Tingkatkan Kualitas Wasit, PBSI Kepri Gelar Pelatihan Wasit

by -
Tingkatkan Kualitas Wasit, PBSI Kepri Gelar Pelatihan Wasit
Instruktur PP PBSI, Tata Mulyana memberikan materi wasit saat menggelar pelatihan wasit di Kantor Sekretariat PBSI Kepri. (Foto: Omi/berita7)

berita7.co.id, BATAM – Dalam rangka menambah jumlah wasit yang handal dan berkualitas, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kepri menggelar Pelatihan Wasit 2019, di Kantor Sekretariat PBSI Kepri, Batam, Rabu (23/10/2019).

Pelatihan wasit ini diikuti oleh 15 orang dari 5 kabupaten/kota se-Kepri. “Penataran wasit dilaksanakan selama tiga hari, yakni dimulai pada 23 Oktober sampai 27 Oktober mendatang,” kata Sukriadi, Ketua PBSI Kepri, Rabu (23/10/2019).

Sukriadi mengatakan, kendala cabang olahraga bulutangkis selama ini mencari wasit yang mempuni, muda, dan punya potensi.

Baca juga : Noka Romano Juarai Tiga Kelas di Kejurnas Drag Bike Region I Sumatera 2019

“Calon wasit kita juga terkendala dalam bahasa inggris, karena mendengar bahasa inggris sudah takut duluan,” ujarnya.

Lanjut Sukriadi, ia akan terus memantau perkembangan wasit di Kepri, dan wasit yang memiliki potensi nantinya akan diikutikan dalam waait nasional.

“Kepri hanya memiliki tiga wasit nasional, dan itu masih jauh dari kata cukup,” ungkap Sukriadi.

Sukriadi menjelaskan, pada Desember mendatang, PBSI Kepri akan merekomendasikan wasit Kepri ketingkat nasional, agar regenerasi wasit.

“Regenerasi itu perlu, agar sistem berjalan terus,” katanya.

Sementara itu, Instruktur PP PBSI Tata Mulyana menjelaskan, calon wasit yang mengikuti pelatihan ini akan diajari tentang peraturan, kode etik, serta praktek langsung saat pertandingan.

“Setelah ujian teori, calon wasit akan langsung turun ujian prakter dengan memimpin pertandingan pada Kejuaraan Bulutangkis antar Pelajar se-Kepri 2019, yang akan digelar pada 24-27 Oktober mendatang di GOR Banda Baru,” kata Tata.

Tata berharap, Kepri dapat melahirkan wasit untuk tingkat nasional maupun internaaional, agar perkembangan cabor bulutangkis di Kepri semakin baik.

“Peran penting suatu cabang olahraga adalah wasit, karena mereka yang memimpin suatu pertandingan,” ujarnya. (Omi)

No More Posts Available.

No more pages to load.