Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia

by -
Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia
Kartun animasi Doraemon (Foto : instagram/doraemon.ntv7)

Batam – berita7.co.id. Berita duka menyelimuti generasi 1990-an yang masa kecilnya akrab ditemani oleh serial kartun Doraemon, menyusul kabar meninggalnya Nurhasanah, pengisi suara si robot kucing biru itu untuk tayangan serial dalam bahasa Indonesia.

Melalui laman detik.com Kabar duka ini disampaikan melalui Bima Sakti yang merupakan mantan pengisi suara Suneo, Minggu (12/7/2020).

Nurhasanah adalah dubber kedua dari kartun anak-anak Doraemon ditahun 1990-an. Sang dubber meninggal lantaran sakit stroke yang diidapnya sejak Desember 2017. Selain itu, Bima menyebut adanya komplikasi jantung yang menyebabkan meninggalnya. “Iya sakit stroke semenjak Desember 2017, karena komplikasi jantung,” sahut Bima.

Kabar meninggalnya Nurhasanah juga disampaikan oleh sang anak melalui unggahan foto Instagram @nurhasanahdora.

Dalam keterangan tulisan tersebut, sang anak menyampaikan sang ibunda meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020) pada pukul 15.00 WIB.

“Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah ibunda kami ibu Nurhasanah hari ini pukul 15.00 WIB. Mohon dimaafkan atas kesalahan semasa hidup mama saya,” tulisnya seperti dikutip Kompas.com, Minggu.

Menelusuri jejak karir Sang dubber, Sebelumnya Nurhasanah bekerja di Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai bidang produksi sandiwara radio sejak tahun 1982. Tak hanya sebagai pengisis suara Doraemon, Nurhasanah juga diketahu mengisi suara untuk telenovela dan film india. Namanya mulai dikenal sejak ia mengisi suara karakter Doraemon pada tahun 1993.

Karena faktor kesehatan, mulai bulan Februari 2018, posisi Nurhasanah sebagai pengisi suara Doraemon digantikan oleh putranya, Dana Robbyansyah. (wan)