, Samsung Galaxy A04 memiliki pilihan RAM lebih banyak, yaitu 3 GB, 4GB dan 8GB. Sedangkan Galaxy A04s hanya memiliki 2 pilihan RAM, yaitu 3GB dan 4GB.

Di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy A04 menyediakan 2 pilihan memori, yaitu 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Sedangkan Samsung Galaxy A04s hanya menyediakan 1 pilihan memori, yaitu 4GB/64GB. Adanya pilihan memori tersebut memungkinkan pengguna bisa memilih ponsel sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Sebagai ponsel entry level, Samsung Galaxy A04s cukup mumpuni bahkan memiliki refresh rate tinggi dan triple camera. Sayangnya, ponsel ini juga memiliki kelemahan dan salah satunya di bagian navigasi yang terasa kurang mulus karena pemangkasan beberapa sensor. Walaupun begitu, Samsung Galaxy A04s worth it untuk dijadikan pilihan untuk budget sekitar Rp2 jutaan.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar