realme narzo 50A Prime: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Awalnya, realme merupakan sub-brand dari Oppo. realme didirikan pada 4 Mei 2018 dengan kantor pusat di Shenzhen, Tiongkok. Lepas dari Oppo, realme berdiri sendiri dan terus menciptakan inovasi smartphone. Salah satunya, yaitu realme narzo 50A Prime.

Ponsel baru ini dilengkapi spesifikasi untuk gaming, tapi harganya 2 jutaan saja. Tidak heran jika smartphone ini masih terus menjadi incaran. Seperti apa spesifikasinya? Langsung cek di bawah ini.

Spesifikasi realme narzo 50A Prime

Ponsel realme narzo 50A Prime diklaim memiliki fitur dan juga spesifikasi yang tangguh untuk gaming. Khususnya, jika dilihat dari prosesornya, serta ukuran layar besar dengan resolusi tinggi. Berikut spesifikasi realme narzo 50A Prime:

1. Desain Simpel dengan Warna Elegan

realme narzo 50A Prime memiliki desain elegan sekaligus simpel. Ponsel ini hadir dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 8.1 mm dan berat 189g. Selain layar kaca, frame dan bodi belakangnya menggunakan material plastik. Untuk pilihan warnanya yaitu Black dan Blue.

2. Chipset Kuat Prosesor Unisoc T612

Di dapur pacunya, ada sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI 2.0. Sementara, chipset-nya menggunakan Unisoc Tiger T612 (12nm), dengan CPU octa-core dan GPU Mali-G57. Untuk CPU terdiri dari 2 core 1.8 GHz Cortex-A75 dan 6 core 1.8 GHz Cortex-A55.

Prosesornya bekerja sama dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB atau 256GB, untuk pengoperasian yang mulus. Jadi, ada dua pilihan RAM dan memori internal, yaitu 4GB / 128GB dan 4GB / 256GB.

3. Layar Penuh FHD+ Fullscreen Seluas 6.6”

realme narzo 50A Prime hadir dengan layar 6.6” FHD+ fullscreen. Layarnya IPS LCD dengan tingkat kecerahan tinggi, mencapai 600 nits. Rasio layar-ke-bodi yaitu 84,4% dan resolusinya 1080 x 2408 pixels, dengan kerapatan pixel ~400 ppi.

4. Kamera 50MP AI Triple Camera

Di bagian belakang, terdapat kamera utama triple camera. Ada kamera wide 50MP, macro 2MP, dan depth 0.3MP. Kamera belakangnya dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama. Kamera belakang ini juga dapat merekam video 1080p@30fps.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie single camera 8MP dengan fitur HDR. Kamera depannya dapat merekam video dengan kualitas 720p@30fps.

5. Daya Baterai Besar 5000mAh

Untuk mendukung semua aktivitas dengan realme narzo 50A Prime, tersemat baterai Li-Po 5000mAh non-removable. Baterai berkapasitas besar ini mendukung daya charging 18W.

6. Fitur Hemat Daya dan Quick Charge

realme narzo 50A Prime memiliki fitur menarik lainnya. Fitur tersebut di antaranya baterainya mendukung pengisian daya cepat 18W. Selain itu, ada mode hemat daya super untuk menggunakan telepon meskipun baterai tersisa 5%. Tidak perlu khawatir saat low-bat.

Harga realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime tersedia berdasarkan varian RAM dan memori internal yang dimilikinya. Berikut harga terbaru realme narzo 50A Prime:

  • realme narzo 50A Prime – 4 GB/64 GB – Rp2 jutaan
  • realme narzo 50A Prime – 4 GB/128 GB – Rp2,2 jutaan

Kelebihan realme narzo 50A Prime

Ponsel realme narzo 50A Prime memiliki kelebihan yang menguntungkan, di antaranya:

1. Visual Berkualitas Baik dengan Gambar Tajam

realme narzo 50A Prime memiliki layar sebesar 6.6” FHD. Layarnya penuh detail tajam dan membuat pengalaman game menakjubkan. Layar ponsel ini memiliki resolusi FHD+ 2408 x 1080 pixels, rasio 90,7%, warna layar 16.7M, dan kecerahan maksimal 600 nits.

Visual layar ponsel ini juga ideal untuk gaming. Dengan layar besar dan resolusi tinggi, pengguna dapat melihat setiap gerakan lawan di adegan game dengan jelas. Memahami situasi permainan menjadi lebih mudah, dan sekaligus dapat menyerang dengan cepat.

2. Performa Game Smooth, Didukung Prosesor Unisoc T612

Untuk digunakan bermain game, realme narzo 50A Prime memberikan performa yang baik. Ponsel ini dapat mengoperasikan game dengan smooth, contohnya seperti PUBG, dengan layar 30fps hingga 60fps. Di angka 30fps pun grafiknya tetap jernih dan tajam.

Selain itu, ada dukungan dari prosesor Unisoc T612 yang serba baru. Kinerja prosesornya luar biasa dengan skor AnTuTu Benchmark 214.150. Bermain game akan terasa stabil dan mulus. 

Ditambah lagi, proses 12nm yang canggih bekerja dengan CPU octa-core untuk memberikan kinerja efisien dan handal.

3. Baterai 5000mAh Kuat dan Bisa Diandalkan

Dengan baterai ultra-besar 5000mAh, realme narzo 50A Prime memberikan performa maksimal sepanjang hari. Baik untuk bermain game atau menonton video, pengguna tak perlu mengkhawatirkan baterai. 

Kapasitas baterai penuh dapat digunakan untuk mengakses YouTube 17,2 jam, akses Spotify 85,4 jam, gaming 8,1 jam. Untuk keperluan komunikasi, baterai penuh dapat digunakan untuk WhatsApp 19,3 jam dan melakukan panggilan 49 jam.

4. Kualitas Kamera Baik, Gambar Terlihat Detail

realme narzo 50A Prime dibekali dengan kamera utama 50MP bukaan f/1.8. Untuk melengkapinya, ada kamera potret B&W bukaan f/2.8, dan lensa makro bukaan f/2.4. Sementara, di depan, ada kamera selfie 8MP.

Dalam kondisi pencahayaan terang, atau berada di luar ruangan, kamera ponsel ini dapat menghasilkan foto yang jernih dan tajam. Selain itu, mode Ultra Makro dapat menangkap gambar berukuran kecil dengan sangat detail.

5. Desain Seperti Kotak, Solid dan Mewah

Performa besar, ukuran kecil. Demikian realme narzo 50A Prime menawarkan keunggulannya. Bodinya ultra tipis 8.1mm dengan struktur internal yang sudah dioptimalkan. realme narzo 50A Prime juga merupakan ponsel tertipis di seri narzo.

Selain itu, ponsel ini pun nyaman digenggam dengan desain tepian yang membuatnya seperti kotak. realme narzo 50A Prime menghadirkan tampilan bodi mewah dengan build yang solid. Pilihan warnanya pun elegan, yaitu biru cerah dan hitam.

Kekurangan realme narzo 50A Prime

Ponsel realme narzo 50A Prime juga memiliki kekurangan, di antaranya:

1. Tidak Tersedia Adaptor Charger

realme narzo 50A Prime dilengkapi dengan kabel yang berfungsi sebagai USB sekaligus charger. Namun, tidak ada adaptor atau kepala charger, hanya kabel saja. Mungkin sedikit merepotkan, karena jika butuh, pengguna perlu membeli adaptor charger secara terpisah.

2. Desain Kamera Belakang Kurang Elegan

Secara keseluruhan, bodi realme narzo 50A Prime terlihat mewah. Sedikit minus ada pada desain kamera belakangnya. Ketiga kameranya berada di dalam satu kotak hitam besar di pojok kiri atas. Kamera tersebut memberi kesan biasa saja saat melihatnya.

3. Terdapat Satu Speaker Saja

Audio juga menjadi aspek yang belum dapat diunggulkan dari ponsel ini. realme narzo 50A Prime dilengkapi dengan satu speaker saja atau mono speaker. Belum ada dual speaker pada smartphone ini. Suara yang dihasilkan terdengar cukup baik, tapi tidak spektakuler.

4. Masih Menggunakan OS Android 11

Sistem operasi atau OS termasuk salah satu kekurangan realme narzo 50A Prime. Ponsel ini masih menjalankan OS Android 11. Cukup tertinggal jauh dari versi terbaru OS Android 13. Selain itu, belum dapat dipastikan jelas, mengenai ketersediaan update untuk OS-nya.

5. RAM 4GB Sebenarnya Termasuk Mepet

Untuk smartphone masa kini terutama ponsel gaming, RAM 4GB sebenarnya belum merupakan yang terbaik. Benar cukup, tapi mungkin pengalaman gaming belum bisa semulus dan selancar di smartphone dengan RAM 8GB.

Kesimpulannya, realme narzo 50A Prime merupakan gaming smartphone dengan harga terjangkau 2 jutaan. Kualitasnya sudah baik untuk ponsel sekelasnya. Smartphone ini cocok untuk yang hobi main game dan sedang mencari ponsel terjangkau tapi cukup mumpuni.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar