Konsulat Amerika Merasa Beruntung, Bisa Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Dari Batam

by -
Konsulat Amerika Merasa Beruntung, Bisa Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Dari Batam
Konsulat asal Amerika untuk Sumatera Guy Margalith bersama rekannya saat menyaksikan gerhana matahari di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (26/12/2019). (Foto: Agung Dedi Lazuardi/berita7)

berita7.co.id BATAM – Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) cukup menyita perhatian masyarakat Batam, terlebih turis dari mancanegara yang ikut menyaksikan langsung di Dataran Engku Putri, Kamis (26/12/2019).

Tak hanya itu, bahkan Konsulat Amerika untuk Sumatera Guy Margalith bersama rekannya, juga ikut menyaksikan langsung fenomena itu. Guy mengaku cukup senang bisa menikamati langsung fase GMC hingga sempurna membentuk lingkaran seperti cincin.

“Saya pikir tak semua orang bisa menikmati fenomenan ini, dan ini sebuah keburuntungan bagi saya karena bisa menyasikan langsung, ” Ucap Guy di Dataran Engku Putri.

Diwaktu yang berbeda Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad juga turut menyempatkan waktu, untuk memantau GMC dari beberapa teleskop yang sudah dipersiapkan. Amsakar berkata, dirinya merasa amat bersyukur karena Batam menjadi salah satu wilayah yang dilewati oleh fenomena langka ini.

“Berdasarkan referensi yang kami baca, fenomena ini bisa terjadi dalam waktu 18 tahun bahkan sampai 340 tahun sekali.Jadi tak berlebihan jika seluruh masyarakat dan turis menyaksikanya langsung didataran Engku Putri, ” Ucapnya.

Amsakar juga menghimbau masyarakat agar saat menyaksikan GMC untuk menggunakan alat pelindung mata, bisa berupa kacamata gelap dan lainnya.

“BMKG Juga menyiarkan livestreaming BMC dari BMKG pusat, jadi bisa juga disaksikan disana, ” Tutupnya. (Agung Dedi Lazuardi)