POCO F4: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7POCO menggemparkan industri ponsel ketika merilis Pocophone F1 pada pertengahan 2018 silam. Bukan tanpa alasan, Pocophone F1 saat itu menawarkan spesifikasi flagship untuk harga yang sangat terjangkau. Nilai jual yang sangat memikat itu terus mereka lanjutkan hingga saat ini dan pada 2022 kemarin, mereka meluncurkan POCO F4 sebagai salah satu ponsel unggulan.

Seperti halnya Pocophone F1, POCO F4 juga dirancang untuk bisa memaksimalkan pengalaman pengguna lewat spesifikasi dan fitur-fitur premium, tapi di sisi lain, bisa dimiliki tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Bagi yang tertarik, ada baiknya untuk menyimak ulasan mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan POCO F4 berikut ini.

Spesifikasi POCO F4

1. Chipset

POCO F4 mempercayakan Qualcomm Snapdragon 870 sebagai dapur pacu utama. Chipset tersebut telah mendukung 5G dan menggunakan fabrikasi 7nm untuk performa yang handal dan hemat daya. Untuk spesifikasi, Snapdragon 870 menggunakan CPU octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585) dan GPU Adreno 650 yang mumpuni untuk bermain game.

2. Memori

Beralih ke memori, POCO F4 menyediakan tiga pilihan RAM yaitu 6GB, 8GB dan 12GB, serta dua pilihan penyimpanan internal yaitu 128/256GB. Jika ukuran RAM yang diberikan masih kurang, POCO F4 telah mendukung fitur tambah RAM hingga 3GB. Sementara untuk penyimpanan internal, tidak bisa diperluas karena tidak ada slot kartu microSD namun telah berbasis UFS 3.1 sehingga memiliki kinerja yang lebih baik.

3. Baterai

Untuk memastikan pengguna tidak perlu sering-sering mengisi daya, POCO F4 menghadirkan baterai berkapasitas 4,500mAh yang tahan untuk digunakan hingga seharian penuh. Tidak hanya itu, baterai dari ponsel ini juga telah didukung dengan fitur fast-charging 67W yang super cepat. POCO mengklaim jika POCO F4 bisa diisi dayanya dari 0% sampai 100% dalam waktu 38 menit saja.

4. Desain

Tidak ada istilah spesifik untuk desain yang diusung oleh POCO F4 tapi yang pasti, ponsel ini memiliki bodi yang ringan, tipis dan tahan lama. Dengan ketebalan hanya 7,7mm saja, POCO F4 menjadi ponsel POCO paling tipis sejauh ini. Selain itu, POCO F4 juga telah menggunakan bodi belakang berlapis kaca dan tersedia dalam tiga varian warna menarik yaitu Moonlight Silver, Night Black dan Nebula Green.

5. Layar

Dari semua bagian, layar menjadi yang terbaik dari POCO F4. Tidak hanya memiliki ukuran 6,67 inci yang memuaskan, layar ponsel ini juga telah berpanel AMOLED dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz. Tidak hanya itu saja, layar POCO F4 juga telah diproteksi oleh Gorilla Glass 5. Dengan kata lain, selain punya akurasi warna yang baik dan mampu tampilkan animasi yang mulus, layar POCO F4 juga memiliki durabilitas terbaik.

6. Kamera

Berikutnya adalah kamera di mana POCO F4 mengemas total empat kamera dengan tiga di sisi belakang dan satu di sisi depan. Untuk yang belakang masing-masing adalah kamera utama 64MP yang telah mendukung OIS dan perekaman 4K di 60fps, ultrawide 8MP dengan field-of-view 119 derajat dan macro 2MP. Untuk kamera depan, berkekuatan 20MP dan diletakkan pada punch-hole di tengah atas layar.

Harga POCO F4

Salah satu hal paling menarik dari ponsel-ponsel POCO adalah harganya yang sangat mengejutkan dalam artian positif. Untuk bisa menikmati spesifikasi, layar dan kamera POCO F4 yang luar biasa, pengguna hanya perlu mengeluarkan uang Rp5,1 jutaan untuk varian 6GB/128GB dan Rp5,6 jutaan untuk varian 8GB/256GB. Jika tertarik, POCO F4 saat ini sudah bisa dibeli di toko offline maupun online.

5 Kelebihan POCO F4

1. Chipset gesit dengan dukungan konektivitas 5G

POCO F4 ditenagai oleh chipset Snapdragon 870 dari Snapdragon. Tidak hanya sudah mendukung konektivitas 5G, chipset tersebut juga memiliki performa yang mengagumkan. Dalam situs resmi AnTuTu, POCO F4 berhasil duduk di posisi ke-50 ponsel dengan skor AnTuTu tertinggi, dengan skor 694,396 poin. POCO F4 mengalahkan ponsel seperti Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, OnePlus 9 dan Google Pixel 7 Pro.

2. Layar yang sempurna untuk gaming maupun menonton film

Bersama dengan chipset kelas atas, POCO F4 juga membawa layar yang berkelas. Layar AMOLED 6,67 inci beresolusi FHD+ pada ponsel ini tidak hanya mendukung refresh rate 120Hz yang sempurna untuk gaming mulus, tapi juga didukung oleh Dolby Vision dan HDR10+. Sederhananya, lewat dua fitur tersebut, layar POCO F4 jadi bisa memanjakan mata pengguna ketika digunakan menonton film.

3. Telah mendukung sistem pendingin canggih

Guna memastikan sesi gaming atau aktivitas berat pengguna berjalan tanpa hambatan, POCO F4 telah menggunakan sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0. Sistem pendingin canggih itu mengadopsi struktur peredam panas grafit 7 lapis yang dikombinasikan bersama lempeng pendingin superlebar, agar chipset dan komponen lainnya tetap dingin meski digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat dalam waktu lama.

4. Fitur fast-charging sangat cepat

Pengguna POCO F4 tidak perlu khawatir jika tiba-tiba kehabisan daya karena ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur fast-charging yang sangat cepat. POCO F4 dibekali dengan fitur fast-charging 67W pada baterai 4,500mAh. Menggunakan teknologi Middle Middle Tab atau MMT, proses pengisian pada ponsel ini jadi bisa berjalan dengan cepat di angka 38 menit untuk bisa terisi penuh hingga 100%.

5. Kamera stabil dan dukung perekaman beresolusi tinggi

Tak mau kalah dari bagian yang lainnya, kamera juga dibuat seistimewa mungkin terutama untuk kamera utama. Kamera utama POCO F4 beresolusi 64MP dan telah didukung oleh OIS atau Optical Image Stabilization untuk kualitas gambar yang lebih baik. Tidak hanya itu, kamera utama POCO F4 dirancang untuk bisa menghasilkan foto yang jernih dalam kondisi minim cahaya dan telah mendukung perekaman video hingga 4K 60fps.

3 Kekurangan POCO F4

1. Menghilangkan headphone jack

Tidak adanya headphone jack di ponsel kelas atas seperti POCO F4, sejatinya bukan sesuatu yang mengejutkan. Kendati demikian, cukup disayangkan karena absennya headphone jack membuat pengguna jadi harus beralih ke headphone wireless yang umumnya punya banderol harga lebih tinggi dibanding headphone kabel. Memang ada opsi menggunakan konverter, namun itu bukan opsi yang efisien.

2. Belum menggunakan sensor fingerprint dalam layar

Meski layarnya telah menggunakan panel AMOLED, tidak diketahui alasan mengapa POCO F4 belum menggunakan sensor fingerprint dalam layar. Alih-alih menggunakan jenis sensor yang lebih canggih itu, POCO F4 juga masih mengadopsi sensor fingerprint samping yang menyatu dengan tombol power. Padahal, sebagian besar ponsel dengan layar AMOLED saat ini sudah mengusung sensor fingerprint dalam layar.

3. Tidak ada slot kartu microSD

Selain headphone jack, salah satu ciri-ciri ponsel kelas atas adalah tidak memiliki slot kartu microSD. POCO F4 termasuk kedalam ponsel semacam itu di mana ponsel ini tidak memungkinkan pengguna untuk mengekspansi penyimpanan mereka. Alhasil, pengguna hanya bisa bergantung pada penyimpanan internal berkapasitas 128GB dan 256GB untuk menyimpan file atau aplikasi mereka.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika POCO F4 merupakan salah satu ponsel terbaik untuk dibeli saat ini. Ponsel ini sempurna di setiap sisi mulai dari chipset, layar, baterai dan juga kamera. Desainnya sederhana namun tetap bisa menarik lewat caranya sendiri. Kekurangan yang dimilikinya pun tergolong minor dan bisa dimengerti mengingat harganya yang sangat terjangkau.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar