4 Kelebihan dari Cloud Server

Berita7 — Semakin berkembangnya dunia digital dan komputasi, saat ini cloud server sudah semakin marak digunakan berbagai kalangan. Terlebih oleh para pelaku bisnis yang memiliki penilaian bahwa cloud VPS server lebih efisien dibandingkan VPS. Hal ini berkat 4 kelebihan dari cloud server yang mungkin kamu rasakan.

Seperti yang diketahui, cloud hosting sangat berkaitan erat dengan istilah cloud server. Yang mana, cloud server itu sendiri juga dikenal dengan sebutan server awan atau server virtual.

Fungsi utama dari cloud server yakni menyimpan data atau file di internet supaya data-data penting tetap aman dan tidak dicuri. Nah, sebelum menggunakan cloud server,  kenali dulu yuk 4 kelebihan dari cloud server dan apa saja kekurangannya.

Apa Itu Cloud Server?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa cloud server merupakan sebuah server virtual atau soft server yang berjalan pada platform computer awan. Platform tersebut dirancang, dihosting dan juga dikirimkan menggunakan jaringan komputasi cloud via internet sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Di samping itu, cloud server juga memiliki keistimewaan lain yakni bisa menghubungkan perangkat komputer dan jaringan internet. Saat kamu membutuhkan penyimpanan data, maka tidak perlu lagi menggunakan perangkat penyimpanan seperti flashdisk maupun hardisk.

Pasalnya, kamu dapat menggunakan maupun mengolah data yang telah tersimpan dalam cloud server. Tidak hanya praktis saja, penyimpanan virtual ini juga lebih aman karena semua data sudah tersimpan di server pusat.

4 Kelebihan dari Cloud Server

 Mengingat peminat cloud server yang terus meningkat, tentu saja hal tersebut sejalan dengan beberapa kelebihan yang ditawarkannya. Penasaran ingin tahu apa saja keistimewaannya?

1. Biaya Lebih Affordable

Biaya menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbang ketika membeli atau menyewa sesuatu. Cloud server memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan perangkat penyimpanan seperti flashdisk maupun hardisk.

Terlebih, harga yang ditawarkan juga sangat worth it dengan kapasitas yang akan diperoleh, yakni unlimited. Coba bayangkan saja berapa harga hardisk dengan kapasitas sebesar itu?

Belum lagi hardisk bisa saja hilang atau rusak sewaktu-waktu jika tidak dirawat dan disimpan dengan benar. Tentu saja kamu akan membutuhkan lebih banyak lagi biaya maintenance.

2. Kemudahan Akses

Seringkali membutuhkan data penting secara mendadak? Hal itu mungkin tidak menjadi masalah jika masih berada di jam kantor, namun bagaimana jika sebaliknya?

Hal semacam itu tidak perlu kamu khawatirkan lagi jika menggunakan cloud server. Pasalnya, kamu bisa mengakses data dari mana saja dan juga kapan saja saat dibutuhkan. Kamu hanya perlu menghubungkan perangkat dengan jaringan internet dan semua data yang dibutuhkan bisa akses dengan mudah.

3. Penyimpanan Unlimited

Pada perangkat keras penyimpanan seperti MMC, Hardisk dan juga flashdisk tentu saja memiliki batas storage bukan? Misalnya saja hardisk, saat ini diketahui daya penyimpanan hardisk hanya mencapai 2 TB.

Angka tersebut cukup kecil jika pekerjaan Anda berkaitan dengan data atau file berukuran besar. Sementara itu akan sangat merepotkan jika harus menggunakan beberapa hardisk.

Lain ceritanya dengan cloud server yang memiliki daya tampung unlimited alias tidak terbatas. Kamu bisa dengan mudah dan bebas menyimpan semua data dan file yang diinginkan. Kamu juga tidak perlu lagi membeli perangkat keras penyimpanan, cukup mengandalkan cloud server saja.

4. Keamanan Data Lebih Terjamin

Ketika menyimpan data, keamanan menjadi hal terpenting yang harus dipastikan. Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak sekali macam kejahatan cyber yang mungkin terjadi, antara lain penyalahgunaan data dan pencurian data-data penting.

Oleh karena itu, cloud server bisa menjadi solusi penyimpanan paling tepat supaya terhindar dari kehilangan data. Semua data yang telah termuat akan disimpan dengan aman tanpa harus khawatir data hilang atau dicuri pihak tidak bertanggung jawab.

Bahkan ketika server mengalami kendala atau error, semua data akan tetap berada di tempatnya dengan aman dan hanya ada kemungkinan kecil saja data hilang.

4 kelebihan dari cloud server di atas sudah cukup menjadi alasan mengapa server awan begitu diminati. Tugas kamu hanya memastikan bahwa tempat membeli cloud server adalah penyedia layanan yang aman dan terpercaya, seperti Domanesia.

Pasalnya, Domainesia menawarkan berbagai layanan yang website kamu butuhkan, salah satunya adalah Cloud storage lengkap dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Kamu akan memperoleh teknologi cloud storage berbasis NVMe SSD 3x replikasi data. Selain itu, dipastikan pula bahwa data yang diberikan 100% uptime.

Untuk performanya juga tidak perlu diragukan lagi, sudah jelas berperforma tinggi, anti korupsi data dan juga memiliki stabilitas maksimal.

Jadi bagaimana, sudah semakin tertarik dengan cloud server setelah mengetahui 4 kelebihan cloud server di atas? Jangan lupa pesannya di Domainesia ya!

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar