Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20i, Ponsel Murah Harga 1 Jutaan dengan RAM hingga 7 GB

Berita7 — Saat membeli smartphone, salah satu pertimbangan paling utama adalah harganya. Tidak heran apabila banyak yang mencari smartphone murah tapi bagus kualitasnya. Infinix Hot 20i hadir menjawab kebutuhan tersebut, dengan harga sejutaan dan spesifikasi berkelas.

Namun, tentu saja, sebelum membawa pulang ponsel ini, penting untuk mengetahui kelebihan begitu juga kekurangannya. Memahami kedua aspek tersebut dapat membantu memilih ponsel dengan tepat. Lihat ulasan selengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Infinix Hot 20i

Rilis22 Desember 2022
BrandInfinix
LayarTipe: IPS LCD, 500 nits (peak)
Ukuran: 6.6”, 104.6 cm2 (~83.1% rasio layar-ke-bodi)
Resolusi: 720 x 1612 piksel, rasio 20:9 (~267 ppi density)
BodiDimensi: 164.8 x 76.4 x 8.8 mm
Berat: 195g
Warna: Wilderness Black, Luna Blue, Energy Green, Sunset Gold
OSAndroid 12 atau Android 12 (Go edition), XOS 10.6
FiturWi-Fi, Bluetooth, GPS, radio FM, microUSB 2.0, On-The-Go (OTG), sensor sidik jari di bagian belakang, accelerometer, proximity
ChipsetMediaTek MT6762G Helio G25 (12 nm)
KameraKamera utama [triple camera]:
13MP, f/1.8, (wide), AF
QVGA
QVGA
Kamera depan [selfie camera]:
8MP
BateraiTipe: Li-Ion 5000 mAh, nonremovable
Charging: 10W wired/5W reverse wired
HargaRp1,4 jutaan

5 Kelebihan Infinix Hot 20i

Infinix Hot 20i memiliki kelebihan yang memberi kenyamanan kepada pengguna, seperti:

1. Mencapai RAM 7GB dan ROM 128GB

Untuk penggunaan yang smooth, Infinix Hot 20i dibekali dengan RAM hingga 7GB. RAM 4GB bawaan ponsel dapat ditambah dengan Extended RAM 3GB. Maka dari itu, dengan RAM maksimum 7GB, ponsel ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan RAM besar ini, pengguna dapat menjalankan hingga 11 aplikasi secara bersamaan. Selain itu, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya pasti terasa mulus.

2. Layar Luas 6.6” dengan Kecerahan 500 nits

Pengguna bisa browsing dan mengakses media sosial kapan saja, bahkan sembari piknik di pantai yang cerah. Infinix Hot 20i dilengkapi dengan layar 6.6” yang memiliki kecerahan maksimum hingga 500 nits. Pencahayaan ini memberikan tampilan visual dengan detail yang tajam di luar ruangan. Layarnya tetap terang meskipun ponsel ini berada langsung di bawah terik sinar matahari. Tidak lupa, tersedia fitur Mode Eye Care yang dapat mengurangi blue light (cahaya biru) untuk melindungi mata dari radiasi layar ponsel.

3. Prosesor Helio G25 untuk Mendukung Performa

Untuk mendukung multitasking, khususnya aktivitas seperti bermain game, tersedia prosesor Helio G25 yang cukup powerful. Pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game yang cepat dan menyenangkan berkat prosesor ini. Prosesornya menggabungkan octa-core Arm Cortex-A53 CPU yang beroperasi dengan kecepatan hingga 2.0GHz. Infinix Hot 20i juga mendukung produksi energi 12nm yang efisien sehingga lebih hemat daya.

4. Kamera Depan AI Portrait dan Triple Camera Belakang

Infinix Hot 20i dilengkapi dengan kamera depan 8MP AI Portrait, dan di belakang ada triple camera AI 13MP. Kameranya juga dilengkapi dengan robust image algorithm. Dengan kamera yang tersedia di bagian belakang dan depan, Infinix Hot 20i dapat menghasilkan foto bokeh yang cerah optimal. Selain itu, serta terlihat jelas fokus di setiap fotonya. Kamera Infinix Hot 20i juga dapat merekam video 1080p pada 120fps maksimum, dengan fitur super slow motion.

5. Baterai Besar 5000mAh, Dilengkapi Fitur Konektivitas

Infinix Hot 20i memiliki daya baterai besar 5000mAh Power Monster yang diklaim dapat bertahan hingga tiga hari. Baterainya juga dilengkapi dengan teknologi hemat daya Power Marathon, fitur ini pula yang membuatnya tahan hingga berhari-hari. Sebab, konsumsi dayanya menjadi lebih hemat. Cukup sekali charge, pengguna dapat memakai Infinix Hot 20i sampai tiga hari tanpa perlu charge ulang.

5 Kekurangan Infinix Hot 20i

Infinix Hot 20i juga memiliki kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan, di antaranya:

1. Masih Menggunakan Jaringan 4G

Smartphone masa kini kebanyakan sudah mulai beralih ke jaringan 5G, sehingga koneksinya lebih cepat, terutama untuk mengakses internet. 5G adalah generasi kelima dari teknologi seluler tanpa kabel, dengan kecepatan unggah dan unduh lebih tinggi dari 4G. Namun, Infinix Hot 20i masih menggunakan jaringan 4G, belum 5G.

2. Versi Android Belum Menggunakan yang Terbaru

Infinix Hot 20i merupakan smartphone baru yang belum menjalankan sistem operasi (operating system atau OS) Android terbaru, yaitu Android 13. Ponsel ini masih mendukung OS Android 12 yang merupakan versi sebelum versi terbaru. Bagi pengguna yang mencari OS Android paling baru, mungkin ponsel ini masih kurang tepat.

3. Prosesor Bukan yang Paling Tangguh

Seperti halnya sistem operasi, prosesor di ponsel Infinix Hot 20i masih merupakan seri yang lebih lama. Ponsel ini ditenagai prosesor MediaTek Helio G25 yang diluncurkan MediaTek pada tahun 2020. Memang dibuat untuk gaming, tapi Helio G25 tidak setangguh Helio G99 yang lebih baru. Berdasarkan skor benchmark AnTuTu, Geekbench, dan 3Dmark, kinerja Helio G99 mencapai tiga kali lebih baik daripada Helio G25.

4. Sensor Sidik Jari di Belakang, Bukan di Samping

Ada pengguna yang merasa tidak nyaman dengan sensor fingerprint yang berada di belakang ponsel. Sebabnya antara lain sensor tersebut lebih sulit dijangkau oleh jari, atau membuat desain ponsel terlihat kurang estetik. Ditambah lagi, sudah semakin banyak smartphone didesain dengan sensor sidik jari di bagian samping. Jadi, lebih mudah mengaksesnya ketika tangan menggenggam smartphone.

5. Kadang Ada Masalah dengan Aplikasi Bawaan

Infinix Hot 20i menggunakan antarmuka XOS 10.6 dari Infinix dengan tampilan halus. Namun, ada kalanya sistem dari Infinix tersebut membuat sistem dan aplikasi bawaan mengalami kesalahan. Jadi, mungkin terjadi bug dan error yang dapat mengurangi kenyamanan.

Melihat dari spesifikasinya, Infinix Hot 20i cocok digunakan semua kalangan yang mencari smartphone dengan baterai besar dan awet. Ditambah lagi, dengan RAM dan memori internal besar, terasa nyaman untuk menyimpan semua aplikasi serta file foto, musik, dan video. Semua hiburan dapat dinikmati dalam genggaman kapan saja dan di mana saja.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar