Menguasai Role dan Lane di Mobile Legends: Kunci Kemenangan Beruntun di MLBB

Dapatkan update informasi terbaru seputar Mobile Legends dengan cara mengikuti channel Telegram @mlbb_arena.

Berita7 — Pernahkah kamu mendapatkan kemenangan beruntun ketika bermain ranked di Mobile Legends? Mungkin dari segi komposisi tim kamu sudah tepat dengan susunan hero yang tepat pula.

Tak bisa dipungkiri bahwa faktor kemenangan sangat ditentukan dari segi hero dan juga pengisian lane yang benar, jika asal-asalan begitu saja maka bisa dipastikan tim kamu akan kalah telak.

Berbicara mengenai komposisi hero Mobile Legends yang tepat, mungkin ada baiknya kamu mengetahui secara mendasar tentang hal itu. Pasalnya pengetahuan dasar terkait role dan lane ini sangat penting untuk player Mobile Legends.

Langsung saja berikut ulasan lengkap terkait role dan lane di Mobile Legends. Yuk, lanjut baca.

Role di Mobile Legends

Hero-hero di Mobile Legends sangat banyak dan bermacam-macam. Hal ini menjadikan permainan semakin kompleks. Semakin hari jumlah hero di Mobile Legends semakin banyak dan terdiri dari role yang berbeda. Berikut penjelasan tiap-tiap role di Mobile Legends!

1. Assassin

Role pertama ialah Assassin. Assassin merupakan hero yang rata-rata memiliki pergerakan lincah dan juga mempunyai damage burst menyakitkan hanya dengan sekali serang. Umumnya hero bertipikal Assassin ini memiliki HP yang tipis sehingga mudah untuk dikalahkan, namun apabila ia telah menjadikan itemnya terlebih dahulu maka keadaan akan berbalik sepenuhnya.

Para Assassin ini menjadi core atau kunci utama untuk memenangkan pertandingan, untuk itu biasanya para hyper banyak diisi oleh role ini untuk memaksimalkan damage mereka. Contoh hero Assassing yang lagi OP adalah Ling, Hayabusa, Fanny.

2. Mage

Kemudian ada role Mage, role yang mengisi lane tengah ini memiliki beragam tipe serangan yang mematikan dan tentunya berdamage magic. Beragam tipe serangan tersebut antara lain poke dan burst, adapun skill dari hero Mage seperti Blink, AoE, Stun dan Poke.

Pertama dari tipe serangan, kebanyakan hero jenis poke sangat menyusahkan lawan seperti Valir dan Yve. Untuk tipe burst seperti Eudora dan juga Vale, mereka memiliki serangan yang 100% instan kill. Contoh untuk hero Mage blink ialah Harith, AoE seperti Luo Yi, Stun seperti Selena dan Poke seperti Yve. Hero Mage bertugas untuk memberikan efek CC kepada lawan sehingga war akan lebih terasa ringan bagi tim.

3. Tank

Ketiga ialah role Tank. Tank merupakan role yang bertugas untuk menahan damage dari lawan dengan cara menebengi damage dealer tim. Hero-hero Tank seperti Tigreal, Franco, Atlas dan Grock, keempat hero ini sangat layak mengisi roaming dengan membawa item roam.

Mengapa? Karena item ini berfungsi untuk memberikan Buff alias peningkatan damage tim. Tank memiliki HP tebal namun serangan yang dihasilkannya sangat rendah kecuali memakai Red buff seperti Akai.

4. Marksman

Pemegang damage tertinggi ketika late game jatuh pada role Marksman, role satu ini memiliki serangan range alias berjarak dari musuh. Dengan begitu ia akan mudah untuk menghindari serangan basic attack lawan berjarak rendah seperti Fighter atau Assassin.

Hero Marksman sangat membutuhkan item physical dan juga lifesteal untuk menjaga daya tahan hidupnya, ia memiliki serangan paling sakit namun mempunyai HP paling rendah. Oleh karena itu, hero Marksman seperti Clint, Beatrix, Karrie dan lain-lain harus memiliki Tank yang Tangguh untuk menjaga dirinya dari serangan lawan sembari memberikan damage mematikan.

5. Fighter

Terakhir ialah role Fighter. Fighter merupakan role yang berfungsi untuk menyerang area belakang lawan dan mengincar core lawan bersama Assassin. Selain itu, Fighter juga berfungsi untuk tahan badan ketika Tank telah tewas terlebih dahulu.

Role Fighter memiliki damage terbilang sakit dengan durabilitas tinggi, namun ia memiliki kelemahan yakni tidak selincah Assassin, sehingga rentan tewas apabila adu damage.

Walau begitu Fighter seperti Yu Zhong dan Lapu-lapu tergolong Fighter inisiasi yang tepat dan counter semua Assassin karena selain durabilitas tinggi mereka juga memiliki damage menyakitkan.

6. Support

Terakhir ialah role Support, merupakan tipe role hero yang memiliki skill set berupa buff hero lain maupun efek heal. Jadi kebanyakan hero bertipe Support ini tidak memiliki damage mematikan, hanya saja skill set yang dimilikinya akan membuat hero satu tim terlihat lebih kuat di mata musuh. Hero Support ini semisal Mathilda yang akan memberikan Flicker gratis atau Estes sebagai healer. Kemampuan hero Support sangat bermacam-macam mulai dari efek heal, blink, shield, barrier, morph hingga CC area yang sangat besar.

Lane di Mobile Legends

Selain mengatur komposisi hero berdasarkan role yang tepat, di Mobile Legends sendiri terdapat beberapa lane. Nah, fungsi lane ini berbeda-beda satu sama lain yang mana apabila dimaksimalkan maka tak jarang kemenangan akan diperoleh dengan mudah. Mau tahu fungsi dari tiap-tiap lane? Berikut penjelasannya!

1. Jungler

Kalau kamu bertanya siapa lane yang bertugas menggendong tim menuju kemenangan maka jungler adalah jawabannya. Lane ini dikhususkan untuk hero-hero Assassin berdamage tinggi karena di lane jungler terdapat aneka buff yang mampu meningkatkan damage penggunanya.

Walau begitu akhir-akhir ini banyak para player yang menggunakan hero Tank sebagai jungler karena selain kuat damage mereka juga sakit karena red buff, tak hanya itu Tank jungler ini bisa menjadi inisiator sekaligus hyper yang susah dibunuh.

2.  Mid lane

Kedua ialah mid lane, yang mana bertugas sebagai penjaga lane tengah. Hero yang cocok mengisi mid lane ialah Mage karena memiliki serangan area yang luas sekaligus burst.

Tugas para mid laner ialah membantu lane lain apabila sedang kesulitan, hal ini sangat membantu terlebih Mage yang mengisi mid lane memiliki AoE yang luas seperti Pharsa.

3. Exp lane

Lane ini merupakan lane favorit bagi Fighter, karena disinilah mereka akan dipertemukan dengan sesama Fighter. Sebagai pengisi lane ini para Fighter diharuskan untuk membantu set up turtle di menit 3 dan juga memotong lane atas untuk menambah resource tim.

Tak hanya itu saja para pengisi Exp lane harus berusaha sendirian untuk push turret dan menginiasi war ketika diperlukan.

4. Gold lane

Marksman merupakan hero yang cocok mengisi lane ini mengingat damagenya akan sangat sakit ketika late game dan lemah saat early game. Gold lane merupakan lane yang kaya akan gold sehingga cocok digunakan Marksman untuk memperkaya resource dan lebih cepat menjadikan itemnya.

Hero Marksman yang telah menguasai lane ini dengan setidaknya menghancurkan satu turret sudah dijamin akan mendominasi war terlebih itemnya telah jadi sekitar 3 atau 4.

5. Roam

Inilah lane paling susah di Mobile Legends, lane roam tidak memiliki lokasi yang jelas hanya saja mereka memiliki tugas untuk selalu keliling antara semua lane dan memastikan mereka semua baik-baik saja.

Lane ini kebanyakan diisi oleh hero Tank dan Support dengan catatan membeli item roam untuk meningkatkan damage teman satu tim atau memaksimalkan potensi mereka. Walau tidak terlalu berdamage saat war, namun lane ini merupakan kunci utama kemenangan terlebih ketika mereka melakukan montage yang membuat terkejut saat bermain.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai role dan lane di Mobile Legends yang harus kamu ketahui setidaknya secara mendasar. Pasalnya hal ini akan sangat berpengaruh terutama ketika kamu bermain bersama teman, dengan membangun susunan role dan lane yang tepat maka kemenangan sudah pasti nampak di depan mata. Nggak percaya? Cobain deh!

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar