realme 10 Pro 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7realme akan segera meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu realme 10 Pro 5G. Di Indonesia, ponsel ini akan dirilis pada 10 Januari 2023. Namun, kita sudah bisa mengintip bocoran spesifikasi dan fitur pada smartphone ini.

Hadir dalam kategori mid-range, ponsel ini menawarkan fitur unggulan chipset Snapdragon 5G, dengan RAM dan memori internal besar. Simak ulasan spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi realme 10 Pro 5G

realme 10 Pro 5G akan segera meluncur secara resmi. Smartphone kelas menengah ini menghadirkan spesifikasi premium, sekaligus menjadi incaran di tanah air. Berikut spesifikasi selengkapnya:

1. Desain Elegan Bezel Tipis

realme 10 Pro 5G dirancang dengan desain bezel tipis. Untuk saat ini, diketahui varian warna yang tersedia yaitu hitam. Di bagian belakang, terdapat dua kamera dengan desain bulat di pojok kiri atas, dilengkapi flash. Di bagian depan, terdapat layar dengan kamera punch hole.

Di frame bagian atas, terdapat microphone. Sementara, di frame sebelah kanan, terdapat tombol volume serta Power yang sekaligus merupakan sensor sidik jari. 

Sedangkan, di frame sebelah kiri terdapat SIM tray injector dengan slot kartu hybrid dual-SIM. Lalu, di frame bagian bawah, terdapat lubang charger, microphone, USB Type-C, dan speaker.

2. Chipset Snapdragon 695 5G

realme 10 Pro 5G menggunakan chipset Snapdragon 695 yang sudah mendukung jaringan 5G. Sementara, untuk RAM dan memori internalnya ada dua varian, yaitu:

  • 8GB / 128GB
  • 8GB / 256GB

Sementara, untuk sistem operasinya, ponsel ini sudah mendukung OS Android 13, realme UI 4.0. Jadi, smartphone ini menjalankan OS Android yang terbaru.

3. Layar IPS LCD 6.72” FHD+

Untuk tampilannya, realme 10 Pro 5G menerapkan desain layar IPS LCD seluas 6,72 inci FHD+. Maka dari itu, layarnya sudah Full HD Plus. Sementara, ukuran layar juga ideal untuk memutar video dalam posisi ponsel horizontal.

4. Kamera Utama ProLight 108MP

Menurut bocoran terkini, realme 10 Pro 5G memiliki dual camera sebagai kamera utama di bagian belakang. Kedua camera tersebut adalah kamera utama 108MP dan kamera sensor depth 2MP. Sementara, di bagian depan terdapat kamera 16MP untuk berfoto selfie dan video call.

5. Baterai Besar 5000mAh

Dalam mendukung kinerjanya, realme 10 Pro 5G mendapatkan power dari baterai 5000mAh, dengan kecepatan charging yaitu 33W. Belum ada konfirmasi untuk fitur fast charging, apakah sudah tersedia di ponsel ini.

6. Fitur NFC, Stereo Speaker, Giroskop

Ponsel realme 10 Pro 5G juga menghadirkan fitur lain untuk melengkapi spesifikasinya. Terdapat fitur sidik jari di sebelah kanan pada tombol power. Kemudian, ada fitur NFC untuk kemudahan transaksi cashless

Selain itu, tersedia giroskop untuk bermain game FPS (first person shooting) dengan akurat. Tersedia pula fitur stereo speaker untuk kualitas audio terbaik dari ponsel ini.

Harga realme 10 Pro 5G

Belum ada konfirmasi secara resmi mengenai harga dari realme 10 Pro 5G. Namun, sejumlah sumber menyebutkan estimasi harga smartphone ini yaitu antara Rp3 jutaan hingga Rp4 jutaan.

Kelebihan realme 10 Pro 5G

realme 10 Pro 5G memiliki kelebihan pada spesifikasi dan fiturnya, seperti:

1. Menyajikan Layar 120Hz Boundless Display

realme 10 Pro 5G menghadirkan layar Boundless Display dengan visual jernih. Layarnya seluas 6,7 inci yang begitu besar, tapi tetap nyaman saat pengguna menggenggam ponsel. Ditambah lagi, dengan refresh rate 120Hz membuat setiap swipe terasa smooth.

2. Tangguh dengan Chipset Snapdragon 695 5G

Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G menghadirkan performa yang bagus, ditambah sudah mendukung jaringan 5G. Meskipun bukan seri terbaik, tapi chipset kelas menengah ini menawarkan performa tangguh. Jika membandingkannya dengan Snapdragon 732G dan MediaTek Helio G99, kinerjanya beda tipis saja.

3. Memiliki Kamera 108MP ProLight Camera

realme 10 Pro 5G memiliki kamera belakang sebagai main camera. Di belakang, terdapat kamera utama 108MP dan kamera 2MP sensor wide. ProLight Camera untuk kamera utama dapat menangkap detail foto dengan tajam.

4. Menggunakan Baterai 5000mAh 33W Charge

realme 10 Pro 5G menggunakan baterai 5000mAh dengan kecepatan charging 33W. Di samping itu, sudah ada adaptor charger untuk smartphone ini. Jadi, selain daya baterai besar juga awet, mengisi ulang baterainya pun mudah serta nyaman.

5. RAM dan Memori Internal Besar 8GB/128GB

realme 10 Pro 5G memiliki RAM 8GB dan memori internal 128GB hingga 256GB. Tidak hanya itu, di ponsel ini tersedia fitur RAM Expansion. Jadi, ada tambahan dari RAM 4GB yang dapat diekspansi ke 6GB hingga 8GB. Fitur tersebut juga sudah menyala secara otomatis.

Kekurangan realme 10 Pro 5G

realme 10 Pro 5G juga memiliki kekurangan untuk diperhatikan, di antaranya:

1. Kamera Belakang Polos Tanpa Frame

Penggemar yang menyukai desain kamera pada smartphone flagship, dengan frame kamera di belakang, mungkin akan kurang puas. Di realme 10 Pro 5G, tidak ada frame untuk kamera belakangnya. Hanya terdapat dua lensa kamera berbentuk bulat ditemani flash di sampingnya.

2. Tidak Ada Pembaruan Chipset

realme 10 Pro 5G masih menggunakan chipset yang sama dengan realme 9 Pro 5G, yaitu Snapdragon 695 5G. Artinya, tidak ada perubahan pada performa chipset jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

3. Kecerahan Layar 680 nits Kurang Optimal

Smartphone masa kini umumnya sudah mengoptimalkan kecerahan hingga di atas 1000 nits. Sementara, realme 10 Pro 5G memiliki tingkat kecerahan optimal 680 nits. Sudah cukup cerah, tapi sebenarnya bisa lebih maksimal untuk tingkat kecerahannya.

4. Layar Tidak Sebagus Versi realme 10

Meneruskan poin sebelumnya, terkait kecerahan layar, realme 10 Pro 5G masih kalah dari versi sebelumnya, yaitu realme 10. Bahkan realme 10 memiliki layar Super AMOLED, kecerahan layarnya sampai 1000 nits, dan sudah menggunakan Gorilla Glass 5.

5. Kamera Sensor Depth Tidak Terpakai

Pada realme 10 Pro 5G, kamera ultrawide menghilang. Sementara, yang tersedia adalah kamera sensor depth yang menemani kamera utama. Sebenarnya, kamera depth tersebut cukup jarang terpakai, jadi kurang fungsional jika dibandingkan dengan kamera ultrawide.

Kesimpulannya, realme 10 Pro 5G memiliki keunggulan chipset kelas menengah Snapdragon 695 tapi sudah 5G, dual speaker, dan refresh rate 120Hz. Jika sedang mencari smartphone dengan desain klasik, dilengkapi RAM, memori, dan baterai besar, serta koneksi internet ngebut, ponsel ini cocok menjadi pilihan.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar