Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52s 5G, Ponsel dengan Kamera Tajam dan Desain Memukau

Berita7 — Artikel ini mengulas secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G.

Jika kamu ingin tahu:

  • Spesifikasi lengkap dari smartphone Samsung A52s 5G.
  • Kelebihan dari ponsel Samsung A52s 5G.
  • Kekurangan dari ponsel Samsung A52s 5G.
  • Second opinion sebelum membeli HP Samsung A52s 5G.

Maka, kamu pasti menyukai pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G dari artikel ini. Let’s dive in!

Spesifikasi Samsung A52s 5G

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung A52s 5g Serta Spesifikasi Lengkapnya
Kredit: samsung.com

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) resmi mengumumkan peluncuran produk terbaru mereka, Samsung A52s 5G secara virtual pada 14 September 2021. Produk Samsung A52s 5G menyasar pangsa pasar anak muda yang mengutamakan kecepatan akses tinggi dan desain yang modern.

Menurut Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager SEIN, “Samsung A52s 5G telah menggunakan prosesor Snapdrgon 778 dengan koneksi 5G. Performa yang andal dan konektivitas yang cepat akan meningkatkan produktivitas pengguna dan kenyamanan saat streaming online.”.

Dengan mengusung slogan “Awesome is for everyone”, Samsung A52s 5G menawarkan berbagai kelebihan yang menjanjikan.

  • Pertama, kecepatan akses internet yang kencang.
  • Kedua, layar jernih dan scrolling sangat halus.
  • Ketiga, desain modern dan elegan.

Dan masih banyak lagi lainnya.

Mulai penasaran? Yuk, kita menyelam lebih untuk melihat seperti apa potensi-potensi tersembunyi dari Samsung A52s 5G.

Berikut spesifikasi lengkap smartphone Samsung A52s 5G:

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisSeptember 2021
Layar
PanelSuper AMOLED
Ukuran6.5 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi159.9 x 75.1 x 8.4 mm
Berat189 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), plastic back
Pilihan WarnaAwesome Black, Awesome White, Awesome Purple, Awesome Mint
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 778G
CPUOcta-core (1x2.4 GHz Cortex-A78 & 3x2.2 GHz Cortex-A78 & 4x1.9 GHz Cortex-A55)
GPUAdreno 642L
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP
FiturLED flash, panorama, HDR
Video4K@30fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR
Video4K@30fps, 1080p@30/60fps
Software
Sistem OperasiAndroid 11, upgradable to Android 12
InterfaceOne UI 4.1
Baterai
Kapasitas4500 mAh
ChargingFast charging 25W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
SertifikasiIP67 (Tahan debu dan air hingga 1m selama 30 menit)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Menurut data spesifikasi Samsung A52s 5G di atas, bagian yang paling menarik terletak pada desain, kamera dan prosesornya.

Ini ponsel bagus. Layak untuk dibeli. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk membeli, sebaiknya pelajari dulu kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G. Dengan begitu, kamu akan tahu kecocokan produk ponsel Samsung tersebut dengan kebutuhan dan lifestylemu.

“Di mana saya bisa mendapatkan ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G secara lengkap?”

Ya, di sini.

Karena setelah ini, kami akan membongkar berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G. Mulai penasaran, kan? Yuk, lanjut baca.

Kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G

Kelebihan Samsung A52s 5GKekurangan Samsung A52s 5G
1. Desain ponsel memukau1. Harganya mahal
2. Layar luar biasa, scrolling sangat mulus2. Pengisian daya baterai lambat
3. Koneksi internet berkecepatan tinggi3. Charge bawaan hanya 15 watt
4. Kamera ponsel sangat tajam dan stabil4. Belum support wireless power charging dan wireless power sharing
5. Anti air dan anti debu5. Body dan frame masih terbuat dari material plastik polycarbonat

Bagi kamu yang ingin rangkumannya saja, itulah rangkuman singkat tentang kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G. Namun, bagi kamu yang ingin informasi yang lebih tajam dan mendetail, kami sudah menyiapkan pembahasan khusus buat kamu.

Penasaran, kan? Yuk, lanjut baca.

Kelebihan Samsung A52s 5G

1. Desain ponsel memukau

Samsung A52s 5G mengusung desain ponsel yang minimalis namun elegan. Dengan layar FHD+ Super AMOLED, tampilan layar utama Samsung A52s 5G terlihat segar dan mewah.

Ponsel ini juga mengusung desain layar lebar dengan bentang 6,5 inci. Kamera selfie terletak di bagian atas tengah layar ponsel. Cukup bagus. Dengan kombinasi lengkung bezel ponsel sangat tipis membuat desain harmony yang cantik.

Belum cukup sampai di situ, di belakang layar ponsel tertanam perangkat fingerprint yang ikonis. Jadi, kunci pengaman ponselmu terletak di bagian tersembunyi di layar Samsung A52s milikmu.

Lanjut ke bagian samping ponsel.  Posisi tombol power dan volume sangat user friendly. Pada bagian bawah terdapat socket USB Type-C 2.0, audio jack 3,5 mm dan speaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos.

Selanjutnya ke desain bagian belakang. Pada bagian belakang ponsel, terdapat modul kamera yang terpasang secara asimetris di sudut kiri atas ponsel. Desainnya cantik dan menawan. Komposisi dan desain kamera tersebut menambah nilai kemewahan dari produk Samsung A52s 5G.

Terlebih ada 3 varian warna yang menawan, yaitu Awesome Black, Awesome White, Awesome Purple, Awesome Mint. Jadi, kita bisa memilih warna ponsel sesuai warna kesukaan kita.

Inti dari paparan ini, kami hanya ingin menyatakan bahwa desain ponsel Samsung A52s 5G sangat memukau. Di mana, perpaduan dari konsep desain minimalis dan elegan berhasil disatukan dengan keseimbangan yang pas.

2. Layar luas dan scrolling sangat mulus

Ponsel Samsung A52s 5G merupakan kategori ponsel layar lebar, di mana bentang layar ponsel mencapai 6,5 inci. Selain punya layar lebar, layar ponsel Samsung A52s 5G juga memiliki kelebihan lainnya, di antaranya:

  • Layar ponsel super jernih karena telah menggunakan teknologi layar FHD+ Super AMOLED Display.
  • Tingkat kejernihan sampai 800 nits. Bahkan di bawah sinar matahari yang terang masih terlihat jelas dan tidak silau.
  • Ada fitur Eye Comfort Shield sehingga mengurangi cahaya biru. Dan ada Real Smooth yang menjaga tayangan tetap halus, baik saat kamu bermain game atau scrolling.

Secara penjelasan sepertinya, terlihat membingungkan. Tapi, saat kamu memakai Samsung A52s 5G secara langsung, kamu akan langsung suka. Karena layar ponselnya luas dan sangat nyaman untuk scroll-scroll layarnya.

3. Koneksi internet berkecepatan tinggi

Ponsel Samsung A52s 5G mendukung jaringan GSM / HSPA / LTE / 5G. Jika kamu berada di kawasan 5G, kamu akan bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Artinya, semua aktivitas internet kamu akan terpenuhi dengan sangat baik.

Kamu tidak lagi menonton tayangan streaming yang patah-patah jika memakai Samsung A52s 5G di kawasan 5G. Tertarik untuk beli? Eits, jangan dulu. Masih ada ulasan tentang kelebihan Samsung A52s selanjutnya.

4. Kamera ponsel sangat tajam dan stabil

Samsung seperti tidak mau kalah dari merek ponsel lainnya dalam pengembangan teknologi kamera. Terbukti dari semakin berkembangnya teknologi kamera di Samsung A52s 5G.

Pada ponsel ini, ada kamera utama dan kamera selfie. Kamera utama memiliki 4 buah lensa dengan beberapa fungsi khusus, di antaranya:

  • Kamera #1: 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF, OIS.
  • Kamera #2: 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1.12µm.
  • Kamera #3: 5 MP, f/2.4, (macro).
  • Kamera #4: 5 MP, f/2.4, (depth).

Kamera utama Samsung A52s 5G mampu merekam video dengan format 4K@30fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS. Hasil perekamannya sangat tajam dan stabil.

Kelebihan dari quad camera Samsung A52s adalah hasil foto dan videonya tajam dan jernih. Dan resolusinya tinggi. Jadi, kamu dapat mengabadikan momen berhargamu dengan sempurna.

Berkat adanya teknologi OIS (Optical Image Stabilization), kini semua foto kamu tajam dan jernih. Tidak ada lagi foto buram akibat goyang atau kekurangan cahaya.

Lanjut ke kamera selfie Samsung A52s 5G.

Kamera depan Samsung A52s 5G memiliki resolusi 32 MP. Dengan kamera canggih Samsung, kamu dapat menghasilkan gambar swafoto yang jernih bersolusi tinggi sepanjang hari. Jika kamu menggunakan kamera dengan mode bokeh, kamu akan mendapatkan foto yang cantik dengan latar buram seperti foto profesional.

5. Anti air dan anti debu

Kelebihan Samsung A52s 5G yang terakhir adalah anti air dan anti debu. Samsung A52s 5G tahan terhadap tumpahan, cipratan dan percikan air.

Kemampuan ini telah divalidasi dengan adanya rating IP67 untuk ketahanan air dan debu. Samsung A52s mampu bertahan di kedalaman air hingga 1 meter selama 30 menit. Jadi, kamu tidak perlu takut saat sedang asyik memotret atau merekam video di area berair. Karena Samsung A52s telah anti air.

Kekurangan Samsung A52s 5G

1. Harganya mahal

Kekurangan pertama yang kami bahas adalah harga Samsung A52s 5G terlalu mahal (overprice). Dibanderol dengan harga Rp6.499.000, Samsung A52s 5G varian 256 GB/8 GB RAM, menurut kami terlalu mahal.

Dengan harga 6 jutaan kamu bisa mendapatkan produk HP merek lain yang lebih canggih dan lebih powerfull. Jadi, menurut kami, harga Samsung A52s 5G sudah overprice.

Tapi, kalau kamu tidak punya budget berlebih, ya itu bukan masalah yang berarti. Karena kamu akan mendapatkan jaminan kepuasan pelanggan dari Samsung. Mulai dari layanan purna jual, ketahanan produk, branding produk yang menterang dan berbagai ekosistem Samsung yang memanjakan penggunanya.

2. Pengisian daya baterai lambat

Samsung A52s 5G menggunakan baterai tipe litium polimer dengan kapasitas 4500 mAh. Kapasitas 4500 mAh termasuk kapasitas baterai besar. Kalau tidak ditunjang dengan pengisian daya cepat, kamu bisa bosan menunggui ponsel kamu berjam-jam saat mengisi daya.

Tapi, nyatanya pengisian daya ponsel Samsung A52s 5G masih cukup lama. Padahal sudah menggunakan pengisi daya cepat. Tapi, tetap saja lambat. Dengan menggunakan charger bawaan, pengisian daya baterai Samsung A52s dari 0%-100% memerlukan waktu 1 jam 30 menit.

Untuk HP harga 6 jutaan seharusnya, bisa punya fitur pengisi daya yang jauh lebih cepat dari ini sih. Jadi, menurut kami bagian ini adalah salah satu kelebihan produk Samsung A52s 5G.

3. Charge bawaan hanya 15 watt

Masih berhubungan dengan pengisian daya baterai. Ternyata, charger bawaan dari pembelian Samsung A52s 5G hanya 15 watt. Ini mengagetkan sih!

Padahal, melalui halaman produknya, pihak Samsung menjelaskan bahwa Samsung A52s 5G dapat menggunakan perangkat fast charging 25W. Nyatanya, itu hanya pancingan semata, jadi Samsung mau bilang, ini HP bisa pakai perangkat fast charging up to 25W. Bukan dikasih perangkat pengisi daya 25W.

Artinya, kalau kamu ingin pengisian daya baterai ponselmu lebih cepat, kamu perlu beli perangkat fast charging 25W sendiri. Oh my god! Kita harus merogoh kocek lagi buat beli perangkat tambahan.

3. Belum support wireless power charging dan wireless power sharing

Masih kecewa dengan perangkat fast charging yang kurang powerfull, kini kekecewaanmu akan bertambah. Karena Samsung A52s 5G belum support wireless power charging dan wireless power sharing.

Padahal, rata-rata HP 6 jutaan saat ini sudah dilengkapi fitur wireless charging. Dengan begitu, kita bisa mengisi daya ponsel dengan perangkat wireless power charging. Tapi sayangnya, Samsung A52s 5G masih belum memiliki fitur tersebut.

Padahal pada tahun-tahun ke depan, perkembangan teknologi ini pasti sangat menjamur di masyarakat. Seharusnya sih, Samsung A52s sudah support teknologi ini. Tapi, nyatanya belum. Ya, sabar ya! Ini ujian. Hehe.

5. Body dan frame masih terbuat dari material plastik polycarbonat

Kekurangan smartphone Samsung A52s 5G yang terakhir terletak pada body dan frame ponsel. Body dan frame Samsung A52s 5G masih terbuat dari material plastik polycarbonat. What? Seriusly? HP harga 6 jutaan masih pakai chasing plastik? Ya, kamu tidak salah dengar. Itu faktanya.

Seharusnya, ponsel mewah dengan harga 6 jutaan sudah menggunakan chasing aluminium atau setidaknya chasing berlapis kaca anti gores. Tapi, buktinya Samsung A52s 5G masih menggunakan body dan frame dari bahan material plastik. Sungguh sangat disayangkan.

Untuk menjaga ponsel agar tetap awet dan tetap terlihat mewah untuk waktu lama, kamu perlu membelikan backcase yang berkualitas. Dengan begitu, bodi dan frame ponsel akan terlindungi dan tidak mudah pudar.

Kesimpulan

Demikian ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A52s 5G. Dan dari beberapa kekurangan yang kami sebutkan di atas, ada beberapa kekurangan yang bisa diselesaikan dengan menambahkan aksesoris tambahan. Dan tentunya, perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli aksesoris ponsel tersebut.

Terakhir, menurut kami ponsel Samsung A52s 5G worth it untuk dibeli. Khususnya untuk kamu yang sedang mencari ponsel untuk penggunaan jangka panjang. Chipset, OK. 5G, ready. Fitur-fitur tambahannya juga OK. Mau beli? Gasslah! Hehe.

Kamu punya opini lain? Tuliskan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ya.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar