Kelebihan dan Kekurangan ROG Phone 6, Ponsel Gaming dengan Segudang Fitur Keren

Berita7 — Tidak dapat diragukan lagi jika nama Republic of Gamers atau ROG sangat populer di kalangan gamers di Indonesia. Salah satu produk terbaik ASUS di tahun ini adalah ROG Phone 6.

Dilengkapi dengan spesifikasi high-end dan fitur-fitur gaming keren, ROG Phone 6 bisa dibilang merupakan ponsel gaming terbaik di tahun ini. Jika kamu tertarik untuk meminang ponsel yang satu ini, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan ROG Phone 6 terlebih dulu. Berikut ulasannya!

Spesifikasi ROG Phone 6

Rilis21 September 2022 (Indonesia)
LayarAMOLED 6,78 inci FHD+ 165Hz
BodiBobot: 239 g Dimensi: 173 x 77 x 10,3 mm
OSAndroid 12
ChipsetQualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
KameraKamera belakang: 50MP (utama), 13MP (ultrawide), 5MP (macro) Kamera depan: 12MP
Baterai6,000mAh dengan fast-charging

5 Kelebihan ROG Phone 6

1. Chipset mumpuni untuk gaming tanpa lag

Agar bisa memiliki performa yang benar-benar maksimal, ASUS mempercayakan Snapdragon 8+ Gen 1 sebagai otak pemrosesan utama bagi ROG Phone 6. Chipset dari Qualcomm itu diklaim memiliki performa CPU dan GPU yang masing-masing 10% lebih dan 20% lebih baik. Ditambah dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan hingga 512GB, sesi gaming pengguna di ROG Phone 6 dijamin tidak akan terganggu oleh masalah seperti lag atau freeze.

2. Layar AMOLED dengan refresh rate 165Hz

Untuk menunjang aktivitas gaming yang lebih nyaman, tidak hanya dibutuhkan spesifikasi yang mumpuni, tapi juga layar dengan kualitas yang sangat baik. ASUS ROG Phone 6 menjadi salah satu ponsel gaming dengan layar istimewa di mana layarnya telah menggunakan panel AMOLED untuk warna yang lebih akurat. Tidak hanya itu, layar 6,78 inci dari ponsel ini juga telah mendukung refresh rate 165Hz untuk gaming dengan frame-rate lebih maksimal.

3. Baterai dengan kapasitas jumbo

Mempertahankan salah satu fitur terbaik dari ASUS ROG Phone 5, ROG Phone 6 juga dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo di angka 6,000mAh. Baterai jumbo dari ROG Phone 6 sendiri merupakan dua baterai berkapasitas 3,000mAh yang diletakkan secara simetris. Selain kapasitas jumbo, baterai dari ponsel ini juga telah mendukung fitur fast-charging 65W yang diklaim bisa isi daya hingga 100% dalam waktu 42 menit saja. 

4. Desain khas gaming dengan lampu RGB

Semua produk yang dirilis oleh ROG selalu punya desain menarik dan ROG Phone 6 tak terkecuali. Ponsel ini mengusung desain khas gaming yang tampak futuristik, terutama pada bagian bodi belakang yang juga dilengkapi dengan lampu RGB yang dapat di kustomisasi. Meski tidak memberikan pengaruh apa pun ketika bermain game, setidaknya lampu yang juga disebut Aura RGB Lighting itu mampu memberikan penampilan yang berbeda.

5. Sepasang tombol trigger untuk gaming imersif

Meski kerap kali disebut sebagai tombol trigger, AirTrigger sejatinya merupakan sensor ultrasonic yang menyatu dengan bagian bodi samping. Sederhananya fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan tombol ekstra ketika bermain game, terutama pada game shooter seperti PUBG Mobile atau Apex Legends. Guna menghindari salah input, AirTrigger juga menghadirkan opsi kustomisasi tingkat sensitivitas.

5. Kekurangan ROG Phone 6

1. Tidak ada slot microSD

Meski tidak mengejutkan ketika mengetahui bahwa ASUS ROG Phone 6 tidak dilengkapi dengan slot microSD, tetap saja absennya fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan ekstra, terasa mengecewakan. Terlebih di Indonesia sendiri, ROG Phone 6 hanya tersedia dalam varian kapasitas penyimpanan 256GB saja, yang terasa kurang bagi sebagian pengguna.

2. Resolusi layar yang terbilang standar

Terlepas dari fakta bahwa layar ASUS ROG Phone 6 telah menggunakan panel AMOLED yang istimewa dengan refresh rate tinggi di angka 165Hz, cukup mengecewakan ketika mengetahui jika resolusi yang diusung layarnya masih FHD+. Apalagi banyak ponsel flagship terkini telah dibekali dengan resolusi QHD+ untuk kualitas tampilan yang lebih tajam dan memanjakan mata.

3. Tidak memiliki kamera telephoto

Selanjutnya dari sektor kamera di mana ROG Phone 6 tidak memiliki kamera telephoto. Untuk ponsel dengan harga lebih dari Rp10 juta, kehadiran kamera telephoto di sebuah ponsel sangat penting terutama untuk mengambil foto atau video dari jarak jauh dengan lebih jelas. Untungnya, kamera utama ROG Phone 6 masih tergolong bagus dan memukau ketika mengambil foto/video, sekalipun dalam kondisi minim cahaya.

4. Aksesoris gaming dijual secara terpisah

Sebagai ponsel gaming berkelas, ROG Phone 6 juga menghadirkan sejumlah aksesoris gaming tambahan untuk memaksimalkan sesi bermain game. Salah satu yang paling menarik adalah AeroActive Cooler 6, pendingin nirkabel yang dapat menurunkan suhu ponsel hingga 25 derajat Celsius. Sayangnya, aksesoris ini dijual secara terpisah alias pengguna harus mengeluarkan uang ekstra untuk bisa menikmatinya.

5. Bodi yang agak tebal

Kapasitas baterai 6,000mAh yang telah dipisah ke dalam dua baterai 3,000mAh tidak serta merta membuat ROG Phone 6 punya bodi yang ramping. Faktanya, ponsel gaming yang satu ini memiliki ketebalan 10,3 mm sehingga membuatnya terasa bengkak dan agak kurang nyaman jika digenggam atau digunakan dengan satu tangan, belum lagi jika ditambah dengan casing yang tentunya bakal menambah ketebalannya.

Kesimpulan

Dengan harga Rp10,9 jutaan untuk varian 8GB/256GB dan Rp13,9 jutaan untuk varian 12GB/256GB, ROG Phone 6 menjadi ponsel yang layak dipilih. Terutama untuk pengguna yang butuh ponsel gaming yang tidak hanya menarik dari segi penampilan, tapi mumpuni untuk bermain game-game dengan kualitas visual tertinggi tanpa ada masalah.

Tapi perlu diingat juga, jika ROG Phone 6 tidaklah sempurna alias memiliki sejumlah kekurangan terutama pada bagian ketersediaan slot microSD, resolusi layar dan juga aksesoris yang dijual terpisah.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar