Strategi Draft Pick Mobile Legends: Pentingnya Memilih Komposisi dan Counter Hero untuk Menangkan Match!

Dapatkan update informasi terbaru seputar Mobile Legends dengan cara mengikuti channel Telegram @mlbb_arena.

Berita7Mobile Legends merupakan game yang mengedepankan strategi dan gameplay ketika bermain, selain itu terdapat faktor eksternal terkait game, ialah fase draft pick. Kebanyakan orang pasti suka asal-asalan ketika masih fase draft pick, di fase ini terjadi pemilihan hero yang tepat dan dirasa cocok untuk macth kedepan. Maka dari itu ketepatan pemilihan menjadi hal yang utama untuk memenangkan war.

Berbicara mengenai ketepatan pemilihan atau bisa disebut dengan komposisi tentunya tidak mudah dilakukan, pasalnya kamu harus melihat juga hero lawan saat draft pick. Masing bingung terkait komposisi dalam draft pick? Berikut informasi lengkapnya!

Pengertian Komposisi Draft Pick

Ketika bermain Mobile Legends pasti kamu sering menemui orang dengan hero asal pick dan tidak memperhatikan hero lawan. Hal ini mengakibatkan tim kamu cepat kalah dan rank kamu turun, maka dari itu pengetahuan mengenai draft pick secara mendasar perlu untuk diketahui terlebih dahulu.

Draft pick merupakan fase pre-match yang bersifat penting dan mempengaruhi jalannya match kedepannya. Hal ini karena dalam fase draft pick, tim dituntut memilih hero yang benar dan sesuai, yang mana mampu counter mengcounter satu sama lain sehingga lebih mudah dalam memenangkan game. Selain kondisi counter mengocunter, di fase ini kamu harus menyusun komposisi hero yang tepat agar musuh kebingungan soal counter item.

Jadi, kesimpulannya ialah fase draft pick sangat menentukan kemenangan game walau hanya 50%, sisanya ditentukan oleh cara bermain kamu saat match. Di fase ini, kamu harus tahu counter encounter hero, komposisi hero, komposisi waktu dan komposisi role. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini!

Hal-hal Penting Seputar Draft Pick

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sebelum memasuki match, kamu harus melewati fase draft pick. Di fase ini terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan. Apa saja hal tersebut? Berikut daftarnya!

1. Counter Encounter Hero

Arti kata counter disini ialah hero kamu yang efektif mengalahkan hero lain, sedangkan istilah encounter ialah hero lain yang menang power terhadap hero yang kamu pick. Semisal lawan melakukan pick terhadap Phoveus offlaner, maka hal yang perlu kamu lakukan ialah memilih hero Esmeralda karena ia sebagai counter alami Phoveus. Sedangkan untuk berjaga-jaga kamu harus mengunci Dyrroth di fase ban karena ia merupakan encounter Esmeralda. Dengan artian Dyrroth sangat mudah melawan Esmeralda sehingga dengan ban tersebut menghindarkan adanya Dyrroth saat match.

2. Komposisi Hero

Yang selanjutnya ialah komposisi hero, hal ini sangat berpengaruh besar saat jalannya match. Mengapa? Karena dengan komposisi hero yang berlebihan justru akan membuat tim kamu kalah war. Semisal dalam satu tim terdapat Valir, Karina, Natan, Jhonson dan Yu Zhong, nah sudah bisa disimpulkan bahwa terdapat 4 hero magic dan 1 hero physical.

Ketika terjadi over hero dari segi tipe damage maka musuh akan semakin mudah untuk mengcounternya. Ketika menghadapi draft seperti itu maka musuh cukup membeli item Athena shield dan Radiant armor untuk mengocunternya. Dengan begitu war akan kalah karena hanya membawa 1 hero physical. Susunan komposisi yang benar ialah 3 hero magic dan 2 hero physical atau bisa juga sebaliknya.

3. Komposisi Role

Kamu pasti pernah bukan melihat user Selena beralih fungsi sebagai roamer? Hal ini cukup mengejutkan tetapi masih bisa diterima sebagai meta saat ini. Mengapa? Karena susunan role tersebut sudah tepat dengan menghadirkan Selena roam. Lalu siapa yang akan mengisi lane lain apabila menempatkan hero assassin sebagai roam? Untuk hal ini jungler tank adalah pilihan terbaik.

Komposisi role disini ialah adanya 5 role yang lengkap dalam sebuah game walaupun memiliki tugas yang berbeda dari biasanya. Semisal jungler kamu diisi oleh Akai, maka setidaknya kamu membutuhkan 2 hero tebal sebagai barisan depan. Karena sudah terdapat Akai maka kamu bisa pick offlaner tebal seperti Lapu-lapu. Nah 3 hero lain ini bisa kamu gunakan sebagai penyuplai damage dan inisiator, seperti halnya Selena roam, Pharsa mid lane dan Beatrix gold lane. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa setidaknya dalam satu tim terdapat 3 hero damage dan 2 hero tebal.

4. Komposisi Waktu

Hero di Mobile Legends mempunyai waktunya sendiri-sendiri untuk bertarung, yang mana dibagi menjadi 3 tipe yakni hero early game, mid game dan late game. Biasanya tim yang kebanyakan hero early game akan mendominasi saat awal dan akan kalah ketika late game begitu pula sebaliknya. Sedangkan untuk hero mid game sangat efektif di pick karena situasional baik saat di early maupun late.

Untuk contoh susunan heronya seperti Pharsa, Beatrix, Ling, Gloo dan Lolita, kelima hero ini sudah seimbang dari susunan waktu hero. Yang mana Pharsa akan berguna ketika memasuki mid hingga late game, sedangkan untuk Gloo dan Beatrix sangat mendominasi dari awal game hingga late game. Untuk damage tertinggi akan diraih oleh Ling ketika sudah memasuki fase late game, Adapun peran Lolita disini sebagai inisiator atau melakukan harras bersama Pharsa dan Gloo ketika mid game. Harras disini berarti menganggu jungler lawan ketika melakukan farming supaya resource mereka tertinggal jauh.

Selain itu untuk komposisi hero ini hindari pick hero full early game seperti Fanny, Silvanna, Dyrroth dan Eudora. Hal ini karena susunan ini akan kuat di awal dan lemah di late game. Kemudian hindari juga pick hero late game berlebihan seperti Aldous, Cecilion, Lesley, Hanabi dan Hanzo, karena akan menimbulkan kekalahan apabila musuh cepat-cepat melakukan end.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap seputar komposisi draft yang tepat ketika bermain ranked. Kamu bisa mencobanya saat mabar berlima dengan teman, dijamin menang mulus!

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar