Donald Pandiangan, Pemanah Indonesia yang Punya Rekor 20 Medali Emas SEA Games

Berita7 — Google Indonesia meluncurkan ikon bertajuk Donald Pandiangan di fitur Google Doodle pada Senin (12/12). Peluncuran ikon dengan foto Donald Pandiangan ini bertujuan untuk mengenang sosok Robin Hood Indonesia yang pernah meraih medali emas sebanyak 20 buah selama karir atlitnya di kejuaraan SEA GAMES.

Donald Pandiangan merupakan seorang atlit panahan Indonesia yang lahir pada 12 Desember 1945 di Sidikalang, Dairi, Tapanuli. Donald Pandiangan memulai debut atlit saat berusia 25 tahun. Donald berlatih tanpa lelah untuk mengasah bakatnya di bidang panahan.

Sampai pada tahun 1973, Donald Pandiangan berhasil menyabet medali emas pertamanya pada kejuaraan Pekan Olahraga Nasional VII (PON). Selang empat tahun, dia memecahkan rekor dunia pada Recurve 70m di PON IX 1977 yang kala itu diselenggarakan di Jakarta.

Melansir dari CNNIndonesia, Donald Pandiangan mencatatkan rekor sebagai pemanah Indonesia yang sukses membawa 20 medali di ajang SEA GAMES. Bahkan dia hampir menjadi atlit panahan Indonesia pertama yang masuk ke kejuaraan Olimpade di Moskow, Rusia. Tapi, karena saat itu Indonesia memiliki konflik politik dan memboikot gelaran olympiade Moskow, maka Donald tidak jadi mengikuti kejuaraan olimpiade tersebut. Beberapa tahun setelah masa keemasannya, Donald Pandiangan mengabdikan dirinya untuk menjadi pelatih tim panahan.

Tim panahan yang dimentori Donald Pandiangan terdiri dari Lilies Handayani, Nurfitnyana Saiman, dan Kusuma Wardhani. Tim panahan wanita ini berhasil menorehkan prestasi gemilang dan tampil di olimpiade musim panas 1988 di Seoul, Korea Selatan. Berkat kerja keras seluruh tim, tim panahan Indonesia yang mengikuti olimpiade di Seoul, Korea Selatan berhasil mendapatkan medali perak.

Kini, tepat 22 tahun sejak kelahirannya di bumi pertiwi, Donald tetap terkenang sebagai pahlawan panahan Indonesia. Biarpun Donald Pandingan sudah meninggal sejak 20 Agustus 2008, namun namanya tetap harum sampai sekarang. Dan tim Google Indonesia, merayakan ulang tahun ke-77 mendiang Donald Pandiangan melalui Google Doodle hari ini (12/12).

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar