realme C35: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7realme kembali membuktikan kualitasnya sebagai produsen smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Sub-brand Oppo yang kini berdiri sendiri ini, merilis smartphone realme C35 dengan harga 2 jutaan pada awal tahun 2022.

Desain elegan, layar besar dan dibekali baterai 5000mAh, realme C35 cocok untuk siapa saja yang berjiwa muda. Smartphone dari brand asal Tiongkok ini, masih menjadi favorit hingga kini. Sebelum beli, simak dahulu spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi realme C35

Smartphone realme C35 menghadirkan spesifikasi yang cukup lengkap. Keunggulan utamanya yaitu desain bodinya yang mewah, serta ketangguhan prosesornya, terutama untuk bermain game. Berikut spesifikasi lengkapnya:

1. Desain Stylish Bodi Ultra Tipis 8.1mm

Ponsel realme C35 memiliki desain bodi dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 8.1 mm. Jadi, ketebalannya hanya 8.1mm saja. Sementara, bobotnya 189g. Untuk layarnya terbuat dari kaca, sementara bodi frame dan bagian belakang menggunakan material plastik.

Sedangkan, pilihan warna realme C35 yaitu Glowing Black dan Glowing Green. Dua pilihan warna tersebut yaitu hitam dan hijau.

2. Chipset Prosesor Bertenaga Unisoc T616

realme C35 didukung oleh prosesor bertenaga dengan chipset Unisoc Tiger T616 (12 nm). Untuk mengoptimalkan kinerjanya, ada CPU Octa-core dengan 2 inti 2.0 GHz Cortex-A75 dan 6 inti 1.8 GHz Cortex-A55). Selain itu, GPU Mali-G57 MP1 melengkapi dapur pacunya.

3. Layar Penuh 6.6” FHD

Untuk pengalaman terbaik, realme C35 menghadirkan layar seluas 6.6” FHD dengan Ultra-Resolusi tinggi. Layar penuh 6,6 inci dengan resolusi 2408 x 1080 pixels memberikan pengalaman visual FHD dengan detail yang kaya.

Layarnya berupa IPS LCD dengan kecerahan 480 nits hingga 600 nits maksimum. Sementara, rasio layar-ke-bodi yaitu 84%. Sementara, tingkat kerapatan pixel layar yaitu ~401 ppi. Layar realme C35 juga menggunakan material Panda Glass.

4. Kamera 50MP AI Triple Camera

realme C35 menghadirkan 50MP AI Triple Camera dengan kamera utama 50MP bukaan f/1.8. Kamera utamanya dilengkapi lensa makro bukaan f/2.4, dan lensa potret B&W bukaan f/2.8. 

Kamera belakangnya dilengkapi fitur LED flash, HDR, dan panorama, serta dapat merekam video 1080p@30fps.

Sedangkan di bagian depan terdapat selfie camera berupa kamera 8MP bukaan f/2.0, dengan fitur HDR. Kamera depannya dapat merekam video 720p@30fps.

5. Baterai 5000mAh Kuat Sepanjang Hari

Untuk pemakaian sepanjang hari, realme C35 dibekali dengan baterai jumbo 5000mAh. Baterai dengan kapasitas besar ini membuat ponsel terisi penuh seharian. Selain itu, pengguna dapat meminimalkan penggunaan baterai dengan App Quick Freeze.

6. Mode Daya Hemat Super dan Pengisian Cepat

realme C35 tetap dapat digunakan dalam keadaan low-bat. Aktifkan Mode Daya Hemat Super untuk penggunaan baterai meskipun tersisa hanya 5%. Jika terisi penuh, baterai dapat digunakan 3,6 jam untuk Spotify, 50,2 jam waktu siaga, dan 1,8 jam untuk panggilan.

Selain itu, dengan daya charging 18W, ada fitur pengisian cepat. Baterai pun dapat terisi penuh dalam waktu yang sangat singkat.

Harga realme C35

Di Indonesia, realme C35 tersedia dalam pilihan berdasarkan RAM dan memori internalnya. Berikut harga smartphone realme C35:

  • realme C35 – 4GB/64GB – Rp2 jutaan
  • realme C35 – 4GB/128GB – Rp2,2 jutaan

Kelebihan realme C35

Ada berbagai kelebihan dari ponsel realme C35, di antaranya:

1. Sensor Sidik Jari di Samping Mudah Diakses

Sensor sidik jari pada realme C35 berada di samping, sehingga mudah diakses saat ponsel digenggam. Ponsel pun dapat dibuka dengan cepat, cukup dengan satu sentuhan. Di samping itu, informasi pengguna dapat terlindungi dengan aman.

2. Prosesor Unisoc T616 dengan Performa Kuat

Untuk mendukung performa smartphone realme C35, di dalamnya tersemat prosesor baru Unisoc T616. Prosesor ini memiliki kinerja yang kuat sekaligus stabil untuk realme C35. 

Tidak lupa dilengkapi CPU Octa-core dengan inti ARM Cortex-A75 yang memiliki kecepatan hingga 2.0Ghz. Di samping itu, RAM 4GB dan ROM 128GB cukup ideal untuk aktivitas gaming dan multitasking.

3. Tampilan Layar 6.6” FHD Ultra-Resolusi Tinggi

realme C35 didesain fullscreen 6,6” FHD dengan Ultra-Resolusi tinggi. Resolusi 2408 x 1080 pixels membuat tampilan layarnya jernih dan juga tajam. Dengan rasio 90,7%, serta 16,7M warna, dan kecerahan maksimal 600nits, layarnya tetap terlihat terang di luar ruangan.

4. Dynamic Glowing Design, Trendi dan Futuristik

Ini pertama kalinya realme menampilkan bezel sudut kanan dari bahan 2D. Desainnya yang bercahaya dinamis membuat ponsel ini terlihat trendi dengan gaya futuristik. realme C35 juga menunjukkan kepribadian penggunanya. Ponsel ini menjadi bagian dari lifestyle sehari-hari.

5. Kapasitas Besar Memori Internal Sampai 128GB

Di realme C35, tersedia memori internal hingga 128GB. Kapasitas besar ini memudahkan pengguna untuk menyimpan berbagai file foto, musik, hingga video. Menyimpan unduhan series dan film juga bisa. Meng-install game dan memperbarui aplikasi juga lancar.

Kekurangan realme C35

Ada juga kekurangan realme C35 untuk dipertimbangkan, di antaranya:

1. Hanya Dibekali Satu Speaker Saja

realme C35 menggunakan satu speaker saja pada ponselnya. Jadi, smartphone ini masih memakai mono speaker. Kualitas audio dari satu speaker saja tentu tidak seoptimal dual speaker. Mungkin pengalaman gaming dan nonton video menjadi kurang maksimal.

2. Refresh Rate Bukan yang Terbaik

Untuk tampilan layarnya, disebut bahwa realme C35 memiliki refresh rate 60Hz. Jadi, meskipun visual jernih, tampilan layar ponsel ini bukan merupakan yang paling smooth, terutama saat scroll ke atas dan ke bawah.

3. Varian RAM 4GB Kurang Maksimal

RAM 4GB terbilang cukup untuk menjalankan aplikasi dan game. Namun, smartphone saat ini rata-rata sudah memperbesar kapasitas RAM hingga 8GB. Bahkan, ada extended RAM, dari 8GB dapat ditambah hingga 5GB. Namun, realme C35 mentok dengan RAM 4GB dan maksimum 6GB.

4. Sistem Operasi Masih OS Android 11

Sistem operasi terbaru saat ini adalah OS Android 13. Jadi, OS yang didukung realme C35 masih sedikit ketinggalan dari ponsel di kelasnya dengan OS yang terbaru. Pengguna yang mencari OS Android paling baru, belum bisa mengandalkan realme C35.

5. Belum Tersedia Fitur NFC

Pada realme C35, belum tersedia fitur NFC yang umumnya ada di ponsel masa kini. NFC paling umum digunakan untuk transaksi cashless. Selain itu, NFC digunakan untuk top up uang elektronik atau e-money, pembayaran transaksi, berbagi koneksi Wi-Fi, hingga share foto dan video.

realme C35 memiliki desain yang stylish dengan tampilan mewah, serta dibekali baterai 5000mAh yang menjadi andalannya. Ponsel ini cocok untuk anak muda dan siapa saja yang menyukai tampilan trendi, dan menjadikan smartphone bagian dari gaya hidup.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar