Infinix Zero 20: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7Infinix merilis smartphone terbaru dari seri Zero, yaitu Infinix Zero 20 pada 6 Oktober 2022. Smartphone ini baru saja dirilis menjelang akhir tahun 2022, dengan spesifikasi kelas menengah yang hampir mencapai flagship

Dengan harga di angka 3 jutaan, Infinix Zero 20 menawarkan spesifikasi yang tangguh. Desainnya yang elegan juga menjadi pusat perhatian. Lantas, seperti apa spesifikasinya? Lihat ulasan selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 menggunakan chipset Helio G99, memiliki kamera utama 108MP, serta dibekali baterai 4500mAh. Berikut spesifikasi lengkap dari smartphone ini:

1. Desain Modern Minimalis dan Elegan 

Infinix Zero 20 memiliki dimensi 164.4 x 76.7 x 8 mm, dengan berat 196g. Layarnya menggunakan material kaca, sementara frame bodinya terbuat dari aluminium.

Sementara, varian warnanya yaitu Space Gray, Glitter Gold, Green Fantasy. Untuk di Indonesia, varian warna yang populer adalah Space Gray dan Glitter Gold.

Ponsel ini memiliki desain slim dengan frame kamera berdesain kotak di belakang pojok kiri atas. Frame kamera tersebut dilengkapi dengan flash, dan secara keseluruhan desainnya elegan.

2. Chipset Gahar MediaTek Helio G99

Untuk mengoptimalkan performa, Infinix Zero 20 menggunakan prosesor MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm). Prosesornya bekerja dengan CPU octa-core yang memiliki delapan inti, yaitu:

  • 2 x 2.2 GHz Cortex-A76
  • 6 x 2.0 GHz Cortex-A55

Dapur pacu tersebut menggunakan GPU Mali-G57 MC2 dalam mendukung kinerjanya. Sementara, untuk sistemnya, Infinix Zero 12 mendukung sistem operasi OS Android 12, XOS 12.

Kemudian, untuk kapasitas penyimpanan, tersedia RAM 8GB, dan memori internal 128GB atau 256GB. Untuk pasar Indonesia, tersedia varian 8GB/256GB.

3. Layar 6.7” AMOLED 90Hz Refresh Rate

Dari segi tampilan visual, Infinix Zero 20 memiliki layar 6,7 inci AMOLED, dengan refresh rate 90Hz. Untuk rasio layar-ke-bodi yaitu 86%. Sedangkan, resolusinya 1080 x 2400 pixels, dengan rasio 20:9, dan kerapatan pixels ~393 ppi.

4. Kamera 108MP Desain Double-loop

Dari segi kamera, Infinix Zero 20 menggunakan kamera utama triple camera di belakang. Ketiganya yaitu kamera 108 MP sensor wide, 13MP, dan 2 MP. 

Kamera belakang tersebut dilengkapi dengan fitur Quad-LED flash, HDR, panorama. Selain itu, kamera belakang Infinix Zero 20 dapat merekam video 1440p@30fps.

Sementara, di bagian depan terdapat kamera 60MP sensor wide dengan OIS. Kamera depannya memiliki fitur Dual-LED flash dan HDR. Di samping itu, kamera depan ponsel ini dapat merekam video 1440p@30fps.

5. Baterai 4500mAh Super Charge 

Infinix Zero 20 menggunakan baterai Li-Po 4500mAh tipe non-removable. Sementara, untuk daya charging baterai yaitu 45W, dilengkapi teknologi Super Charge. Infinix mengklaim daya baterai ponsel ini dapat terisi 75% dalam waktu 30 menit.

6. Fitur Lain: NFC, Giroskop, Dual Speaker

Untuk fitur lainnya, Infinix Zero 20 menghadirkan NFC untuk transaksi cashless dengan e-money. Juga tersedia giroskop yang mendukung akurasi game FPS dan lainnya. 

Tersedia juga dual speaker yang menghasilkan audio jernih dan terasa nyata. Di samping itu, tersedia fitur lain, yaitu 3.5mm earphone jack untuk mendengarkan audio dengan lebih nyaman.

Kemudian, ada fitur untuk koneksi, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, radio FM, serta USB Type-C 2.0 dan OTG (On-The-Go). Sedangkan, untuk sensor tersedia sidik jari di samping, accelerometer, proximity, dan kompas.

Harga Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 menawarkan harga yang cukup terjangkau, tidak semahal smartphone kelas flagship dari Infinix. Berikut harga Infinix Zero 20 di Indonesia:

  • Infinix Zero 20 – 8GB/256GB – Rp3,4 jutaan

Kelebihan Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 menawarkan sejumlah kelebihan yang menjadi nilai plus, di antaranya:

1. Kamera Depan 60MP+OIS Terbaik untuk Vlog

Infinix Zero 20 memiliki kamera depan dengan konsep Industry First 60MP+OIS Front Camera. Infinix mengklaim bahwa ponsel ini memiliki kamera vlog terbaik. Dengan resolusi ultra-tinggi dan OIS, hasil foto stabil dan terlihat nyata, sempurna menangkap semua detail.

2. Performa Optimal dari Prosesor MediaTek Helio G99

Untuk performanya, Infinix Zero 20 menggunakan chipset prosesor MediaTek Helio G99 dengan power tinggi. Performa semakin tangguh tapi konsumsi daya lebih rendah. Chip flagship 4G ini siap menjadi senjata andalan untuk semua kebutuhan pengguna.

3. Layar 6,7 inci FHD+ AMOLED Cinematic Display 90Hz

Infinix Zero 20 memiliki layar 6,7 inci AMOLED dengan refresh rate 90Hz. Warna terlihat tajam, visual mulus, dan audio jernih, sempurna untuk bermain game dan menonton video. Layarnya juga menggunakan teknologi Eye Care: Low Blue Light Function untuk proteksi mata.

4. Ruang Penyimpanan Besar RAM 8GB/Memori 256GB

Dengan memori besar, Infinix Zero 20 dapat berlari lebih cepat. Ruang penyimpanannya memiliki kapasitas 256GB. Semua foto, video, musik, file, aplikasi, serta game tersimpan dengan nyaman. Selain itu, RAM 8GB bisa ditambah hingga 5GB agar sistem berjalan lebih smooth.

5. Desain Ponsel Terlihat Keren, Elegan dan Berkelas

Infinix Zero 20 menghadirkan desain inovatif dengan tampilan charming. Bodinya ringan dengan Metal-frame Tech, frame-nya terlihat berkilau mewah, tapi tidak berlebihan. Pilihan warnanya juga premium, yaitu hitam, emas, dan hijau kebiruan cerah.

Kekurangan Infinix Zero 20

Selain kelebihannya, Infinix Zero 20 juga memiliki kekurangan, di antaranya:

1. Kualitas Microphone Kurang Optimal

Saat menggunakan Infinix Zero 20 untuk merekam video, suara yang terdengar di rekamannya kurang optimal. Suara rekaman dari microphone kurang jernih, sehingga poin tersebut menjadi kekurangannya.

2. Video Playback 1080p Belum Maksimal

Dengan kapasitas baterainya, Infinix Zero 20 dapat memutar video maksimal sekitar 14 jam. Sebenarnya, waktu video playback tersebut diharapkan bisa lebih maksimal. Contohnya seperti smartphone di kelasnya, vivo V25e, yang mencapai lebih dari 19 jam.

3. Belum Mendukung Jaringan 5G

Infinix Zero 20 belum mendukung jaringan 5G dan masih menggunakan 4G. Jadi, meskipun performanya sudah mirip dengan smartphone 5G di kelasnya, tetap jaringannya masih 4G.

4. Belum Ada Kepastian Update Android

Untuk sistem operasinya, Infinix Zero 20 belum memberi kepastian, apakah akan ada update OS Android atau tidak. Ponsel ini memang sudah menggunakan sistem OS Infinix yang terbaru, tapi belum menggunakan Android paling baru.

5. Video Kamera Selfie 1080p Masih di 30fps

Kamera selfie bagus untuk berfoto, tapi hasil rekaman video 1080p belum mencapai 60fps, masih 30fps. Jadi, Infinix Zero 20 belum optimal untuk perekaman video dengan guncangan yang ekstrem, misalnya, saat digunakan merekam video sambil berjalan.

Meskipun demikian, Infinix Zero 20 sudah mumpuni untuk merekam video sehari-hari seperti vlog ringan. Namun, mungkin belum cocok untuk perekaman vlog yang serius. Di sisi lain, smartphone ini ideal untuk gaming dengan performa dan baterainya.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar