Mengenal Upper Bracket dan Lower Bracket di MLBB M4 World Championship

Dapatkan update informasi terbaru seputar Mobile Legends dengan cara mengikuti channel Telegram @mlbb_arena.

Berita7 — Kejuaraan Mobile Legends M4 World Championsip kini telah memasuki babak baru, yaitu Knockout Stage. Knockout State merupakan babak double elimination bracket. Di mana, pada babak Knockout akan ada 2 jalur pertandingan, yaitu Upper Bracket dan Lower Bracket.

Apa itu jalur pertandingan Upper Bracket dan Lower Bracket? Nggak usah mengernyitkan dahi gitu. Kami akan mengulasnya secara lengkap untuk kamu. Yuk, lanjut dulu.

Apa itu Upper Bracket?

Pada babak grup, 16 tim telah bertanding dengan sistem Bo1 (Best of One) untuk menentukan peringkat di dalam grup. Dari hasil pertandingan babak grup, ada 8 tim yang berhasil lolos ke Upper Bracket babak knockouts MLBB M4 World Championship.

Lalu, apa itu Upper Bracket? Upper Bracket merupakan jalur pertandingan di M4 World Championship untuk tim yang memperoleh peringkat 1 dan 2 di masing-masing grup.

Ada 8 tim yang saat ini menghuni Upper Bracket. Tim penghuni Upper Bracket akan bertanding dengan sistem Bo5 (best of 5) untuk saling mengeliminasi satu sama lain.

Tim yang memenangkan pertandingan Bo5 akan melaju ke jalur Upper Bracket selanjutnya. Sedangkan, tim yang kalah dalam pertandingan akan tereliminasi dari jalur Upper Bracket dan turun ke rute pertandingan Lower Bracket yang persaingannya cukup ketat.

Singkat kata, tim yang bertanding di Upper Bracket seperti punya 2 nyawa sebelum gugur di kejuaraan. Karena kalau kalah dalam Bo5, tim yang kalah akan tetap bisa bertanding di jalur Lower Bracket. Karena kelebihan inilah, banyak tim ngotot ingin mengamankan posisi mereka agar masuk ke jalur Upper Bracket.

Apa itu Lower Bracket?

Setelah tahu Upper Bracket, kita lanjut ke Lower Bracket. Apa itu Lower Bracket? Lower Bracket adalah rute pertandingan untuk tim-tim yang memiliki peringkat 3 dan 4 dari babak grup.

Tim-tim yang memperoleh poin rendah dibabak grup akan berkumpul di Lower Bracket. Tim-tim tersebut akan bertanding dengan sistem gugur menggunakan format Bo3 (Best of 3).

Tim yang memenangkan Bo3 di Lower Bracket akan menantang tim Upper Bracket yang telah tereliminasi dan turun ke jalur pertandingan Lower Bracket. Begitu seterusnya, sampai akhirnya nanti tim Upper Bracket hanya tersisa 1 tim. dan Lower Bracket tersisa 1 tim. Dengan demikian, barulah tim pemenang Lower Bracket bisa menantang tim Upper Bracket di babak Grand Finals.

Simulasi Pertandingan Upper Bracket dan Lower Bracket

Tim Yang Berhasil Lolos Ke Upper Bracket Babak Knockouts Mlbb M4 World Championship

Biar kamu lebih paham, langsung kami kasih simulasi pertandingan Upper Bracket dan Lower Bracket. Kita ambil contoh, babak Knockout Day-1 dan Day 3:

Jadwal M4 Knockout Stage hari ke-1 (Upper Bracket Bo5), Sabtu, 7 Januari 2023

  • Falcon Esports (Myanmar) vs. ONIC Esports (Indonesia) – 14.00 WIB
  • ECHO (Filipina) vs. Team HAQ (Malaysia) – 18.00 WIB

Jadwal M4 Knockout Stage hari ke-3 (Lower Bracket Bo3), Senin, 9 Januari 2023

  • RSG SG (Singapura) vs. S11 Gaming (Argentina) – 14.00 WIB

Catatan: Jadwal lengkap MLBB M4 World Championship Knockout Stage [Day 1-9], ada di sini.

Dari hasil pertandingan di atas, tim pemenang babak Knockout Day-1 akan saling berhadapan di jalur Upper Bracket selanjutnya. Semisal pemenangnya, tim ONIC Esports dan tim ECHO. Kedua tim ini akan saling berhadapan di jalur Upper Bracket selanjutnya.

Sedangkan tim yang kalah akan tereliminasi dari Upper Bracket dan melanjutkan pertandingan melalui jalur Lower Bracket.

Misalnya, Falcon Esports kalah. Tim Falcon nantinya akan bertanding di jalur Lower Bracket menghadapi tim pemenang dari pertandingan Lower Bracket antara tim RSG SG vs. S11 Gaming.

Ingat, sistem pertandingan di jalur Lower Bracket lebih kejam, yaitu sistem gugur dengan format pertandingan Bo3 (Best of 3). Tim yang kalah dipertandingan Lower Bracket akan gugur dari pertandingan. Maka dari itulah, jalur Lower Bracket sering disebut jalur neraka. Sekali tergelincir, tim Esports akan gugur dan pulang ke negara asal.

Kelebihan Upper Bracket dan Lower Bracket

Ada kelebihan dan kekurangan dari kedua jalur pertandingan tersebut. Makanya, ada beberapa tim yang memilih strategi untuk melaju melalui jalur Upper Bracket dan ada juga yang lebih memilih jalur Lower Bracket.

Kelebihan jalur Upper Bracket, di antaranya:

  • Tim tidak langsung gugur jika kalah dalam pertandingan, hanya tereliminasi ke Lower Bracket
  • Punya banyak waktu istirahat dan menganalisa pertandingan tim lain
  • Memiliki kesempatan besar menjadi juara
  • Stamina pemain lebih baik, karena tidak melakukan banyak pertandingan berat secara terus-menerus
  • Bisa beristirahat dengan santai sambil menunggu pertandingan selanjutnya

Kelebihan jalur Lower Bracket, di antaranya:

  • Die Hard. Tim Lower Bracket bermain all out sejak awal pertandingan. Karena pilihan yang mereka miliki cuma satu menang atau pulang.
  • Punya banyak jam terbang karena terus-terusan adu mekanik dengan tim-tim peserta M4 World Championship
  • Punya kesempatan untuk menantang pemenang jalur Upper Bracket di babak Grand Finals.

Itulah ulasan lengkap tentang Upper Bracket dan Lower Bracket di MLBB M4 World Championship. Dengan paham hal tersebut, semoga kamu bisa menikmati keseruan pertandingan MLBB M4 World Championship dari awal sampai akhir nanti. Dukung terus tim jagoanmu dan salam “Saatnya Indonesia Juara!”.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar