Tak Ingin Ketinggalan, Anak-Anak di Perum Griya Panorama Menyaksikan Gerhana Matahari Melalui Ember Berisi Air

by -
Tak Ingin Ketinggalan, Anak-Anak di Perum Griya Panorama Menyaksikan Gerhana Matahari Melalui Ember Berisi Air
Anak-anak Perumahan Griya Panorama Permai Batam Centre, Melihat Gerhana Matahari Melalui Ember Berisi Air. (Agung Dedi Lazuardi)

berita7.co.id BATAM – Fenonema gerhana matahari cincin merupakan momen langka bagi masyarakat Indonesia, melalui berbagai sumber fenomena gerhana matahari cincin diprediksi akan kembali lagi terjadi pada Juni 2020 mendatang, namun gerhana matahari penuh hanya pada 26 Desember tahun ini bisa dilihat di Indonesia.

Tentunya momen tersebut tak disia-siakan masyarakat Indonesia, bahkan sebagian wilayah di Batam menggelar nonton bareng gerhana matahari di Masjid Agung Batam Centre, tentunya dengan perlekangkapan kacamata dan kamera profesional.

Namun, berbeda dengan yang dilakukan 3 anak Queenza, Cintya dan Aqila warga perumahan Griya Panorama Permai Batam Center, untuk melihat gerhana matahari Queenza dan teman-temannya memanfaatkan ember berisi air yang diletakan dihalaman rumah untuk melihat proses gerhana matahari.

“Mataharinya ada hitamnya dipinggir, tapi sedikit, liatnya cuma sebentar soalnya pedih mata, ” Ujar bocah kelas 3 SD, Kamis (26/12/2019).

Queenza mengaku, dirinya mendapatkan informasi dari orang tuanya untuk melihat gerhana matahari dari ember berisi air, namun karena proses gerhana matahari memasuki fase awal, ketiga bocah tersebut menunggu hingga gerhana matahari penuh.

“Kata bunda, nanti kalau udah penuh aja lihatnya, kalau sekarang pedih matanya, ” Ucapnya.

Sekedar informasi, bagi masyarat yang ingin melihat proses gerhana matahari, bisa melalui live streaming yang ditayangkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kepri yang dapat diakses melalui www.bmkg.go.id . (Agung Dedi Lazuardi)