Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y, Ponsel AI Triple Camera dengan Super Nightscape

Berita7 — Ketika akan membeli smartphone, tentu yang diharapkan adalah mendapatkan ponsel yang tepat. Seperti halnya pengguna yang saat ini sedang mengincar realme C21Y. Pengguna tentu akan mencari spesifikasi beserta fitur-fitur unggulannya.

Namun, terkadang ketika sedang mencari produk smartphone, calon pembeli hanya terpaku pada kelebihannya saja. Kenyataannya, setiap smartphone tentu memiliki aspek yang juga menjadi kekurangannya. Untuk itu, simak kelebihan dan kekurangan realme C21Y berikut ini.

Spesifikasi realme C21Y

Rilis21 Juli 2021
Brandrealme
LayarIPS LCD, 400 nits (typ). 6.5”, 102.0 cm2 (~81.6% rasio bodi-ke-layar). 720 x 1600 piksel, 20:9 rasio (~270 ppi density)
Bodi164.5 x 76 x 9.1 mm. 200 g. Glass front, plastic back, plastic frame
OSAndroid 10/ Android 11
JaringanGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
MemorimicroSDXC (dedicated slot). Internal 32GB + 3GB RAM, internal 64GB + 4GB RAM
FiturSensor sidik jari (di bagian belakang), accelerometer, proximity, kompas
ChipsetUnisoc T610 (12 nm).
CPU: Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55).
GPU: Mali-G52 MP2
KameraKamera belakang:
13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.06″, 1.12µm, PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth).
Kamera depan:
5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable

Ponsel realme C21Y dibekali dengan fitur dan spesifikasi yang nyaman untuk pengguna. Smartphone ini ideal untuk penggunaan sehari-hari, khususnya untuk aktivitas ringan. Harganya pun terjangkau dengan kisaran Rp1,3 jutaan – Rp1,4 jutaan. Baca terus untuk mengenal kelebihan dan kekurangan realme C21Y di bawah ini.

5 Kelebihan realme C21Y

realme C21Y memiliki kelebihan yang mendukung aktivitas sehari-hari, seperti berikut:

1. Memiliki Baterai Berkapasitas Besar

Massive battery 5000mAh menjadikan baterai lebih awet dan tahan lama. Baterai yang sangat awet ini membantu pengguna dalam berbagai aktivitas setiap hari. Smartphone realme C21Y dapat digunakan lebih lama dengan baterai yang memiliki kapasitas 5000mAh ini. Pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai saat sedang menggunakan ponsel.

2. Dilengkapi Tiga Kamera Utama

Terdapat AI Triple Camera 13 MP, terdiri dari kamera utama 13MP, lensa B&W 2MP, dan lensa makro 2MP. 13MP AI Triple Camera dapat menangkap detail pemandangan dengan jelas. Dengan kamera utama 13MP, foto terlihat lebih tajam dan cerah. Sementara, lensa makro 2MP ideal untuk membidik foto close-up, mode lanskap, serta mode portrait.

Belum lagi ada fitur Super Nightscape yang mumpuni. Pengguna dapat memotret bintang dan lampu kota yang cantik dengan satu sentuhan. Pengguna dapat mengabadikan keindahan malam dengan sempurna biarpun minim cahaya.

3. Layar Besar Mini-drop Fullscreen

Layar realme C21Y memiliki desain Mini-drop Fullscreen dengan bidang pandang yang lebih luas. Layar seluar 6,5 inci ini setara dengan 16,5 cm, dengan perbandingan layar 20:9. Layar besar tersebut menjadi salah satu kelebihan utama ponsel ini. Ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, realme C21Y memberikan pengalaman yang imersif.

4. Akses Cepat Sensor Sidik Jari

Ada fitur Instant Fingerprint Unlock, Convenient and Safe. Fitur ini merupakan sidik jari sensor sidik jari yang cepat untuk membuka kunci smartphone pengguna. Akses ke ponsel menjadi cepat dan aman, begitu mudah kapan pun pengguna membutuhkannya. Sensor sidik jari berada di belakang sehingga mudah mengaksesnya.

5. Memiliki Desain Unik Geometric Art 

Terlihat keunikan desain Geometric Art pada realme C21Y. Bagian belakang ponsel ini memiliki tekstur dengan pola unik yang berbentuk seperti pita melintang. Desain tersebut terlihat menarik sekaligus membuat ponsel tidak mudah kotor, dan tidak licin ketika digenggam. Sementara, tiga kamera utama juga berada di belakang, dekat dengan sensor sidik jari. 

5 Kekurangan realme C21Y

Kekurangan realme C21Y yang dapat mengurangi kenyamanan, di antaranya:

1. Grafis Game Berkualitas Rendah

Ponsel ini sudah mumpuni untuk gaming, tapi hanya memberikan performa yang bagus dengan grafis terendah (lowest graphics). Jika menggunakan grafis high quality maka game masih berjalan dengan smooth. Namun, tidak dengan ultra quality karena pada mode tersebut, ada frames yang menurun kualitasnya.

2. Kamera Utama Loading Agak Lama

Kamera utama mungkin sedikit nge-bug saat dibuka aplikasinya. Jadi, saat pengguna membuka aplikasi kamera, diperlukan waktu yang sedikit lama untuk loading sampai kameranya aktif dan menyala. Bisa jadi sedikit tidak nyaman jika pengguna sedang buru-buru mengejar momen untuk berfoto atau merekam video.

3. Waktu Charging Cukup Lama

Tenaga dari baterai realme C21Y terbilang besar karena berasal dari daya 5000mAh. Daya baterai jumbo tersebut juga bertahan lama dan tidak cepat habis. Akan tetapi, pengisian daya baterainya juga memerlukan waktu yang cukup lama. Mungkin menjadi kendala saat pengguna harus mengisi daya baterai sampai penuh.

4. Menu Pengaturan Mungkin Kurang Rapi

Pengaturan (setting) menjadi salah satu aspek terpenting dalam penggunaan smartphone. Sementara, di ponsel realme C21Y, pengaturannya mungkin sedikit kurang rapi, sehingga menjadi ribet untuk setting-nya. Namun, nyaman tidaknya menu pengaturan tersebut tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna.

5. Tidak Ada Menu Aplikasi Galeri Bawaan

Ponsel realme C21Y tidak dibekali dengan menu aplikasi galeri bawaan. Sementara, untuk aplikasi galeri tersedia di PlayStore. Sedangkan, semua foto dan gambar dipisahkan menurut tanggal urutan pengambilan image tersebut. Foto-foto dan gambar tidak berada di satu tempat yang sama.

Siapa yang Cocok Menggunakan realme C21Y

Semua kalangan cocok menggunakan realme C21Y, mulai dari anak muda hingga orang tua. Ponsel ini juga cocok untuk anak sekolah maupun kuliah. Terutama, karena adanya baterai besar 5000mAh yang membuatnya tahan lama saat digunakan berjam-jam sekalipun. Jadi, aktivitas kelas online, menonton video, bermain game akan terasa nyaman.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar