Vertical garden, Solusi Taman di Lahan Sempit

by -
Vertical garden, Solusi Taman di Lahan Sempit
Konsep Vertical Garden di Paris. (Foto: homelicouk)

berita7.co.id, LIFESTYLE – Sebuah hunian yang baik harus memiliki area hijau untuk membuatnya tampak lebih asri dan sehat. Akan tetapi, kondisi lahan tinggal yang makin sempit membuat kehadiran area hijau ini mulai tersingkirkan bahkan dilupakan. Digantikan dengan area yang lebih fungsional seperti garasi atau kamar anak dan lainnya.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan membuat vertical garden. Kali ini berita7.coid mencoba membahas menganai vertical garden, bagi Anda yang tertarik dan mendambakan hadirnya area hijau kembali hadir dalam hunian Anda, simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu vertical garden?
Seperti namanya, vertical garden adalah taman yang disusun atau dibangun pada bidang yang posisinya tegak lurus dengan tanah. Secara umum, teknik penanaman vertical garden sangat mirip dengan tanaman hidroponik, yaitu tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya.

Karena dibangun secara vertical, jenis taman ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah keterbatasan lahan dalam hunian. Kehadiran vertical garden mampu meningkatkan jumlah oksigen yang lebih banyak sehingga suasana di hunian lebih sejuk. Ketinggian vertical garden pun bisa menghalau sinar matahari yang terlalu terik. Ditambah, polusi udara bisa berkurang dan memperindah hunian Anda.

Di area yang sempit, tanaman bisa bertumbuh dengan sempurna dan sehat, tentunya dibarengi dengan perawatan yang teratur. Jika hal ini dilakukan oleh semua orang, kondisi bumi yang mulai menurun bisa kembali seimbang karena kehadiran area hijau yang semakin banyak. Area yang terbatas pun bukan jadi halangan lagi.

Dalam pengaplikasiannya, terdapat dua sistem vertical garden yang sering ditemui saat ini. Yang pertama adalah, Green facade merupakan dinding yang dihiasi tanaman merambat. Sistem yang satu ini terlihat lebih mudah pengaplikasiannya karena, Anda cukup memilih area dinding yang sekiranya akan digunakan, lalu hadirkan tanaman rambat di sana. Jika arah rambatan sudah mulai tidak beraturan, Anda bisa memangkasnya sesuai selera Anda.

Lalu yang kedua adalah living wall. Berbeda dengan green facade, living wall berbentuk dinding yang diberi panel tambahan yang dilengkapi dengan media tanam, tanaman, serta sistem irigasi yang baik. Tanamannya pun tidak terbatas pada tanaman rambat saja. Anda bisa menggunakan aneka jenis tanaman dengan diwadahi pot.

Vertical garden, Solusi Taman di Lahan Sempit
Konsep Vertical Garden Wall. (Foto: Ist/berita7)

Cara menghadirkan vertical garden.
Jika Anda tertarik untuk menghadirkan vertical garden ini ditengah-tengah hunian Anda, beberapa langkah harus Anda lakukan. Pertama, tentukan terlebih dulu area dinding yang akan digunakan. Ukur tinggi dan lebarnya.

Selanjutnya, tentukan sistem pengaplikasian yang Anda inginkan. Bila Anda ingin menggunakan sistem green facade, Anda hanya perlu memilih tanaman rambat seperti sirih gading, mandevilla, bugenvil, dan philondendron. Sesuaikan jenis tanaman ang Anda pilih dengan lokasi dinding pilihan Anda. apakah cukup mendapatkan sinar matahari atau tidak.

Jika Anda memilih untuk menggunakan sistem living wall, sediakan panel yang terbuat dari pipa PVC, kawat, atau rak vertikal. Kemudian, letakkan pot yang sudah berisi media tanam dan tanaman pilihan Anda. untuk pilihan tanamannya bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari beragam tanaman hias hingga tanaman herba yang sekaligus dapat dijadikan bumbu masakan Anda.

Baik sistem green facade maupun living wall harus dirawat dengan baik. Lakukan penyiraman rutin. Pada living wall, seringlah memberi pupuk pada tanaman untuk mendukung pertumbuhannya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan vertical garden di hunian Anda? Perawatannya yang mudah sangat cocok apabila Anda merupakan pekerja yang jarang menghabiskan waktu di tempat tinggal Anda. Cukup memberinya air di pagi dan sore hari serta dipupuk secara berkala.

Pembuatan vertical garden pun bisa Anda lakukan bersama keluarga di akhir pekan. Anda dan pasangan bertugas untuk menentukan area dinding serta sistem vertical garden, anak-anak bertugas untuk memilih tanaman-tanaman serta menatanya. Selamat mencoba! (Dwita)