Kampiun Piala Dunia Antarklub 2019, Liverpool Segel Trable Winner

by -
Kampiun Piala Dunia Antarklub 2019, Liverpool Segel Trable Winner
Liverpool rayakan kemenangan pada final piala dunia antarklub usai taklukan Flamengo 1-0 di Stadion Internasional Khalifa. (Foto: headtopic.com)

berita7.co.id, OLAHRAGA – Final Piala Dunia Antarklub 2019 menyediakan tantangan yang tak mudah bagi Liverpool. The Reds, berhasil menaklukkan Flamengo di Stadion Internasional Khalifa, Minggu (22/12/2019). Kemenangan 1-0 di partai puncak diraih Liverpool lewat gol Roberto Firmino di menit 99.

Setelah mendapatkan gelar juara, Liverpool berhak menyematkan emblem kampiun Piala Dunia Antarklub di jersey. Emblem itu bakal terus digunakan Liverpool di jersi mereka sampai turnamen edisi 2020.

Ini bukan pertama kalinya Liverpool ke partai puncak. Pada 2005, mereka berlaga di final melawan Sao Paolo. Liverpool gigit jari di sana. Sao Paolo menutup duel di Stadion Internasional Yokohama, Jepang, itu dengan kemenangan 1-0.

Selain itu, Saat kejuaran ini masih bernama Intercontinental Cup Liverpool sebenarnya pernah sampai ke laga pemungkas pada tahun 1981 dan 1984. Namun, mereka takluk 0-3 dari Flamengo pada 1981 dan kalah 0-1 dari wakil Argentina, Independiente, pada 1984.

Keberhasilan pasukan Juergen Klopp menjuarai Piala Dunia Antarklub 2019 juga melahirkan beberapa catatan.

Pertama adalah keberhasilan Liverpool menjadi tim asal Inggris pertama yang menyegel treble winner turnamen kontinental. Pada 2019, Liverpool menjuarai Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Dengan demikian, Liverpool menjadi tim kedua asal Inggris yang menjuarai Piala Dunia Antarklub. Sebelumnya hanya Manchester United yang mencicipi gelar juara ini. Setan Merah menjadi kampiun pada 2008 usai mengalahkan wakil Ekuador, LDU Quito.

Bahkan United merupakan satu-satunya tim Inggris yang menjuarai Intercontinental Cup. Torehan itu disegel pada 1998 lewat kemenangan 1-0 atas tim Brasil, Palmeiras.

Sumber: Kumparan.com
Editor: Nauffal