OPPO A96: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7OPPO memiliki reputasi yang sangat baik di Indonesia di mana brand asal China itu secara konsisten terus menciptakan ponsel berkualitas, yang tidak hanya mumpuni dari segi spesifikasi tapi juga estetik dari segi tampilan. Salah satu ponsel terbaru dari mereka yang cukup menarik perhatian adalah OPPO A96

Ponsel tersebut memiliki semua yang dibutuhkan dari ponsel mid-range unggulan seperti chipset dengan performa yang baik, layar yang telah mendukung refresh rate tinggi, kamera yang bisa diandalkan dan baterai dengan fast-charging gesit. Bagi pengguna yang penasaran dengan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan dari OPPO A96, berikut ulasan lebih lengkapnya.

Spesifikasi OPPO A96

1. Chipset

Yang pertama adalah komponen paling sentral dari sebuah ponsel yaitu chipset. OPPO A96 ditenagai oleh Snapdragon 680 garapan Qualcomm. Chipset tersebut menggunakan fabrikasi 6nm sehingga punya performa yang gesit tapi di sisi lain, tetap hemat daya. Untuk detailnya, Snapdragon 680 memiliki CPU octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver) dan GPU Adreno 610.

2. Memori

Untuk RAM dan penyimpanan internal OPPO A96, masing-masing ada dua opsi. 6GB dan 8GB untuk RAM, serta 128GB dan 256GB untuk penyimpanan internal berbasis UFS 2.2. Jika kurang, A96 menyediakan dukungan ekspansi RAM hingga 5GB dengan meminjam dari penyimpanan internal. Sementara untuk penyimpanan internal, ada juga dukungan ekspansi via kartu microSD hingga 1TB.

3. Baterai

Beralih ke baterai, OPPO A96 dibekali dengan baterai 5,000mAh yang dapat memberi pengguna daya penuh untuk beraktivitas seharian. Tenang, jika baterai A96 tiba-tiba habis di tengah hari, terdapat fitur fast-charging 33W yang dapat diandalkan. Melalui fitur yang juga disebut SUPERVOOC itu, A96 bisa diisi daya hingga 50% dalam waktu 26 menit saja atau 100% dalam waktu kurang lebih 1 jam.

4. Desain

Sebagaimana ponsel OPPO lainnya yang selalu didesain dengan cantik, OPPO A96 juga menghadirkan desain yang tak kalah indah. Melalui desain OPPO Glow, A96 membawa tampilan mempesona dengan bodi belakang yang bisa berubah warna ketika dilihat dari berbagai sudut, terutama untuk varian Pearl Pink. Varian lain yaitu Starry Black juga tidak kalah menarik dengan dominasi warna hitam yang kalem namun elegan.

5. Layar

Layar menjadi salah satu bagian yang diunggulkan dari OPPO A96, tidak hanya karena ukuran atau resolusinya, tapi juga yang lain seperti refresh rate. A96 mengemas layar 6,6 inci dengan resolusi FHD+ yang tentu saja nikmat ketika digunakan menonton film maupun bermain game. Tidak hanya itu, layar A96 juga telah mendukung refresh rate 90Hz untuk animasi yang lebih mulus.

6. Kamera

Jika diakumulasikan, OPPO A96 hanya memiliki tiga kamera saja, dengan dua di bagian belakang dan satu di bagian depan. Dua kamera belakang A96 adalah kamera utama 50MP yang mampu mengabadikan momen dengan detail di segala situasi dan depth 2MP untuk efek bokeh yang lebih sempurna. Untuk kamera hanya ada satu dengan resolusi 16MP dan diletakkan pada punch-hole bagian kiri atas layar.

Harga OPPO A96

Di situs resminya, OPPO membanderol OPPO A96 dengan harga Rp3,9 jutaan untuk varian 8GB/256GB. Dengan harga yang cukup tinggi itu, target pasar A96 tentu bukanlah pengguna yang memiliki budget pas-pasan. Bagi yang tertarik, A96 saat ini sudah bisa dibeli secara langsung baik melalui toko online maupun offline.

4 Kelebihan OPPO A96

1. Layar punya resolusi dan refresh rate tinggi

OPPO A96 jadi ponsel yang sempurna untuk menonton film bukan tanpa alasan. Ponsel ini memiliki layar yang istimewa dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 90Hz. OPPO menyebut jika layar A96 memiliki gamut warna NTSC hingga 96% sehingga mampu hasilkan akurasi warna yang baik. Selain itu, refresh rate tinggi yang diusungnya juga dibarengi dengan teknologi refresh rate adaptif sehingga bisa lebih menghemat daya.

2. Hadirkan fitur fast-charging cepat

Agar pengguna tidak perlu menunggu waktu lama ketika mengisi daya, OPPO A96 telah dilengkapi dengan fitur fast-charging 33W SUPERVOOC yang bisa mengisi daya baterai berkapasitas 5,000mAh sampai 50% dalam waktu 26 menit saja. Selain punya fitur fast-charging gesit, baterai A96 juga dioptimalkan tidak mengisi daya berlebih di malam hari sehingga pengguna bisa terhindar bahaya ponsel meledak atau terbakar.

3. Desain sangat menarik

Desain OPPO Glow bukanlah desain anyar yang diusung OPPO pada ponsel mereka, namun eksekusi desain tersebut di OPPO A96 terbilang sangat manis. Pada varian warna Pearl Pink, OPPO membuat bodi belakang A96 bisa berubah warna ketika dilihat di sudut tertentu. Tidak hanya itu, bodi belakang A96 juga dirancang untuk tidak bisa meninggalkan goresan atau sidik jari sehingga terkesan makin premium dan berkelas.

4. Telah tahan air dan debu

Build quality yang mumpuni menjadi salah satu fokus OPPO pada OPPO A96 di mana hal tersebut dibuktikan lewat rating IP yang diberikan. A96 telah memiliki rating IP5X untuk tahan debu dan IPX4 untuk tahan air. Disamping itu, dalam proses pengembangannya, A96 juga telah melewati ribuan uji ketahanan di berbagai lingkungan dan uji jatuh guna memastikan bisa tahan di segala kondisi.

4 Kekurangan OPPO A96

1. Belum mendukung konektivitas 5G

Untuk harga yang dibanderol, cukup disayangkan ketika mengetahui jika OPPO A96 masih menggunakan chipset 4G alih-alih yang telah mendukung konektivitas 5G. Jaringan 5G di Indonesia sendiri memang belum merata, namun dengan banyaknya ponsel anyar di harga 3-4 jutaan yang telah mendukung 5G, rasanya chipset Snapdragon 680 yang diusung berada di posisi yang kurang tepat.

2. Tidak memiliki kamera ultrawide

Dengan kamera belakang yang hanya ada dua, OPPO seharusnya bisa memaksimalkan keterbatasan tersebut. Sayangnya, alih-alih menyematkan kamera ultrawide untuk mendampingi kamera utama, OPPO malah memiliki kamera depth di OPPO A96. Padahal secara fungsi dan kegunaan, kamera ultrawide jauh lebih sering digunakan dibanding kamera depth yang terkesan seperti tempelan saja.

3. Panel layar kurang istimewa

Meski punya layar yang mampu memanjakan mata lewat resolusi dan refresh rate tinggi, layar OPPO A96 nyatanya masih berpanel IPS. Di harga hampir 4 juta, A96 seharusnya telah menggunakan panel yang lebih istimewa seperti AMOLED. Selain punya akurasi warna yang lebih baik terutama warna hitam yang lebih pekat, AMOLED juga memungkinkan layar untuk bisa memiliki sensor fingerprint dan fitur always-on display.

4. Bodi belakang masih plastik

Sama seperti belum didukungnya konektivitas 5G, untuk harga yang hampir menyentuh 4 juta, sungguh disayangkan ketika tahu bahwa bodi belakang OPPO A96 masih terbuat dari plastik. Padahal untuk harga setinggi itu, OPPO seharusnya melapisi bodi belakang A96 dengan kaca untuk kesan yang lebih premium. Apalagi A96 mengusung desain OPPO Glow yang pasti bakal tampak makin istimewa ketika bodi belakangnya berlapis kaca.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika OPPO A96 merupakan ponsel mid-range yang direkomendasikan untuk dijadikan ponsel andalan. Layar dengan resolusi dan refresh rate tinggi, desain kelas atas, baterai awet dengan fitur fast-charging gesit menjadi beberapa faktor mengapa ponsel ini sangat layak untuk dibeli. Meskipun begitu, perlu dicatat jika A96 masih memiliki beberapa kekurangan terutama untuk bagian konektivitas dan kelengkapan kamera.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar