Xiaomi Rilis MIUI 14, Interface Baru yang Efisien dan Ramah Pengguna

Berita7 — Kabar baik untuk para pengguna Xiaomi, karena salah satu brand ponsel terlaris di Indonesia ini meluncurkan skin kustom Android terbarunya, yakni MIUI 14, bersamaan dengan seri flagship terbarunya, Xiaomi 13 Pro.

UI terbaru ini dibuat dengan basic  seri Android 13 yang futuristik dan mengusung AI untuk pengalaman berponsel yang lebih menyenangkan dan gesit. Selain itu, ia juga hadir dengan banyak perubahan visual, beberapa fitur baru, dan kolaborasi lintas perangkat yang lebih mudah. Pengguna bisa mengirim data dari ponsel Xiaomi ke perangkat kompatibel lainnya dalam waktu cepat.

Seperti apa spesifikasi dari MIUI 14 dan apa saja kelebihannya? Mari simak di sini.

Lebih Kecil, Tetapi Lebih Gahar

MIUI 14 memiliki ukuran firmware 13,09 GB saja, lebih kecil dibandingkan dengan MIUI 13. Namun, terdapat peningkatan arsitektur sistem yang membuat kinerja dan efisiensinya baik daripada pendahulunya.

MIUI 14 hadir dengan mesin foton MIUI baru yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang lebih smooth, ringan, dan lebih hemat daya. Dalam menjalankan sistem, efisiensi dan kelancarannya meningkat hingga 60% dari pendahulunya.

Aspek Visual yang Lebih Ramah

MIUI 14 terbaru hadir dengan aspek visual yang lebih user-friendly dan menyenangkan untuk dipandang.Secara umum, MIUI 14 mengusung ikon besar dengan ukuran yang lebih disesuaikan.

Selain itu, ada juga format widget baru dan folder layar beranda, yang memberi pengguna lebih banyak opsi penyesuaian. Ada pula widget hewan peliharaan dan tanaman yang membuat ponsel terlihat lebih hidup dan mengingatkan pengguna pada tamagotchi. Setelah pengguna menambahkan ornamen hewan peliharaan/tanaman di layar beranda, pengguna dapat berinteraksi, bermain dengannya, dan merawatnya.

Kecerdasan Buatan yang Membantu

Beberapa fitur AI baru disematkan ke dalam MIUI 14 untuk lebih membantu pengguna.

Sistem AI yang diberikan MIUI 14 mampu mengekstraksi teks dari gambar. Pengguna juga dapat menekan dan menahan teks pada gambar Galeri untuk langsung mengenalinya sekarang, dengan delapan dukungan bahasa.

Terdapat pula fitur teks langsung untuk konferensi video. Xiaomi juga membenamkan kemampuan memindai dokumen, menerjemahkan, dan memfilter panggilan spam. Kecerdasan buatan ini dapat membantu pengguna melakukan tugas sehari-hari yang rumit dengan perintah suara sederhana.

Dukungan Hubungan Antarperangkat

Dengan adanya, MIUI 14, pengguna dapat terhubung dengan mudah dengan produk lain dalam ekosistem yang mendukung. Xiaomi sendiri menyatakan bahwa ada lebih dari satu miliar perangkat yang didukung olehnya.

Selain itu, bantuan Xiaomi Magic Center memungkinkan pengguna mengelola produk ekosistem Xiaomi dengan peningkatan kecepatan interkoneksi antar perangkat. Contohnya, proses konektivitas earphone lebih cepat sebesar 50%, kecepatan koneksi mobile TV sebesar 12%, dan transmisi gambar selama streaming sebesar 77%.

Mendukung Komunikasi Keluarga

Xiaomi memahami bahwa hubungan dengan keluarga adalah salah satu yang terpenting dalam proses komunikasi. Maka, MIUI 14 muncul dengan berbagai layanan keluarga yang memungkinkan Anda membuat grup hingga delapan anggota dan menetapkan berbagai peran dengan izin berbeda.

Pengguna dapat berbagi album foto dengan grup keluarga mereka. Semua orang di grup akan dapat melihat dan mengunggah item baru. Layanan keluarga juga memungkinkan tiap anggota untuk berbagi data kesehatan.

Selain itu, ada berbagai opsi kontrol orang tua yang memungkinkan pengguna membatasi waktu layar, membatasi penggunaan aplikasi, mengatur area aman, dan banyak lagi. Ini adalah fitur penting bagi orang tua yang ingin mengontrol anak mereka.

Begitu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh MIUI 14, UI terbaru dari Xiaomi. Pengguna bisa mendapatkannya lewat Xiaomi 13 Pro atau cek update ponsel untuk melakukan upgrade UI lama ke MIUI 14 yang lebih futuristik, smooth, dengan berbagai pengalaman baru yang lebih kreatif dan menyenangkan.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar