Infinix Hot 20S: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Meski namanya belum sebesar Xiaomi atau Samsung, Infinix terus berusaha untuk memberikan ponsel terbaik dari tahun ke tahun. Di Indonesia sendiri, Infinix cukup populer karena menawarkan segudang ponsel menarik dengan harga terjangkau. Di 2022 kemarin, Infinix merilis cukup banyak ponsel baru namun ada satu yang begitu menarik perhatian yaitu Infinix Hot 20S.

Untuk harganya, Infinix Hot 20S dengan desain menarik sekaligus spesifikasi gahar yang siap untuk melibas game-game terkini tanpa ada masalah. Untuk informasi lebih lengkap terkait spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Hot 20S, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 20S

1. Chipset

Sebagai ponsel dengan slogan “Game to the Max”, maka tidak mengejutkan apabila Infinix Hot 20S mengemas chipset gaming. Hot 20S ditenagai oleh MediaTek Helio G96 dengan CPU octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2. Lewat spesifikasi chipset yang mumpuni itu, Hot 20S diklaim bisa menghadirkan performa gaming yang premium dan tentunya bebas lag.

2. Memori

Infinix Hot 20S hanya menawarkan satu opsi RAM dan penyimpanan internal saja yaitu 8GB untuk RAM dan 128GB untuk penyimpanan internal. Untungnya, bagi mereka yang merasa jika 8GB masih kurang, Hot 20S menyediakan teknologi Extended RAM untuk mendapatkan ekstra RAM sebesar 5GB sehingga totalnya jadi 13GB. Sementara untuk penyimpanan internal, ada juga opsi ekspansi via kartu microSD hingga 512GB.

3. Baterai

Beralih ke baterai, Infinix Hot 20S dibekali dengan baterai berkapasitas besar yaitu 5,000mAh. Tidak hanya itu, baterai tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur fast-charging 18W serta reversed charging untuk mengisi perangkat lain hingga 5W. Yang menarik, baterai dari Hot 20S memiliki teknologi hemat daya Power Marathon yang diklaim bisa membuat Hot 20S bertahan hingga tiga hari dalam satu kali pengisian daya.

4. Desain

Meski dilabeli sebagai ponsel dengan kemampuan gaming mumpuni, Infinix Hot 20S tetap kalem dan tidak begitu berlebihan secara desain. Meskipun begitu, desain dari ponsel ini tetap menarik di mana salah satu varian warnanya menggunakan bahan peka cahaya sehingga bisa menampilkan perubahan warna yang keren, baik ketika siang hari maupun malam hari.

5. Layar

Untuk memanjakan mata penggunanya, Infinix membekali Hot 20S dengan layar yang istimewa. Selain memiliki ukuran 6,78 inci yang lega untuk bermain game, layar dari ponsel ini juga telah beresolusi FHD+ dan mendukung refresh rate 120Hz. Alhasil, selain gambar yang ditampilkan jauh lebih tajam dan detail, gameplay ketika bermain game juga bisa terasa lebih mulus karena telah mendukung frame-rate tinggi.

6. Kamera

Jika diakumulasikan, Infinix Hot 20S total memiliki empat kamera dengan tiga di belakang dan satu di depan. Tiga kamera belakang Hot 20S terdiri dari kamera utama 50MP yang dapat mengambil foto dalam kondisi minim cahaya secara sempurna, macro 2MP untuk mengambil foto dari objek berukuran dan depth 2MP untuk efek bokeh. Sementara untuk kamera depan, beresolusi 8MP dan diletakkan di punch-hole di tengah atas layar.

Harga Infinix Hot 20S

Bagi pengguna yang tertarik dengan Infinix Hot 20S, mereka tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena ponsel mumpuni ini hanya dibanderol di harga Rp2,3 jutaan. Untuk apa yang ditawarkan, harga seterjangkau itu tentu sangat memikat terutama bagi mereka yang punya dana terbatas namun ingin ponsel yang bisa diandalkan untuk bermain. Hot 20S sendiri tersedia empat varian warna yaitu Sonic Black, Tempo Blue, Fantasy Purple dan Light-rider White (Neon Edition).

5 Kelebihan Infinix 20S

1. Layar yang sempurna untuk bermain game

Salah satu cara terbaik untuk bermain game di ponsel adalah bermain di layar yang punya kualitas sempurna. Untungnya, Infinix Hot 20S dibekali dengan layar semacam itu. Diberi nama “HyperVision Gaming-Pro Display”, layar 6,78 inci milik Hot 20S memang sempurna untuk bermain game. Selain telah berolusi FHD+, layar ponsel ini juga telah mendukung refresh rate 120Hz untuk gameplay lebih mulus dan imersif.

2. Bawa spesifikasi terbaik untuk harganya

Hanya ada sedikit ponsel di harga kurang dari 2,5 juta telah dilengkapi dengan spesifikasi semumpuni Infinix Hot 20S. Meski dirilis pada 2021, chipset Helio G96 yang menjadi otak pemrosesan utama dari Hot 20S masih bisa diandalkan terutama untuk bermain game. Infinix bahkan mengklaim jika chipset dengan fabrikasi 12nm itu punya skor benchmark AnTuTu mencapai 338,757 poin atau 25% lebih tinggi daripada Snapdragon 680.

3. Tawarkan varian dengan bodi belakang yang bisa berubah warna

Apa yang menarik dari desain Infinix Hot 20S adalah fakta bahwa salah satu varian warnanya, memiliki bodi belakang yang bisa berubah warna. Varian itu adalah varian Light-rider White (Neon Edition) yang mengadopsi bahan peka cahaya yang unik untuk menghadirkan perubahan warna yang menarik. Kerennya, perubahan warna dalam kondisi gelap membuat bodi belakang Hot 20S tampak menyala seperti lampu neon.

4. Kaya akan fitur menarik yang menunjang sesi bermain game

Infinix Hot 20S menyematkan sejumlah fitur untuk memaksimalkan sesi bermain game pengguna. Beberapa diantaranya seperti Bionic Cooling System yang bisa mendinginkan ponsel dengan cara meningkatkan konduktivitas termal, Dar-Link 2.0 untuk memastikan performa yang mulus ketika bermain game dengan ukuran besar dan LinkPlus 1.0 untuk peralihan mode jaringan secara otomatis guna mencegah latensi.

5. Kamera mumpuni untuk kondisi minim cahaya

Meski bukan ponsel yang menjadikan kamera sebagai nilai jual utama, Infinix tetap membekali Hot 20S dengan kamera yang mumpuni, terutama pada kamera utama. Kamera utama ponsel ini beresolusi 50MP dan telah mendukung Super Night Mode yang menggunakan algoritma AI dan aperture f/1.6 untuk menyerap banyak cahaya sekalipun dalam kondisi minim cahaya.

5 Kekurangan Infinix 20S

1. Bodi belakang masih terbuat dari plastik

Terlepas dari fakta bahwa Infinix Hot 20S punya beragam varian warna dengan salah satunya bisa menyala dalam gelap, bodi belakang dari Hot 20S ternyata masih terbuat dari plastik. Meski bukan plastik dengan kualitas rendah, penggunaan bahan plastik di bodi belakang membuat Hot 20S yang tampak premium ketika dilihat, jadi tidak begitu terasa premium ketika digenggam.

2. Belum mendukung NFC

Dengan spesifikasi seistimewa itu, Infinix Hot 20S harusnya juga menyertakan salah satu fitur yang banyak dibawa oleh ponsel mid-range yaitu NFC. Sayangnya, Hot 20S sama sekali tidak memiliki NFC. Padahal, kehadiran NFC bisa menjadi nilai plus terutama lewat fakta bahwa NFC dapat membantu pengguna untuk melakukan pembayaran via kartu kredit atau e-money dengan lebih efisien, maupun berbagi file dengan lebih mudah.

3. Layar masih berpanel IPS

Layar yang diusung oleh Infinix Hot 20S memang istimewa dan luar biasa untuk bermain game, namun layar 6,76 inci itu memiliki satu kekurangan. Kekurangan tersebut ada pada panelnya yang masih IPS. Alih-alih menawarkan panel AMOLED yang notabene dapat membuat layar Hot 20S jadi lebih sempurna, Infinix malah masih memilih IPS yang sejatinya tidak begitu buruk, tapi hanya terasa kurang.

4. Fitur fast-charging hanya 18W

Dari sekian banyaknya bagian dari Infinix Hot 20S, baterai mungkin menjadi salah satu bagian yang tidak begitu difokuskan. Hal tersebut bisa dilihat dari fitur fast-charging Hot 20S yang masih 18W alias rendah untuk standar ponsel saat ini. Apalagi dengan baterai berkapasitas besar di angka 5,000mAh, mengisi daya Hot 20S dari 0%-100% tentu akan memakan waktu cukup lama.

5. Tidak memiliki kamera ultrawide

Meski hadir dengan tiga kamera belakang, Infinix Hot 20S tidak menggunakan kamera ultrawide. Alih-alih mengadopsi kamera yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas itu, Infinix malah lebih memilih kamera makro dan depth untuk menemani kamera utama. Padahal, jika dibandingkan makro dan depth, ultrawide jauh lebih berguna.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika Infinix Hot 20S merupakan ponsel yang memukau terutama karena harganya. Untuk banderol harga 2 jutaan saja, Hot 20S menawarkan spesifikasi mumpuni untuk gaming, lengkap dengan fitur-fitur menarik guna menunjang aktivitas gaming itu sendiri. Kekurangannya pun terbilang masih minor dan bisa dimaklumi mengingat harga sangat terjangkau yang ditawarkannya.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar