Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12, Ponsel Fotografi dengan Quad Qamera Berkualitas

Berita7 — Pada penghujung tahun 2020, Samsung secara resmi meluncurkan Samsung Galaxy A12 di Indonesia. Smartphone ini termasuk salah satu produk entry-level di merek Samsung. Walaupun masuk ke jajaran smartphone untuk golongan menengah-ke bawah seperti generasi sebelumnya Samsung A11.

Samsung Galaxy A12 hadir dengan banyak keunggulan, seperti baterai dengan kapasitas besar yang ditunjang dengan 15W fast charging. Tidak hanya itu, bagian belakang terdapat 4 buah kamera untuk menunjang kamu dalam mengabadikan momen yang menarik.

Masih kurang menarik? Harga yang diberikan Samsung untuk produk Samsung Galaxy A12 adalah Rp 2.499.000 untuk varian RAM 4 / 128GB setelah peluncuran. Tentu, saat ini harganya lebih murah lagi.

Sekarang tertarik untuk membeli smartphone ini? Tunggu dulu, diharga segitu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Mau tau apa? Eits tunggu dulu, sebelum menyelam ke pembahasan 10 kelebihan dan kekurangan Samsung A12. kamu perlu membaca sekilas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A12 agar lebih paham.

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

KeteranganSpesifikasi Samsung A12
Dimensi164 x 75,8 x 8,9 mm
Berat205 g
Ukuran layar6,5 Inci
Resolusi layar720 x 1600 piksel, 20:9 ratio
Tipe layarPLS IPS
Bahan rangkaDepan kaca, belakang plastik, frame plastik
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA /LTE
Sistem OperasiAndroid 10, dapat ditingkatkan ke Android 11, One UI 3.1
ChipsetMediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPUOcta-core (4×2,35 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
Slot kartumicroSDXC (dedicated slot)
Memori internal / RAM128 GB/ 4GB, 128 GB / 6 GB
Kamera belakang (Quad camera)48 MP, f/2.0, 26mm (wide), AF
5 MP, f/2, 123o (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Video 1080p@30fps
Kamera depan (selfie)8 MP, f/2 Video 1080p@30fps
FiturFingerprint (side-mounted), accelerometer, Virtual proximity sensing. USB Type-C 2.0, GPS, NFC (tergantung pasar/negara), Bluetooth 5.0, GPS. FM radio, RDS, recording, loudspeaker, 3,5 mm jack.
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Pengisian dayaFast charging 15W
WarnaBlack, White, Blue, Red

Sudah membaca sekilas spesifikasi Samsung Galaxy A12? Bagus, let’s go masuk ke topik utama.

Kelebihan Samsung Galaxy A12

1. Desain smartphone premium pada pasar entry level

Samsung Galaxy A12 Design
Desain smartphone Samsung A12

Bagaimana kesan pertamamu saat melihat desain Samsung A12? Cukup oke, bukan?

Langsung di depan saja, desain smartphone Samsung A12 ini bagus. Dari sisi depan sudah full display dengan panel IPS. Kemudian terdapat 1 titik di tengah bagian atas untuk modul kamera. Mungkin tidak bezel-less namun sudah memberikan kesan bukan Hp murahan lagi.

Untuk sisi belakang ini sedikit spesial. Samsung menggunakan 2 jenis tekstur. Full menggunakan material polycarbonat dengan susunan 3/4 menggunakan tekstur garis-garis tipis. Kemudian 1/4 bagian bawah menggunakan tekstur polos saja. Penggunaan 2 tekstur ini sangat jarang diberikan pada Hp entry-level. Biasanya diberikan pada Hp kelas midrange.

2. Sudah mengusung Quad Camera 48 MP

Kamera Samsung A12 Belakang
Kamera Belakang Samsung Galaxy A12

Apabila kamu bosan melihat smartphone dengan triple kamera maka Samsung tambahkan menjadi empat. Kebanyakan? Tidak juga, karena Samsung menghadirkan Quad Camera di kelas entry-level. Biasanya kamu akan menemukan teknologi ini pada kelas midrange.

Oke, selanjutnya kita bahas mengenai kemampuan keempat kamera ini.

  • Terdapat kamera utama 48MP dilengkapi Auto-Focus.
  • Kamera kedua adalah ultra wide 5 MP dengan sudut pandang pengambilan sampai 123o.
  • Kamera ketiga merupakan lensa macro 2 MP.
  • Terakhir kamera keempat untuk lensa depth 2 MP.

Berikut beberapa hasil foto menggunakan Samsung A12:

Ultrawide Samsung A12 Kredit Samsung
Penggunaan lensa ultrawide (kredit: Samsung)
Macro Samsung A12 Kredit Jagatreview
Penggunaan lensa macro (kredit: Jagat Review)

Keren kan untuk kemampuan mengambil fotonya. Lalu, bagaimana dengan pengambilan video? Samsung Galaxy A12 sudah bisa melakukan perekaman video dengan resolusi 1080p@30fps.

3. Baterai berkapasitas 5000 mAh yang dilengkapi fitur fast charging

Baterai Samsung A12
Baterai Samsung A12

Baterai 5000 mAh di smartphone zaman sekarang bukanlah hal yang baru. Pasalnya smartphone lain seperti Poco X3 Pro sudah memilikinya. Tapi harga yang diberikan Poco X3 Pro jauh lebih tinggi dibanding Samsung Galaxy A12. Tentu saja ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri bagi Samsung A12.

Baterai besar tentu perlu didukung dengan pengisian baterai yang cepat. Samsung A12 dibekali dengan fitur fast charging 15W. Kamu bisa mengisi baterai 5000 mAh dalam waktu sekitar 2 jam 15 menit untuk pengisian daya dari 0-100%.

Lalu, bagaimana pengujian daya tahan baterainya?

Samsung mempunyai klaim bahwa smartphone ini bisa bertahan 109 jam untuk pemutaran audio. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, produk ini dijamin mampu bertahan sampai sehari penuh.

Apakah itu mungkin? Jawabannya iya, klaim Samsung bukan isapan jempol semata.

Melansir dari GSM Arena, mereka telah menguji baterai Samsung Galaxy A12 dengan 3 jenis pengujian.

  1. Pertama pengujian pengguna web yang mencapai 16 jam 18 menit.
  2. Kemudian digunakan memutar video berulang-ulang mencapai 15 jam 19 menit.
  3. Terakhir pengujian untuk menggunakan telepon 3G menghasilkan 31 jam.

4. Teknologi side-mounted fingerprint

Samsung Galaxy A12 Fingerprint
Teknologi sidik jari samping di Samsung Galaxy A12

Membuka layar kunci dengan sidik jari di sisi belakang Hp? Sudah biasa. Samsung menghadirkan pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power pada sisi samping Hp.

Lho kok bisa seperti itu? Ya, tanyakan saja sama pihak Samsung, hehe. Yang jelas inovasi ini mendapatkan komentar positif bagi pengguna Hp.

Bagi yang terbiasa menyalakan layar HP terlebih dahulu baru menggunakan fingerprint. Hal ini akan mempercepat proses pemindaian sidik jari. Setidaknya 1 langkah lebih cepat dibanding HP yang menggunakan sidik jari di belakang HP.

Menurut kami, inovasi yang diberikan Samsung pada produk ini sungguh bagus. Apalagi diberikan ke segmentasi HP entry level. Tentu, Samsung A12 sangat diterima.

5. Mempunyai fitur keamanan tambahan

Secure Samsung A12
Samsung Knox yang ada di Samsung Galaxy A12

Smartphone ini sudah dibekali dengan fitur keamanan tambahan seperti Samsung Knox.

Apa itu Samsung Knox? Intinya, Samsung Knox adalah fitur keamanan data pengguna Samsung.

Lalu apa bedanya dengan aplikasi Anti virus seperti McAfee? Tujuannya sama yaitu melindungi perangkat namun fungsinya berbeda. Anti virus untuk pencegahan virus sedangkan Samsung Knox untuk pengamanan data pengguna Samsung.

Dalam paket penjualannya Samsung A12 secara bawaan sudah diberikan juga aplikasi anti virus McAfee. Jadi Hp kamu akan diberi perlindungan ekstra dalam mencegah virus yang masuk.

Sudah merasa capek? Coba tarik nafas sebentar. Setelah ini akan membahas sisi buruk Samsung Galaxy A12.

Yuk, lanjut baca.

Kekurangan Samsung Galaxy A12

1. Resolusi masih menggunakan HD plus

Resolusi Samsung A12
Perbedaan resolusi gambar

Layar sudah oke di 6,5 inci namun masih menggunakan resolusi HD+. Bagi kamu yang suka menonton YouTube, TIkTok atau Netflix dengan resolusi tinggi tentu ini akan sedikit mengganggu.

Menurut kami, harga yang dipatok Samsung A12 untuk bagian layar kurang sesuai. Samsung A12 ini seharusnya diberikan layar dengan resolusi full HD. Di merek lain dengan harga yang hampir sama dengan Samsung Galaxy A12 sudah mendapatkan resolusi full HD.

Kamu bisa ambil contoh HP Realme C12. Secara harga, varian terendah dari Realme C12 sudah menggunakan resolusi Full HD. Bahkan, untuk masalah chipset juga sama seperti Samsung A12.

2. Chipset yang masih kurang bertenaga

Chipset Samsung A12
Mediatek Helio P35

Jika kamu mencari Hp dengan performa tinggi maka jangan berharap lebih sama Samsung A12. Smartphone ini mengusung chipset yang cukup lama yaitu Helio P35. Hasil pengujiannya pun hampir setara dengan Snapdragon 600.

Jadi, jangan berharap banyak jika untuk memainkan game seperti PUBG Mobile apalagi Genshin Impact. Bisa-bisa Hp-nya bisa kepanasan atau mati total. Namun untuk browsing atau chatting masih lumayan enak digunakan.

Chipset Helio P35 ini jika dibedah akan terdapat delapan inti dengan gabungan dari dua klaster ARM Cortex A53. Untuk ukuran smartphone 2 jutaan setidaknya menggunakan chipset Helio seri G70 Octa-core atau Snapdragon 665 agar lebih bertenaga.

3. Tidak tersedia fitur nightmode

Contoh Smartphone Yang Mempunyai Fitur Nightmode
Contoh smartphone yang mempunyai fitur nightmode

Nightmode / mode malam merupakan salah satu fitur penting dalam pengambilan foto rendah cahaya. Jika kamu mengaktifkan mode malam maka hasil foto yang kamu ambil akan menjadi lebih terang. Sebenarnya proses nightmode ini dilakukan oleh software Hp. Dan fitur ini di Hp 1 jutaan pun ada.

Pada Samsung A12 fitur mode malam tidak disediakan. Cukup disayangkan karena sudah menggunakan quad-camera namun tidak ada fitur satu ini. Berasa ada yang kurang dan mudah dibandingkan dengan Hp 1 jutaan.

4. Tidak mendapatkan NFC untuk versi Indonesia

Nfc Samsung A12
Salah satu fungsi penggunaan NFC

Sebenarnya dalam paket penjualan globalnya, smartphone ini memiliki NFC. Cukup disayangkan apabila region Indonesia tidak mendapatkan fitur tersebut. Padahal sudah ditunjang fitur lain seperti USB tipe-C dan Bluetooth 5.0.

Bagi kamu yang ingin sekali fitur NFC kami sarankan jangan membeli Hp ini. Jika kamu memaksa membeli produk ini yang di region lain akan sedikit mengalami kesusahan. Hal yang akan kamu alami seperti klaim garansi dan kepala charger yang tidak sesuai dengan listrik di Indonesia.

5. Belum di dukung fitur Giroskop

Contoh Penggunaan Giroskop Pada Permainan Pubg Mobile
Contoh penggunaan fitur giroskop pada permainan PUBG MOBILE

Fitur terakhir yang dipangkas oleh Samsung untuk produk Samsung A12 adalah Giroskop. Menurut kami ini fitur penting karena akan berpengaruh dalam motion-sensing GUI.

Apa itu motion-sensing GUI ? Intinya, saat Hp mu di miringkan ke sudut mana pun nanti bakal muncul sebuah perintah atau jalan pintas. Ambil contoh kamu memainkan game Temple Run di Hp. Secara normal di layar kamu bisa geser ke kiri / ke kanan. Jika Hp kamu mendukung motion-sensing GUI maka hanya menggoyangkan Hp ke kiri / ke kanan untuk berbelok.

Jadi pikirkanlah lagi, jika kamu mengincar fitur giroskop maka Hp ini bukan direkomendasikan buat kamu.

Kamu penasaran mengenai harga Samsung Galaxy A12 saat ini? Jika iya, informasi berikut akan sangat membantu kamu.

Yuk, lanjut baca.

Harga Samsung Galaxy A12

Pada awal peluncuran Samsung A12, Hp ini dibanderol cukup murah untuk produk akhir tahun. Bahkan saat setelah peluncurannya di Indonesia. Produk ini bahkan memberikan potongan harga 100rb dari harga utama, YouTube premium 2 bulan.

Dilansir dari Ponselpedia, berikut harga Samsung Galaxy A12 saat peluncuran perdana di Indonesia:

  • Harga Samsung Galaxy A12 (128GB / 4GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp 2.499.000.
  • Harga Samsung Galaxy A12 (128GB / 6 GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp 2.799.000.

Harga di atas merupakan harga saat peluncuran saja. Harga bisa berubah-ubah tergantung market share Samsung di Indonesia. Yang jelas, sebuah barang elektronik semakin lama akan mengalami penurunan harga.

Berikut daftar harga terbaru dari smartphone Samsung Galaxy A12 di pasaran Indonesia:

Varian Samsung Galaxy A12KondisiDetail Harga
Harga Samsung Galaxy A12 (128GB / 4GB RAM)BaruRp 2.299.000
Harga Samsung Galaxy A12 (128GB / 6GB RAM)BaruRp 2.599.000
Harga Samsung Galaxy A12 (128GB / 4GB RAM)BekasRp 1.900.000
Harga Samsung Galaxy A12 (128GB / 6GB RAM)BekasRp 2.175.000

Catatan: Harga Samsung A12 sewaktu-waktu berubah karena terjadi lonjakan atau penurunan permintaan dan penjualan di pasar smartphone di Indonesia.

Kesimpulan

Jadi untuk kesimpulan artikel tentang Samsung A12 apakah worth it untuk dibeli atau tidak? Jawabannya worth it.

Tapi jika kamu hanya mempunyai budget untuk kelas menengah ke bawah.

Smartphone ini sangat cocok untuk kamu yang hobi keluar untuk mengabadikan momen. Dengan Quadcamera yang dimiliki, akan menghasilkan foto yang mengesankan. Kemudian dalam pengambilan video juga tidak kalah bagus dengan resolusi 1080p@30fps.

Smartphone ini tidak cocok bagi kamu yang suka akan performa. Performa Smartphone ini dibilang masih kurang jika dibandingkan dengan merek lain dengan harga yang kompetitif. Ditambah lagi layar dari smartphone ini belum mencapai resolusi full HD. btw, Samsung A12 ini juga belum tidak tahan air.

Jadi, pilihlah dengan bijak. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan HP yang sesuai dengan kebutuhan dan lifestylemu.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar