Kanwil DJP Kepri Sosialisasikan Pajak Ke Siswa SD Melalui Dongeng

by -
Kanwil DJP Kepri Sosialisasikan Pajak Ke Siswa SD Melalui Dongeng
Kepala Kanwil DJP Kepri, Selamet Susantyo. Memberikan penghargaan kepada mahasiswi yang merupakan relawan pajak di Radisson Hotel,Jumat (22/11/2019). (Foto: Agung Dedi Lazuardi/berita7)

berita7.co.id, BATAM – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak  (DJP) Kepulauan Riau menggelar sosialiasi pajak, yang mengundang peserta dari berbagai lembaga pendidikan dasar hingga perguruan tinggi se Kepri, adapun kegiatan tersebut digelar di Hotel Radisson Sukajadi, Jumat (22/11/2019). 

Dengan tema “Pajak Bertutur”, program tersebut dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. Kepala Kanwil DJP Kepri Slamet Susantyo mengatakan, program nasional tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan sadar pajak, yang mulai disosialisasikan sejak dini, mulai dari murid SD hingga tingkat perguruan tinggi. 

“Nah pengenalan pajak ini akan disampaikan kepada siswa SD SMP dan SMA, dan program inklusi pajak juga akan disampaikan kepada perguruan-perguruan tinggi sehingga pada saatnya nanti mereka mendapatkan penghasilan dan sudah mampu bekerja mereka sudah tidak lagi salah pemahaman mengenai pajak sehingga menghindari pajak,” Ujar Slamet kepada Wartawan. 

Kata Slamet lagi, program pajak bertutur yang disetiap jenjang sekolah sudah dilakukan sejak 2016 silam, meskipun begitu, sebelumnya dirjen pajak juga sudah melakukan sosialisasi kesetiap sekolah dengan metode bergbagai pendekatan, salah satunya dengan menerima kunjungan siswa SD yang melihat secara langsung pengurusan serta proses pendaftaran pajak di Kantor pajak. 

“Sebelum program Pajak Bertutur, Dirjen Pajak juga sudah melakukan sosialisai kepada anak sekolah dengan menerima kunjugan kekantor pajak, dan melihat langsung suasana dan proses yang berkaitan dengan kepengurusan pajak,dan yang terpenting kami ingin membangun kesadaran sejak dini untuk taat pajak, ” Tutupnya. 

Bagi siswa SD, metode sosialiasi pajak yang dilakukan Dirjen Pajak terbilang cukup unik, pemahaman tentang pajak dikemas melalui dongen dan berbagai simulasi, agar siswa SD lebih mudah memahami tentang pajak dengan sederhana. 

“Kami memberikan pemahaman bahwa pajak yang dipungut merupakan bagian kecil dari hasil pendapatan, dan pada intinya kami juga menyampaikan penggunaan paja itu seperti apa,” Tutupnya. 

Adapun peserta yang menghadiri kegiatan tersebut terdiri dari, LLDIKTI X, UIB, Unrika, Poltek Negeri Batam,Dinas Pendidkan Kepri, Dinas Pendidikan Batam, PGRI Batam, PGRI Kepri, Musyawarah Kerja Kepala SMP, Musyawarah Kerja Kepala SMA, Musyawarah Kerja Kepala SMK,dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD. (Agung Dedi Lazuardi)