Apa itu Meta Tank Jungler? Penjelasan, Strategi, Kelebihan dan Kekurangannya!

Dapatkan update informasi terbaru seputar Mobile Legends dengan cara mengikuti channel Telegram @mlbb_arena.

Berita7 — Mobile Legends semakin hari semakin kompleks baik dari segi meta maupun hero yang dirilisnya. Akhir-akhir ini, Moonton menyajikan sebuah perubahan yang sangat besar bagi player Mobile Legends, yakni dengan membuat hero Tank menjadi pilihan utama untuk role jungler.

Setelah patch terbaru beberapa season silam, kini spell Retribution sangat cocok digunakan untuk hero Tank. Dengan perubahan tersebut, akhirnya muncul Meta Tank Jungler. Di mana, tim menggunakan Tank untuk mengisi role Jungler daripada Assassin. Dan kemunculan Meta Tank Jungler ini mengubah hampir semua gameplay para player.

Lalu, apa itu Meta Tank Jungler dan bagaimana hal tersebut bisa menjadi meta yang mendominasi saat ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Penjelasan Meta Tank Jungler

Istilah Tank jungler pertama kali ditemukan dalam gelaran MPL ID beberapa season lalu,. Setelah tim Esports di MPL ID menjuarai turnamen dengan mulus menggunakan komposisi Tank Jungler. Melihat pertandingan turnamen yang seru tersebut, tampaknya Moonton menginginkan trend tersebut terjadi kedepannya.

Montoon melakukan update untuk pengguna Spell Retribution. Spell Retribution yang telah mendapatkan update bekerja dengan skala HP hero. Jadi, semakin banyak HP hero pemegang Retribution maka semakin sakit juga efeknya kepada buff atau lawan.

Player professional yang memang berkancah di dunia kompetitif sontak mengubah gameplay mereka untuk memperoleh banyak kemenangan, salah satunya dengan memakai Meta Tank Jungler. Sejak MPL ID season 7 silam, kombinasi Meta Tank Jungler dalam gameplay kian ramai.

Dan terbukti sukses mengantarkan beberapa tim besar meraih gelar champion. Sebab, Jungler Tank dianggap paling efektif saat farming karena mereka tak membutuhkan cover dan mandiri sejak early game. Hal inilah yang kemudian membuat Assassin Hyper tidak lagi menjadi Meta utama.

Hero yang Cocok untuk Meta Tank Jungler

Jungler Tank merupakan META (Most Effective Tactics Available) yang mengandalkan durabilitas dan skill set, sehingga tidak semua Tank bisa menjadi Jungler. Hanya saja beberapa Tank yang memiliki efek unik tertentu kepada creep atau memang skill mereka sangat cocok untuk farming lebih cepat. Langsung saja berikut daftar hero Tank yang cocok untuk Meta Tank Jungler!

1. Akai

Yang pertama ialah Akai, hero panda satu ini terkenal memiliki basic attack menyakitkan dan shield di setiap serangannya. Selain itu dengan skill 2 miliknya, Akai dapat menyicil HP lawan dengan mudah dan memberinya efek slow. Retribution sendiri sangat cocok untuk Akai, karena HP miliknya sangat banyak dan juga memiliki pasif yang akan memberikan damage tambahan di setiap basic attack. Akai akan memberikan mark pada target dan meningkatkan damage serta memberinya tambahan shield, sehingga tak heran apabila hero ini sangat laris digunakan sebagai jungler Tank.

2. Fredrinn

Selanjutnya ialah Fredrinn, sosok Fighter Tank yang memiliki skill set paling menyebalkan dari jungler Tank lainnya. Sebagai seorang hyper dan memiliki darah tebal, Fredrinn memiliki 3 kekuatan unik yakni critical ultimate, HP regen dan efek taunt. Ketiga kekuatan inilah yang membuatnya sangat laku bahkan di gelaran MPL sekalipun. Selain itu Fredrinn tidak mudah tewas karena ia memiliki sejumlah HP simpanan yang akan terus bertambah seiring waktu.

3. Barats

Soal durabilitas dan efek CC paling menyebalkan datang dari hero Tank Barats, sosok hero mirip dinosaurus ini sangat cocok sekali memegang spell Retribution. Hal ini karena setiap kali Barats mengenai creep atau lawan maka ia akan meningkatkan ukuran tubuhnya. Semakin besar tubuhnya maka semakin sakit juga damage yang dikeluarkannya, selain itu Barats memiliki skill yang mampu melahap lawan serta memberikan efek CC. Dengan begitu ia akan susah di counter sebagai Tank jungler dan akan lebih mudah beradu dengan tim lawan.

4. Khufra

Siapa sangka hero montage satu ini dapat dialihkan menjadi Tank jungler? Memang terdengar sangat aneh tetapi hal ini sangat menguntungkan ketika war. Dengan memakai Khufra jungler, tim lawan akan kesulitan saat beradu turtle atau menginisiasi war, pasalnya Khufra memiliki skill anti blink. Skill 2 Khufra sangat cocok untuk mematahkan Gerakan jungler assassin seperti Hayabusa dan Lancelot, mereka akan terkena efek Airborne sehingga mudah ditumbangkan.

5. Hylos

Terakhir ialah Hylos, sosok hero seperti Unicorn ini merupakan Tank jungler paling cepat dan paling kuat diantara lainnya. Hal ini karena skill 2 Hylos akan memberikan damage terus menerus kepada creep dan lawan, sehingga mereka akan tercicil dengan sesering mungkin yang membuatnya cepat tewas melawan Hylos. Selain itu Hylos memiliki HP yang sangat tebal dan dilengkapi efek CC berupa slow dan stun, sehingga Hylos susah ditumbangkan sembari tetap memberikan damage kepada musuh.

Kelebihan Meta Jungler Tank

  1. Lebih mudah ketika early game, hal ini karena kebanyakan Tank yang menjadi jungler memiliki HP yang tebal dan serangan yang kuat sejak awal game. Dengan demikian Tank jungler ini mampu merusuh buff lawan lebih mudah dan membuat Assassin lawan kalah gold.
  2. Memiliki HP tebal dan susah dibunuh, meta Tank jungler juga memiliki kelebihan yang mana akan susah di kill terutama oleh damage dealer lawan. Sehingga apabila war terjadi, Tank jungler mampu sustain dengan lama sembari memakai Retribution untuk memenangkan war.
  3. Mudah untuk kontes lord atau turtle, karena memiliki HP yang tebal membuat jungler Tank ini tak perlu khawatir lagi akan terbunuh oleh lawan. Selain itu dengan keuntungan ini kamu bisa membuka map sekaligus menginiasi tim saat merebut lord dari lawan, karena kamu memakai spell Retribution.

Kekurangan meta jungler Tank

  1. Harus mempunyai damage dealer di belakang. Sebagai seorang Tank tentunya damage yang dimilikinya tidak sebesar Assassin lawan. Oleh karena itu, akan sangat baik apabila menempatkan Marksman atau Mage di belakang Tank saat ingin mendapatkan objective, yang mana Marksman/Mage akan berfungsi sebagai pemberi damage tambahan.
  2. Tidak bisa instan kill, jika kebanyakan Assassin akan sangat sering melakukan instan kill namun tidak untuk jungler Tank. Mereka membutuhkan tim untuk membantunya mencari kill. Jika sendirian berjalan di lane maka Tank tersebut akan lebih mudah terciduk dan tewas saat menemui lawan yang berlima.
  3. Tidak bisa main solo, saat kamu ingin bermain jungler Tank pastikan mengajak teman mabar. Karena kamu tahu sendiri bahwa jungler Tank tidak bisa memperoleh kill banyak. Tugasnya hanyalah sebagai pemegang Retribution dan menjadi inisiasi yang akan memudahkan tim memperoleh resource. Jadi, apabila kamu main solo sangat tidak worth it memakai jungler Tank.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai meta jungler Tank beserta penjelasan, hero dan kelebihan serta kekurangannya. Jadi setelah membaca penjelasan diatas apakah kamu tertarik menggunakan jungler Tank?

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar