Data Penerima Bantuan Iuran BPJS Wajib Diverifikasi Ulang

by -
Data Penerima Bantuan Iuran BPJS Wajib Diverifikasi Ulang
(Foto: Ilustrasi)

berita7.co.id, BATAM – Data masyarakat penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah daerah di Batam sendiri mencapai 40 ribuan. Data penerima PBI BPJS Kesehatan tersebut seharusnya tiap tahunnya wajib diupgrade agar valid, penerima bantuan PBI tersebut memang benar-benar tepat sasaran. Namun kevalidan data tersebut dipertanyakan oleh anggota DPRD Batam dari Komisi IV, Aman.

Ia meragukan kevalidan data penerima PBI tersebut. Sampai saat ini data siapa saja penerima PBI tersebut diakuinya sulit didapatkan.

“Kalau dibilang data penerima PBI di Batam sudah valid dengan kondisi riil atau faktanya, saya bisa katakan data itu tidak valid. Kenapa? Karena masih banyak masyarakat kurang mampu di Batam, tak tercover sebagai masyarakat yang mendapatkan bantuan PBI BPJS Kesehatan dari Pemko Batam,” ujarnya.

Baca Juga : Premium Langka, Antrian SPBU di Kawasan Tembesi Mengular

Ia meminta pemerintah kota, dalam hal ini Dinkes Batam harus sesegera mungkin memvalidkan data penerima PBI BPJS Kesehatan, kalau bisa secara berkala. Hal tersebut dilakukan untuk menekan agar anggaran bantuan PBI tersebut tepat sasaran penerimanya.

Sementara Ombudsman Kepri, Lagat Siadari menegaskan, program pemberian PBI Kesehatan bagi puluhan ribu masyarakat di Batam merupakan kebijakan publik yang dilakukan Pemko Batam menggunakan APBD. Penyaluran bantuan tersebut wajib hukumnya untuk dilakukan upgrade minimal setiap tahunnya agar tepat sasaran.

“Mustahil kan kalau dalam setahunnya, data masyarakat penerima PBI BPJS Kesehatan tak akan berubah, tetap jumlahnya sesuai yang ditetapkan. Pasti ada penerima bantuan yang sudah pindah atau pulang kampung, ada yang meninggal dunia, ada juga yang perekonomiannya meningkat, sehingga tak lagi perlu diberikan bantuan itu dan bantuan bisa dialihkan lagi ke masyarakat lainnya yang membutuhkan,” ujarnya.