7 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Lezat dan Bikin Nagih

Berita7 — Setelah puas mengunjungi berbagai wisata terbaik Jogja, nggak lengkap jika belum beli oleh-oleh. Karena oleh-oleh khas Jogja itu terkenal enak, unik dan ngangenin. Dan pastinya, kalau kamu bawa oleh-oleh khas Jogja untuk keluarga tercintamu di rumah, mereka pasti suka. Mulai tertarik berburu oleh-oleh khas Jogja sebelum pulang? Berikut 7 oleh oleh khas Jogja yang lezat dan bikin nagih:

Penasaran dengan kelezatan makanan khas Jogja? Yuk, mulai cari tahu.

1. Gudeg

Oleh Oleh Khas Jogja Gudeg
(sumber: instagram.com/pesansajacom/)
Keunikan makananNangka muda (tewel, gori) yang direbus dengan gula merah dan santan selama beberapa jam hingga empuk. Beberapa jenis gudeg menggunakan manggar atau bunga kelapa muda sebagai pengganti nangka muda.
Cita rasa makananMemiliki cita rasa yang manis.
Tempat beli makananGudeg Mbah Lindu
Gudeg Yu Djum Wijilan 167
Gudeg Pawon
Gudeg Mercon Bu Tinah
Gudeg Permata Bu Narti
Gudeg Permata
Gudeg Sagan
Gudeg Manggar Bu Jumilan
Gudeg Bu Hj. Ahmad
Harga makananRp8.000—Rp20.000 per porsi atau Rp20.000—Rp400.000 per paket.

Setelah puas mengeksplorasi berbagai tempat camping di Jogja, buat oleh-oleh orang di rumah sebaiknya kamu membeli Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Gudeg merupakan makanan khas asal Yogyakarta yang sering dijadikan oleh-oleh setelah wisatawan pulang dari Jogja. Makanan dengan cita rasa manis ini terbuat dari nangka muda yang direbus dengan santan dan gula jawa hingga empuk.

Selain nangka muda, ada gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga kelapa. Sayangnya, jenis gudeg manggar sudah susah untuk ditemui karena keterbatasan bahan baku atau susahnya mendapatkan manggar.

Untuk membuat gudeg, selain santan, nangka muda/manggar dan gula jawa, makanan khas jogja ini menggunakan bahan seperti:

  • Kemiri.
  • Bawang merah dan bawang putih.
  • Ketumbar.
  • Daun salam.
  • Lengkuas.
  • Garam.

Untuk penyajiannya, gudeg biasanya dilengkapi dengan ayam, telur, areh, tahu, tempe, krecek dan nasi putih. Kalau kamu ingin menikmati gudeg Jogja, ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu tuju, di antaranya:

  • Gudeg Mbah Lindu.
  • Gudeg Yu Djum Wijilan.
  • Gudeg Pawon.
  • Gudeg Mercon Bu Tinah.
  • Gudeg Permata Bu Narti.
  • Gudeg Permata.
  • Gudeg Sagan.
  • Gudeg Manggar Bu Jumilan.

Selain memiliki rasa yang manis, gudeg memiliki keunikan tersendiri, yaitu cara pengemasannya. Mayoritas, gudeg untuk oleh-oleh dikemas dengan menggunakan besek, kalengatau kendil. Namun, jenis kemasan ini mempengaruhi harga gudeg.

Biasanya, untuk dine in, harga per porsi sekitar Rp8.000—Rp20.000. Sedangkan untuk oleh-oleh harganya sekitar Rp20.000—Rp400.000. Harga tersebut sesuai dengan jenis paket, isi tempat pembelian oleh-oleh hingga jenis kemasan. Ini karena gudeg yang dikemas dengan menggunakan kendil lebih mahal daripada besek.

Bagaimana dengan ketahanannya? Biasanya, gudeg bisa bertahan di suhu ruangan selama 3 hari dan bisa lebih lama jika kamu menyimpannya di kulkas.

Next yuk!

2. Tiwul

Oleh Oleh Khas Jogja Tiwul
(sumber: instagram.com/dapurnengsry/)
Keunikan makananTerbuat dari singkong kering dan menjadi makanan pengganti nasi. Saat ini sudah ada tiwul instan.
Cita rasa makananGurih, sedikit manis dengan tekstur sedikit lembut seperti nasi.
Tempat beli makananTiwul Yu Tum
Tiwul Mbah Hadi
Tiwul Ayu Mbok Sum
Tiwul Mbah Satinem
Tiwul Tumplek Sego Abang
Harga makananRp3.000—Rp7.000 per porsi, Rp14.500—Rp28.000 per 500 gr sampai 1 kg tiwul instan.

Kalau kamu ingin mencari oleh-oleh yang tradisional dan mengenyangkan, ada tiwul yang bisa jadi pilihan. Tiwul sendiri merupakan makanan yang terbuat dari geplek (singkong yang dikeringkan) dan banyak ditemui di Wonogiri dan Gunung Kidul.

Makanan khas Jogja ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Seiring perkembangan waktu, sudah ada variasi rasa tiwul. Beberapa di antaranya adalah tawar, manis, rasa pandan wangi

Awalnya, tiwul merupakan makanan pengganti nasi. Karena hal tersebut, selain sebagai kudapan, tiwul juga bisa kamu konsumsi layaknya seperti nasi. Misalnya dengan menggoreng seperti nasi goreng atau menambahkan lauk seperti sayur dan tempe.

For your information, hanya tiwul kering yang cocok untuk kamu olah misalnya digoreng atau dikonsumsi dengan lauk. Sedangkan tiwul manis lebih cocok untuk kudapan. Biasanya dikonsumsi bersama dengan gatot, cenil dan diberi taburan parutan kelapa dan siraman gula merah cair.

Tiwul biasa ditemukan di pasar tradisional dengan harga terjangkau sekitar Rp3.000—Rp7.000 per porsi. Selain pasar, ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati gurihnya tiwul khas Jogja, di antaranya:

  • Tiwul Yu Tum.
  • Tiwul Mbah Hadi.
  • Tiwul Ayu Mbok Sum.
  • Tiwul Mbah Satinem.
  • Tiwul Tumplek Sego Abang.

Lalu, awet berapa lama? Tiwul bisa awet hingga 2 hari untuk penyimpanan di suhu ruangan. Jika kamu simpan di kulkas, tiwul bisa bertahan hingga 4-5 hari.

Sedangkan jika tiwul kering atau tiwul instan, ketahanannya bisa lebih lama, yaitu sekitar 1 tahun. Karena itu, jenis tiwul ini lebih cocok untuk oleh-oleh terutama jika kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Lanjut yuk ke oleh-oleh selanjutnya!

3. Bakpia Kukus

Oleh Oleh Khas Jogja Bakpia Kukus
(sumber: instagram.com/nanakoot_/)
Keunikan makananMerupakan modifikasi/inovasi dari bakpia khas Jogja dengan tekstur empuk seperti cake.
Cita rasa makananMemiliki rasa yang manis dengan tekstur yang empuk.
Tempat beli makananBakpia Kukus Tuju Jogja.
Harga makananRp18.000—Rp35.000 per kemasan.

Ada bakpia kukus yang memiliki cita rasa manis yang bisa jadi pilihan lainnya untuk oleh-oleh. Kamu bisa menyajikan bakpia kukus sebagai kudapan misalnya saat sore hari sambil minum teh. Sebenarnya, tekstur bakpia kukus cenderung seperti cake atau brownies atau Tokyo Banana khas Jepangdengan isian yang variatif. Beberapa isian bakpia kukus, yaitu:

  • Coklat.
  • Keju.
  • Kacang hijau.
  • Kacang merah.

Bagaimana dengan komposisinya? Bakpia kukus menggunakan bahan baku seperti tepung terigu, susu kental manis, maizena, gula pasir, telur, emulfiser. Jadi, hati-hati kalau kamu memiliki alergi tepung atau telur ya.

Berapa lama ketahannya? Jika kamu menyimpannya di suhu ruangan, bakpia kukus ini hanya bisa bertahan selama 7 hari setelah pembuatan. Sedangkan jika kamu simpan di lemari es, makanan ini bisa bertahan hingga 14 hari.

Jika kamu ingin membeli bakpia kukus untuk oleh-oleh, ada Bakpia Kukus Tuju Jogja yang bisa jadi pilihan. Untuk harganya sekitar Rp18.000—Rp35.000 per kemasannya yang berisi sekitar 5—10 buah bakpia kukus.

Dengan inovasi dan kekinian, mulai dari tekstur, rasa hingga kemasan, tertarik membeli bakpia kukus untuk oleh-oleh?

Jika belum yakin, kamu bisa cek daftar oleh-oleh selanjutnya untuk pertimbangan.

4. Bakpia Pathok

Oleh Oleh Khas Jogja Bakpia Pathok
(sumber: instagram.com/athayakitchen/)
Keunikan makananKue panggang yang memiliki kulit garing dengan isian lembut seperti kacang hijau.
Cita rasa makananCita rasa gurih dan ada yang manis sesuai isi dari bakpia.
Tempat beli makananBakpia Patuk 75.Bakpia Pathok 25.
Harga makananRp30.000—Rp52.000.

Kalau kamu ingin yang rasanya authentic dan Jogja banget, ada bakpia pathok yang bisa kamu pilih. Bakpia pathok merupakan salah satu jenis bakpia yang ada di Jogja. Dinamakan bakpia pathok karena bakpia ini dibuat pertama kali tahun 1984 di desa Pathok.

Bahan utama untuk membuat bakpia adalah tepung sebagai kulitnya kemudian diberi isian dan dipanggang. Isian bakpia pathok sendiri cukup beragam, di antaranya:

  • Kacang hijau.
  • Kumbu hijau dan hitam.
  • Nanas.
  • Coklat.
  • Keju.
  • Ketela ungu atau taro.

Umumnya, bakpia pathok memiliki rasa gurih dan manis. Namun, rasa bakpia menjadi lebih variatif sesuai dengan isiannya. Misalnya bakpia yang berisi nanas maka akan ada rasa sedikit asam.

Untuk membeli bakpia pathok sebagai oleh-oleh, ada 2 tempat rekomendasi, yaitu Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Pathok 75. Keduanya memiliki gerai yang cukup banyak di Jogja. Jadi, kamu bisa memilih gerai mana yang berjualan Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Patuk 75 sesuai kebutuhan kamu.

Untuk harganya sendiri sekitar Rp30.000—Rp52.000. Harga tersebut berbeda tergantung dari jenis bakpia yang kamu pilih dan isi per kemasannya.

Namun, bagaimana dengan ketahanannya?

Bakpia pathok ada yang tidak divakum hanya bisa bertahan sekitar 4 hari saja. Sedangkan yang divakum bisa bertahan selama 14 hari. Jadi, untuk oleh-oleh, kamu bisa memilih jenis bakpia pathok yang divakum.

So, ingin membeli bakpia pathok sebagai oleh-oleh dari Jogja?

5. Wedang Uwuh

Oleh Oleh Khas Jogja Wedang Uwuh
(sumber: instagram.com/angkringan.aj/)
Keunikan makananMemiliki warna merah yang berasal dari secang yang diseduh.
Cita rasa makananManis dan agak pedas.
Tempat beli makananWedang Uwuh Jogja.Weeka Wedang Uwuh.Wedang Uwuh Asli Seger Waras. Pasar Beringharjo.
Harga makananRp900—Rp35.000.

Ingin membawa oleh-oleh yang praktis, mudah dibawa, murah dan bisa menghangatkan badan? Kamu bisa mencoba wedang uwuh.

Secara harfiah, uwuh memiliki arti sampah. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, maka artinya adalah minuman sampah. Disebut wedang uwuh karena ketika kamu seduh, tampilan minuman ini berantakan dan seperti sampah.

Walaupun ‘sampah’ tapi wedang uwuh memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis dan ada sedikit rasa pedas yang menghangatkan. Ini karena wedang uwuh terbuat dari jahe, secang, cengkeh, pala, serai, kayu manis, kapulaga dan gula batu. Kapulaga dan jahe inilah yang akan membuat badan kamu terasa hangat sehingga cocok untuk diminum saat cuaca dingin.

Untuk membuat wedang uwuh, kamu bisa merebus bahan-bahan tersebut dengan air mendidih atau dengan merebus. Nantinya, warna air akan berubah menjadi merah karena serutan kayu secang dan inilah yang membuat minuman ini unik.

For your information, minuman wedang uwuh hanya bisa bertahan sekitar 3-5 hari di dalam kulkas. Namun, saat kering, waktu kadaluwarsa tergantung dari kondisi rempahnya. Jika rempah seperti jahe sudah menjamur, maka wedang uwuh tidak akan bisa nikmat lagi. Untuk penyimpanan lebih lama, kamu bisa mengganti kemasan dari plastik ke wadah kaca.

Lalu, di mana bisa membeli wedang uwuh? Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli wedang uwuh, seperti:

  • Wedang Uwuh Jogja.
  • Weeka Wedang Uwuh.
  • Wedang Uwuh Asli Seger Waras.
  • Pasar Beringharjo

Untuk harganya sendiri cukup beragam, misalnya Rp900—Rp2.500 per satuan. Jika ingin membeli lebih banyak, misalnya isi 10 kemasan, harganya sekitar Rp12.000—Rp35.000.

Jadi, tertarik untuk membeli dan mencoba wedang uwuh?

6. Geblek

Oleh Oleh Khas Jogja Geblek
(sumber: instagram.com/panji_eksotikadesa/)
Keunikan makananMemiliki tekstur kenyal dan berbentuk seperti angka delapan (8).
Cita rasa makananMemiliki rasa yang gurih agak asin dengan tekstur kenyal.
Tempat beli makananGeblek Samigaluh Pak Sabar. Geblek Mbah Sudar.Geblek Gurih Nanggulan. Omah Geblek Kulonprogo.Toko Oleh-Oleh Khas Jogja Bu Tini.Geblek Tempe Bu Parmo. Geblek Menoreh View. Geblek Pari.
Harga makananRp14.000—Rp50.000.

Ingin mencicipi oleh-oleh yang gurih? Jika iya, kamu bisa mencoba geblek.

Geblek merupakan makanan khas Kulonprogo, Wonosobo dan Purworejo yang terbuat dari bumbu bawang dan tepung tapioka. Walaupun begitu, masing-masing daerah memiliki cita rasa tersendiri.

Cirengnya Jogja ini memiliki warna putih dan berbentuk seperti angka 8 dan bertekstur kenyal saat masih panas. Jika sudah dingin, geblek cenderung bertekstur keras dan rasa gurihnya tidak terlalu terasa seperti saat masih panas. Karena hal tersebut, geblek cocok kamu konsumsi sebagai kudapan atau disajikan bersama dengan tempe besengek benguk dan cabe rawit.

Penyajian Geblek Dengan Tempe Besengek Benguk Dan Cabe Rawit
Geblek dan tempe besengek benguk. Sumber: GMaps/Nike Friska

Lalu, berapa lama ketahanan geblek? Geblek mentah bisa bertahan sekitar 4 hari. Jika kamu memilih geblek mentah sebagai oleh-oleh, maka sesegera mungkin untuk diolah. Karena jika tidak, adonan akan mengeras dan rasanya pun akan berkurang atau tidak seenak sebelumnya.

Apakah di pasar ada? Ada terutama di Kulonprogo yang banyak menjual geblek di kaki lima. Jadi, kalau kamu ingin mencicipi geblek sebelum membeli oleh-oleh, kamu tak perlu pusing mencari penjual geblek.

Untuk membeli geblek sebagai oleh-oleh, salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Toko Oleh-Oleh Khas Jogja Bu Tini. Untuk harganya sendiri, cukup variatif, sekitar Rp14.000—Rp50.000 per kemasan.

Yuk, next ke daftar oleh-oleh terakhir!

7. Geplak

Oleh Oleh Khas Jogja Geplak
(sumber: instagram.com/rcms85/)
Keunikan makananCampuran tepung beras, air gula dan parutan kelapa yang dipadatkan dan dioven.
Cita rasa makananPunya cita rasa yang manis dengan tekstur yang keras tapi lembut di dalam.
Tempat beli makananGeplak Mbok Tumpuk. Toko Oleh-oleh Khas Jogja Bu Tini.Geplak Super Ngudi Raos.Geplak Widodo. Bakpia 25 Bandara Jaya.
Harga makananRp10.000—Rp45.000 per bungkus.

Di daftar yang terakhir ada geplak. Geplak memiliki cita rasa gurih dan manis dengan tekstur yang keras di luar tapi lembut di dalam.

Makanan khas Bantul, Yogyakarta ini terbuat dari 3 bahan utama, yaitu tepung beras, kelapa muda parut yang disangrai dan air gula. Campuran bahan tersebut kemudian dipadatkan dan dioven. Uniknya, geplak memiliki tampilan yang menarik seperti putih, coklat, merah muda, hijau karena penggunaan pewarna makanan.

Tidak hanya tampilannya yang unik tapi juga pengemasannya. Secara tradisional, geplak akan dikemas dengan menggunakan besek. Namun, saat ini sudah banyak yang menggunakan kemasan plastik seperti kemasan standing pouch.

Lalu, di mana bisa membeli geplak untuk oleh-oleh? Beberapa tempat yang bisa kamu tuju untuk mencicipi geplak, di antaranya:

  • Geplak Mbok Tumpuk.
  • Toko Oleh-oleh Khas Jogja Bu Tini.
  • Geplak Super Ngudi Raos.
  • Geplak Widodo.
  • Bakpia 25 Bandara Jaya.

Untuk harganya sendiri cukup variatif, yaitu sekitar Rp10.000—Rp45.000. Jadi, kamu bisa memilih geplak sesuai dengan budget oleh-oleh kamu.

Bagaimana dengan ketahanannya? Karena geplak tidak menggunakan bahan pengawet, maka makanan ini hanya bisa bertahan hingga 1 minggu saja. Agar bisa bertahan lama, kudapan ini bisa kamu simpan dengan cara:

  • Dijauhkan dari ruangan atau tempat yang lembap.
  • Ditempatkan dalam keadaan terbuka di suhu ruangan, misalnya di dalam besek dengan kondisi besek terbuka.

Dari 7 oleh-oleh di atas, mana nih yang ingin kamu bawa sebagai oleh-oleh? Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga, ketahanan dan cita rasa oleh-olehnya ya. Pastikan juga oleh-oleh yang kamu pilih tidak menyebabkan efek yang kurang baik, misalnya alergi. Kalau kamu punya rekomendasi lain, tuliskan langsung di kolom komentar. Selamat berlibur!

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar