Samsung Galaxy A04: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Samsung Galaxy A04 dirilis pada tanggal 19 Oktober 2022 dan hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mencari teknologi kelas mid to low end. Mengusung desain ponsel berkamera besar, Samsung Galaxy A04 nampaknya menyasar anak muda yang menyenangi desain khas boba yang sedang trendy beberapa tahun belakangan ini.

Dibanderol dengan harga di bawah dua jutaan, ponsel Samsung ini mampu menarik minat banyak entry-level users mau pun mereka yang menginginkan harga yang bersahabat. Tertarik dengan ponsel harga terjangkau ini? Kenali lebih dekat di sini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Semenjak tanggal perilisannya, Samsung Galaxy A04 banyak diburu baik di toko offline mau pun e-commerce. Tentu saja, produk seri A raja smartphone Korea Selatan ini dirilis dengan beberapa fitur yang mampu memenuhi kebutuhan dasar yang diinginkan pengguna pada ponsel zaman now. Berikut rinciannya.

1. Desain

Layaknya ponsel seri A lain, desain bukanlah salah satu hal yang menonjol dari Samsung Galaxy A04. Warna bagian belakangnya basic dengan pilihan Copper, Green, dan Black. Bahannya sendiri terbuat dari plastik. Material plastik memang membuat ponsel terasa ringan, tetapi sekaligus membuatnya menjadi kurang terlihat mewah. Namun, kesan Glossy Gasstic-nya sedikit membuatnya terlihat mencuri perhatian.

Ukurannya sendiri tidak terlalu besar, yakni sekitar 164.4 x 76.3 x 9.1 mm (6.47 x 3.00 x 0.36 in). Sementara itu, beratnya 192 gram.

Kamera depannya terletak di bagian tengah atas dengan frame melengkung (Infinity-V) di bagian bawah. Desain ini cukup basic layaknya ponsel pada seri A lainnya.

2. Chipset

SoC yang disediakan oleh ponsel Samsung Galaxy A04 adalah MediaTek Helio P35 (4×2.3 GHz & 4×1.8 GHz) dan didukung oleh CPU    Octa-core (4×2.3 GHz & 4×1.8 GHz). Navigasi antarmenunya memang kurang mulus dan agak tertatih-tatih saat memainkan gim AAA. Namun, seri yang mendukung RAM 6GB-8GB sendiri sebetulnya cukup lumayan untuk multitasking, tidak lagging walau juga tidak terlalu mulus.

Ponsel ini menyediakan kapasitas memori 32 GB – 128 GB. Sementara itu, pilihan RAM-nya adalah antara 3GB-8GB dengan RAM plus 4 GB.

3. Layar

Layar Infinity V-Display-nya menggunakan panel PLS LCD, panel kelas IPS yang dibuat oleh Samsung. Layarnya sendiri menggunakan Resolusi HD+ (1600 x 720 px) yang cukup jernih untuk penggunaan kasual.  Refresh Rate 60 Hz-nya juga hanya sesuai dengan gim-gim kasual hingga MOBA kelas menengah. 

Kendati tidak menawarkan layar yang sangat jernih, tetapi untuk ponsel satu jutaan, layar HD+ ini cukup menawan.

4. Kamera

Pada bagian depan, terdapat kamera swafoto dengan resolusi 5 MP, f/2.2, Fixed Focus. Resolusi perekaman video sendiri hingga 1080p30.

Kamera belakangnya mengusung resolusi 50 MP f/1.8, AF dengan sensor tambahan 2 MP Depth Camera, f/2.4. Ada pula fitur tambahan LED Flash.

5. Baterai

Soal baterai, Samsung Galaxy A04 memang tak perlu diragukan lagi. Baterainya 5.500 mAh dengan kecepatan charging sekitar 80 menit untuk mencapai 100%. Baterai berkapasitas ini bisa tahan lebih dalam sehari pada kondisi standby dan cukup dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan dan mengakses hiburan selama belasan jam.

Harga Samsung Galaxy A04

Pada waktu perilisannya, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1.299.000,00 untuk spesifikasi terendah dan Rp2.199.000,00 untuk spesifikasi tertinggi. Untuk ukuran ponsel Samsung, harga ini tentu sangat terjangkau. Karena, ponsel low-end Samsung terkini biasanya dirilis mulai dari Rp2 jutaan. Maka, tidak mengherankan jika ponsel ini banyak dicari oleh anak muda.

Kelebihan Samsung Galaxy A04

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy A04.

1. Harga Terjangkau

Sulit menemukan ponsel anyar dari brand kelas A dengan harga di bawah dua jutaan. Samsung Galaxy A04 adalah salah satunya. Dengan kamera yang cukup baik dan pilihan RAM serta ROM beragam, harga tersebut sangat worth it. 

2. Baterai Tangguh

Baterai 5.000 mAh-nya yang dapat diisi penuh dalam 80 menit ini adalah kelebihan yang dicari pengguna dari Samsung Galaxy A04.  Baterai ini cukup tangguh untuk membuat ponsel standby lebih dari satu hari.

3. Desain Menarik

Pilihan warna yang terlihat muda, desain dinamis, dan juga aksen glossy pada bagian belakang membuat ponsel ini menjadi terlihat cheerful, stylish, dan edgy. Desainnya cocok untuk anak muda.

4. Kamera Bagus

Untuk ukuran kelas low end, kamera 50 MP yang ditawarkan sudah sangat memadai. Gambar yang diambil oleh ponsel ini cukup jelas, jernih, dan tidak terlalu gelap di malam hari.

5. Pilihan RAM Beragam

Pilihan RAM yang disediakan variatif yakni dari 3GB sampai 8GB. Jadi, pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan dengan harganya.

Kekurangan Samsung Galaxy A04

Ada beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy A04, antara lain:

1. Material Plastik

Walaupun desainnya stylish dengan aksen glossy, tetapi materialnya plastik. Material plastik ini membuatnya terlihat kurang mewah dan kurang berkelas.

2. Bukan Ponsel Gaming

Dengan spesifikasi dapur pacu di atas, ponsel ini tidak cocok untuk gaming kelas berat. Walaupun begitu, game kasual bisa dimainkan dengan baik. Begitu pula dengan gim MOBA kelas menengah.

3. RAM Terendah Tidak Relate dengan Kebutuhan Terkini

Walaupun hadir dengan RAM tertinggi 8GB, tetapi RAM terendah-nya kurang mampu menyesuaikan kebutuhan terkini. Membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu akan memberatkan ponsel A04 dengan spesifikasi terendah.

4. Refresh rate kurang tinggi

Refresh rate ponsel ini hanya 60 Hz. Artinya, ponsel rentan mengalami screen tearing dan stuttering saat memainkan gim AAA atau memutar komponen multimedia berat.

5. Tidak Punya Gyroscope, NFC, VR, dan 5G

Sebagai ponsel kelas basic, sudah pasti ponsel ini tidak memiliki fitur gyroscope, support VR dan NFC. Jadi, pengguna tidak akan dapat menggunakan fitur 360, tidak dapat menggunakan beberapa effect VR, mengisi kartu tol, dan juga mengakses jaringan 5G.

Kesimpulan

Pada dasarnya, ponsel ini sangat worth buying untuk pengguna dengan bujet rendah dan dengan kebutuhan ponsem yang tak terlalu tinggi. Namun, bagi pengguna yang mengandalkan ponsel untuk membuat konten berat, untuk gim, dan bahkan menyunting video, ponsel ini mungkin kurang bisa memenuhi kebutuhan.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar